Kriteria Penis Pria yang Sehat dan Juga Normal

ZEDDO.ID – Bagi seorang pria, alat vital pria (penis) merupakan salah satu bagian dari organ tubuh yang memerlukan kebutuhan khusus dalam merawatnya, karena hal ini berkaitan langsung dengan masalah seksual dan hasrat pria, selain itu alat vital pria ini juga merupakan alat untuk berkemih atau buang air kecil.

Sementara itu, tidak sedikit pula pria yang jarang memerhatikan kesehatan organ vital yang satu ini. Terlebih lagi, adapun pria yang bahkan tidak tahu bagaimanakah kriteria dari alat vital pria yang sehat itu seperti apa.

Kriteria Penis Pria yang Sehat dan Normal

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang alat vital pria yang dimiliki dalam kondisi sehat ataukah ada gangguan tertentu, maka perlu memerhatikan beberapa hal penting, dan jika memang ada maka diperlukan perawatan khusus dan sesegera mungkin agar tidak mengganggu fungsi seksualnya dan organ reproduksi lainnya di kemudian hari. Nah, berikut ini beberapa hal yang perlu diketahui dan diperhatikan.

Terjadi kemerahan dan iritasi pada penis
Kesehatan alat vital pria yang pertama bisa dilihat dari warnanya, umumnya warna akan mengikuti kulit yang ada di tubuh, atau bisa juga sedikit gelap. Namun jika bagian kulit pada penis memiliki warna yang kemerahan serta kusam, maka bisa saja terjadi masalah pada kulit seperti terjadinya eksim ataupun kotoran yang mengendap sehingga bisa menimbulkan rasa gatal dan kulit jadi kasar.

Untuk mengatasi hal tersebut, bisa dengan menggunakan krim pelembab agar tidak kering dan warnanya kembali normal. Sebab jika rasa gatal sudah muncul, secara otomatis tentu akan digaruk dan ini bisa menimbulkan luka. Jika luka sudah muncul, maka kemungkinan terjadinya iritasi tentu akan meningkat.

Mengalami rasa nyeri yang cukup sering
Kriteria kesehatan alat vital pria yang kedua ialah tidak adanya rasa sakit atau nyeri yang dirasakan pada alat vital. Namun ada juga suatu kondisi dimana terjadinya rasa nyeri pada bagian kepala yang disebabkan oleh beberapa hal, tapi yang paling sering ialah dikarenakan penyakit menular seksual atau infeksi pada luka.

Apabila tidak segera ditangani rasa nyeri akan semaki parah, untuk itu bersihkan penis dengan baik dan beri obat krim ataupun obat lainnya yang dianjurkan sesuai saran dokter.

Rasa nyeri pada bagian kepala lainnya juga bisa dikarenakan adanya kotoran yang menumpuk, hal ini banyak dialami pada pria yang tidak disunat. Karena bagian tersebut sulit untuk dibersihkan dan tinggi kemungkinan bahwa bakteri mudah tumbuh.

Tidak ada darah dalam cairan sperma maupun urine
Kesehatan alat vital pria lainnya ialah tidak adanya busa dan berwarna jernih saat berkemih, apabila berwarna agak kuning itu dikarenakan adanya kandungan urea. Tetapi jika berwarna kemerahan itu berarti ada masalah pada organ prostat maupun organ vital lain didalamnya.

Munculnya darah bisa dikarenakan adanya pembuluh darah yang pecah ataupun terjadinya iritasi didalam alat vital pria. Dikhawatirkan jika tidak segera diobati bisa memicu terjadinya kerusakan bahkan kanker pada prostat yang tidak jauh dari kandung kemih.

Tidak adanya bisul maupun kutil pada alat vital pria
Kesehatan alat vital pria juga ditandai dengan tidak adanya benjolan kecil baik itu bisul atau kutil. Jika memang ada kutil atau bisul pada alat vital pria maka ada beberapa kemungkinan yang terjadi, yaitu alat vital pria yang sedang kotor ataupun terjadinya penularan penyakit seksual, seperti penyakit menular seksual herpes genitalis serta kutil kelamin.

Segera periksakan jika memang terjadi agar bisa meminimalisir gangguan yang lebih besar lagi nantinya.