makanan pelancar peredaran darah

ZEDDO.ID – Peredaran darah yang lancar merupakan salah satu kunci dalam menjaga kesehatan tubuh. Ada banyak masalah yang bisa terjadi akibat sirkulasi darah yang tidak lancar di tubuh, contohnya ialah penyakit jantung dan penyakit stroke. Namun hal ini seringkali terabaikan begitu saja, dan ini mengkhawatirkan. Berikut ini makanan pelancar peredaran darah yang bisa anda konsumsi untuk menghindari hal ini.

Makanan Pelancar Peredaran Darah

Sirkulasi darah di tubuh menjadi tidak lancar akibat gaya hidup yang tidak sehat, contohnya seperti pada saat ini dimana banyak orang yang sering konsumsi makanan yang tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik yang menyebabkan berat badan tak terkontrol, serta tingginya konsumsi minuman beralkohol maupun merokok. Hal inilah yang seringkali ditemukan pada kebiasaan hidup masyarakat masa kini yang menyebabkan sirkulasi darah menjadi tidak lancar tetapi sering dilakukan.

Cobalah untuk mulai menyadari kesehatan tubuh anda dan menjaga sirkulasi darah dengan baik, dengan cara konsumsi makanan pelancar peredaran darah berikut ini :

Ikan Salmon
Ikan salmon termasuk salah satu makanan pelancar peredaran darah yang bisa anda konsumsi, ikan yang memiliki daging berwarna oranye dan kaya akan kandungan asam lemak omega 3 ini sangat baik untuk kesehatan sirkulasi darah. Dengan rutin mengkonsumsi ikan salmon ini dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan melindungi tubuh dari ancaman penyakit kardiovaskular yang berbahaya. Namun memang untuk harganya, ikan salmon ini tergolong cukup mahal untuk didapat.

Bawang Putih
Makanan pelancar peredaran darah yang satu ini memang tidak diragukan lagi, bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah yang tinggi. Bawang putih memiliki kandungan zat alami yang mampu menurunkan gumpalan darah di tubuh dan membantu organ jantung agar dapat memompa darah secara maksimal.

Buah Alpukat
Selain ikan salmon, anda bisa memilih konsumsi makanan pelancar peredaran darah yang satu ini sebagai gantinya. Buah alpukat memiliki kandungan asam lemak omega 3 seperti pada ikan salmon yang dapat melancarkan peredaran darah di tubuh anda. Untuk cara konsumsinya pun bebas, bisa konsumsi secara langsung maupun diolah terlebih dulu menjadi jus buah alpukat.

Buah Bit
Salah satu makanan pelancar peredaran darah yang bisa anda konsumsi ialah buah bit, buah bit merah ini baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu buah ini juga memiliki kandungan nitrat oksida yang membantu melancarkan peredaran darah, selain itu manfaat dari nitrat oksida (NO) ini berperan dalam melebarkan pembuluh darah di tubuh.

Teh Hijau
Teh hijau merupakan salah satu minuman yang umum dikonsumsi, namun tahu atau tidak bahwa minuman yang satu ini memiliki kandungan alami yang mampu membuat pembuluh darah menjadi rileks dan lebar sehingga aliran darah berjalan lancar. Antioksidan yang ada dalam teh hijau juga baik untuk menjaga kesehatan organ jantung. Untuk menjaga kesehatan anda, disarankan untuk konsumsi teh hijau ini setidaknya dua cangkir per harinya di pagi hari dan sore hari.