vitamin untuk daya tahan tubuh yang bagus

ZEDDO.ID – Di masa pandemi seperti saat ini, menjaga sistem daya tahan tubuh itu penting agar menurunkan risiko terserang virus Covid-19. Jadi penting untuk kita semua mengetahui vitamin untuk daya tahan tubuh yang bagus, sehingga imun tubuh jadi meningkat dan terhindar dari ancaman infeksi virus ataupun bakteri di sekitar kita.

Sistem daya tahan tubuh manusia

Sistem daya tahan tubuh atau imunitas tubuh seseorang bisa turun jika tidak dijaga dengan baik, hal ini bisa dikarenakan pola hidup yang tidak sehat, seperti aktivitas sehari-hari dan pola makannya. Dan untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh, kita perlu memahami asupan vitamin untuk daya tahan tubuh yang bagus nih. Dengan begitu ancaman virus dan bakteri akan bisa ditangkal dengan baik.

Vitamin untuk daya tahan tubuh yang bagus

Jadi pastikan untuk mulai sadar diri dan menghindari aktivitas yang tidak sehat, dan mulai menerapkan pola hidup sehat yang sesungguhnya. Terutama soal makanan, hindari makanan yang tidak sehat, dan sebaliknya konsumsi makanan sehat yang memiliki kandungan vitamin untuk daya tahan tubuh yang bagus. Berikut ini beberapa diantaranya vitamin untuk daya tahan tubuh yang bagus agar tubuh tidak mudah jatuh sakit.

Vitamin C
Vitamin untuk daya tahan tubuh yang bagus dan sudah umum kita kenal, yaitu vitamin C. Vitamin yang satu ini memang terkenal sebagai vitamin untuk daya tahan tubuh, vitamin C diketahui mampu meningkatkan produktivitas sel imun tubuh, dan produksi sel darah putih untuk membasmi virus dan infeksi yang masuk ke tubuh.

Bahkan dilansir dari Clevelandhealth, orang yang kekurangan asupan vitamin C juga lebih mudah jatuh sakit. Hal ini dikarenakan memang vitamin C terkenal sebagai pendorong imunitas tubuh dibandingkan vitamin lainnya.

Vitamin C juga bisa membantu tubuh dalam mengeliminasikan mikroba yang berbahaya bagi tubuh, seperti flu serta pneumonia. Vitamin C bisa didapatkan pada buah jeruk, strawberry, dan sayuran seperti brokoli, daun bayam dan kangkung.

Vitamin B6
Vitamin B6 ini merupakan salah satu vitamin untuk daya tahan tubuh yang bagus dan diperlukan oleh tubuh guna memproduksi sel imunitas tubuh. Adanya vitamin B6 membuat tubuh memproduksi sel imun tubuh guna melindungi tubuh dari ancaman virus dan bakteri.

Jadi dengan adanya vitamin B6 ini akan membantu tubuh memproduksi sel imun tubuh dengan memproduksi sel-T yang bertugas untuk membunuh sel yang telah terinfeksi pada tubuh manusia. Kita bisa mendapatkan vitamin untuk daya tahan tubuh yang bagus ini dengan konsumsi daging ayam, sayuran hijau, ikan tuna dan ikan salmon.

Vitamin D
Selain itu, vitamin untuk daya tahan tubuh yang bagus lainnya yang juga diperlukan ialah vitamin D ini. Berdasarkan pada riset yang dilakukan, diketahui seseorang yang kekurangan vitamin D ini akan lebih rentan untuk terserang infeksi pada saluran pernapasannya seperti gangguan pneumonia serta bronkhitis.

Hal ini dikarenakan vitamin D bermanfaat untuk meningkatkan kadar jumlah sel kekebalan tubuh seseorang yang bertugas untuk mengeliminasikan sel-sel penyakit yang masuk di tubuh. Vitamin D juga membantu tubuh untuk menjaga keseimbangan sistem imunitas tubuh, vitamin D bisa diperoleh dengan berjemur dibawah sinar matahari pagi.

Vitamin E
Yang terakhir yaitu vitamin E yang berguna untuk membantu melawan infeksi pada tubuh, termasuk jenis vitamin untuk daya tahan tubuh yang bagus karena bersifat antioksidan layaknya vitamin C. Dan vitamin E ini juga membantu melindungi tubuh dari radikal bebas yang ada disekitar tubuh.

Bahaya radikal bebas juga bisa membahayakan tubuh seseorang seperti risiko terserang kanker dan meningkatkan risiko penyakit jantung, serta penyakit yang lainnya. Untuk mendapatkan vitamin untuk daya tahan tubuh yang bagus ini, bisa didapat dengan konsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian, serta pada sayur daun bayam.

Nah itu dia beberapa jenis vitamin untuk daya tahan tubuh yang bagus untuk menunjang kesehatan daya tahan tubuh kita dan meminimalisir serangan virus dan bakteri di sekeliling tubuh.