makanan untuk kesuburan pria

ZEDDO.ID – Selain bagi kaum wanita, para pria juga perlu memerhatikan kesuburannya lho, terutama jika sedang dalam program ingin memiliki momongan atau keturunan. Karena permasalahan kesuburan tidak hanya terletak pada pihak wanita saja, melainkan juga pihak pria. Nah, salah satu cara bagaimana meningkatkan kesuburan pria dewasa ialah dengan melakukan pola hidup sehat, salah satunya dengan mengonsumsi berbagai makanan untuk kesuburan pria yang menyehatkan.

Makanan untuk kesuburan pria

Melakukan pola hidup sehat itu penting, mulai dari pola makannya yang sehat, lalu olahraga atau beraktivitas fisik guna membakar lemak, meningkatkan sirkulasi darah, dan menyehatkan tubuh. Dan pada artikel ini kita akan membahas tentang apa saja makanan untuk kesuburan pria tersebut, perlu diingat bahwa tak ada cara yang instan untuk mengatasi masalah kesuburan, tetapi dengan pola hidup sehat inilah cara meningkatkan kesuburan tersebut. Silahkan disimak selengkapnya disini ragam jenis makanan untuk kesuburan pria.

Makanan dengan kandungan Asam folat
Perlu digarisbawahi bahwa asam folat ini merupakan salah satu kandungan dalam makanan untuk kesuburan pria dan juga wanita. Asam folat sendiri memiliki manfaat sehat bagi kaum wanita, yaitu meningkatkan kesuburan agar cepat hamil, menjaga kesehatan dirinya dengan bayinya selama masa kehamilan dan mencegah masalah hipertensi.

Sementara pada kaum pria, asam folat ini bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma. Kurangnya asam folat pada pria bisa memicu terjadinya jumlah dan kepadatan sperma yang rendah. Kandungan asam folat ini bisa anda temukan pada ragam jenis sayuran hijau serta biji-bijian.

Beberapa studi juga mengungkapkan bahwa kurang asam folat bisa mengganggu kualitas semen. Semen merupakan kumpulan sel sperma yang bergerak berwarna putih keruh dan memiliki banyak kandungan nutrisi yang juga disebut oleh masyarakat awam dengan sebutan air mani.

Beberapa contoh makanan mengandung asam folat tersebut yaitu :

  • Sayuran hijau : Sayur bayam, kubis, selada, dan asparagus.
  • Ragam buah : Buah jeruk, buah pepaya, buah pisang, buah alpukat, serta blewah.
  • Kacang-kacangan : Kacang hijau, kacang polong, kacang tanah, dan kacang kedelai.
  • Makanan : Ikan salmon, daging, hati ayam, dan telur.
  • Biji-bijian : Gandum serta legum.

Baca Juga : Senam Kegel Pria, Rahasia Pria Semakin Perkasa

Makanan dengan kandungan Asam lemak omega 3
Jenis makanan untuk kesuburan pria yang lainnya yang perlu dikonsumsi ialah makanan dengan kandungan asam lemak omega 3. Karena selain bermanfaat untuk kesehatan seperti mencegah peradangan, kanker, demensia, dan penyakit kardiovaskular, nyatanya asam lemak omega 3 juga bermanfaat bagi kesuburan pria. Asam lemak omega 3 ini dapat meningkatkan jumlah sperma, motilitas sperma, serta morfologi sperma pria. Morfologi sperma ini ialah ukuran dan bentuk sperma yang merupakan indikator kesehatan sperma seseorang. Makanan untuk kesuburan pria yang kaya omega 3 yaitu :

  • Makanan Laut : Ikan tuna, ikan salmon, ikan sarden, ikan makarel dan herring.
  • Kacang dan Biji-bijian : Walnut, kenari, dan flaxseed.
  • Minyak Nabati : Minyak flaxseed, kedelai, minyak kanola.
  • Susu : Susu dan olahan susu lainnya, contohnya yaitu keju dan juga yoghurt.

Perlu diingat juga bahwa konsumsi asam lemak omega 3 ini sesuai kebutuhan harian dan tidak berlebihan, sebab ada risiko efek samping jika dikonsumsi berlebihan, yaitu terjadinya toksisitas vitamin A dan D, dan yang lainnya.

Makanan dengan kandungan Zinc
Salah satu sumber nutrisi penting dalam meningkatkan jumlah dan kualitas sperma pria, yaitu zinc. Kekurangan asupan zinc ini bisa memengaruhi kesuburan seseorang. Riset menunjukkan bahwa terjadinya defisiensi zinc pada pria bisa memicu terjadinya penurunan pada kadar testosteron, kualitas sperma yang menurun, dan bisa meningkatkan risiko terjadinya infertilitas pada pria atau kemandulan. Maka untuk itulah penuhi kebutuhan zinc harian dengan makanan untuk kesuburan pria yang kaya akan zinc ini, diantaranya yaitu daging merah, kepiting, sereal, gandum, kacang-kacangan, lobster, dan kerang tiram.

Makanan dengan kandungan Vitamin B12
Makanan untuk kesuburan pria selanjutnya ialah yang kaya akan vitamin B12, sebab dalam beberapa riset ditemukan bahwa asupan vitamin B12 yang cukup bagi pria bisa membantu meningkatkan jumlah sperma pria, menurunkan risiko DNA sperma yang rusak, dan meningkatkan motilitas sperma pada pria. Yang dimaksud motilitas sperma ini merupakan kemampuan sperma dalam bergerak dan berenang menuju sel telur. Berikut ini ragam makanan untuk kesuburan pria yang mengandung vitamin B12 :

  • Makanan Laut: Ikan tuna, ikan salmon, ikan sarden, ikan forel, dan kerang, .
  • Daging: Daging sapi, hati sapi, hati ayam, serta hati domba.
  • Susu: Susu sapi serta produk olahan susu lainnya.
  • Sereal: Sereal yang berasal dari gandum utuh.

Makanan dengan kandungan Vitamin D
Nah makanan untuk kesuburan pria yang selanjutnya ialah yang kaya akan kandungan vitamin D. Diketahui bahwa vitamin D mampu meningkatkan kualitas hormon testosteron dan meningkatkan motilitas sperma yang dihasilkan. Makanan untuk kesuburan pria dengan vitamin D yaitu ikan tuna, ikan salmon, ikan makarel, susu, jamur, yoghurt, keju, serta bagian kuning telur.

Makanan dengan kandungan L-Arginine
Makanan untuk kesuburan pria yang juga perlu diketahui ialah yang memiliki kandungan L-Arginine. Kandungan ini didalam tubuh akan diubah menjadi oksida nitrat (NO) yang jadi perantara untuk meningkatkan fungsi sperma pada pria. Makanan yang mengandung L-Arginine ialah daging-dagingan seperti daging sapi, ayam, kalkun, unggas, maupun daging babi. Sementara itu bisa juga diperoleh dari susu dan produk olahan susu lainnya, kacang tanah, dan pada biji labu.

Itu dia beberapa jenis makanan untuk kesuburan pria yang penting untuk anda para pria ketahui, khususnya jika sedang program ingin memiliki keturunan.