manfaat bit merah

ZEDDO.ID – Bit merah ini merupakan salah satu obat alami yang masuk kedalam tanaman jenis umbi-umbian. Manfaat bit merah ini sangat baik bagi kesehatan tubuh sehingga dianggap sebagai obat alami yang efektif. Anda bisa mendapatkan atau merasakan manfaat bit merah dengan varian cara konsumsi, bisa dikukus, direbus, dipanggang, bahkan Anda juga bisa membuat jus buah bit merah ini.

Meskipun terkadang disebut buah bit, tetapi bit merah ini bukan termasuk buah-buahan ya sobat, melainkan umbi-umbian yang tumbuh didalam tanah. Manfaat bit merah yang Anda rasakan tersebut berasal dari kandungan nutrisi yang ada didalamnya, apa saja itu? Yaitu protein, serat, dan karbohidrat, juga ada zat besi, vitamin C, kalium, magnesium, sodium.

Dan yang menariknya lagi ialah bit merah ini rendah kalorinya, dan tidak mengandung lemak jenuh ataupun kolesterol. Bit merah ini juga memiliki kandungan antioksidan didalamnya yang dapat menurunkan masalah peradangan.

Manfaat Bit Merah Untuk Kesehatan

Ada banyak manfaat bit merah, si umbi-umbian yang kerap dikatakan buah ini. Berikut ini diantaranya manfaat buah bit bagi kesehatan tubuh Anda:

Menjaga kesehatan jantung
Manfaat bit merah yang pertama yaitu dapat memelihara kesehatan organ jantung Anda, buah bit merah ini mengandung antioksidan dan betasianin yang diduga mampu menurunkan peradangan yang berkaitan dengan penyakit jantung.

Mencegah kanker
Manfaat bit merah yang juga diyakini para peneliti ialah kemampuannya dalam melindungi tubuh dari tumbuhnya sel kanker. Berdasarkan riset di laboratorium, diketahui bahwa ekstrak buah bit merah ini dapat menekan pertumbuhan sel kanker tersebut. Kemungkinan manfaat bit merah ini dikarenakan kandungan antioksidan dan betasianin yang ada didalamnya.

Baik untuk yang mengalami diabetes
Tahukah Anda bahwa buah bit merah ini baik bagi para penderita diabetes lho, pasalnya manfaat bit merah ini dapat mencegah kerusakan pada sel dan membantu memperbaiki saraf yang rusak. Hal ini karena manfaat bit merah yang memiliki kandungan antioksidan asam alpha-lipoic.

Sebuah riset juga membuktikan bahwa manfaat bit merah dalam memperbaiki kadar gula darah seseorang secara signifikan pada mereka yang memiliki masalah dengan obesitas daripada mereka yang berat badannya cukup atau ideal.

Baik untuk ibu hamil Manfaat buah bit untuk ibu hamil juga ada lho, karena kaya kandungan folat yang penting untuk ibu hamil. Folat ini memiliki manfaat guna mencegah terjadinya cacat tabung saraf pada janinnya dan mencegah risiko bayi terlahir prematur. Tapi perlu diingat juga agar tidak berlebihan konsumsi buah bit merah ini.

Manfaat Buah Bit Untuk Kecantikan

Cegah penuaan dini
Manfaat buah bit untuk kecantikan bisa Anda rasakan, yaitu guna mencegah masalah penuaan dini. Karena buah bit merah itu mengandung antioksidan yang baik sebagai efek anti-aging atau anti penuaan. Antioksidan ini mampu mengatasi radikal bebas yang ada didalam tubuh. Sementara itu manfaat buah bit untuk kecantikan lainnya ialah mampu mengatasi noda hitam di wajah Anda.

Karena buah bit merah ini memiliki kandungan vitamin C, sehingga mampu secara efektif dalam menurunkan pigmentasi serta noda hitam yang ada di wajah, wajah pun jadi lebih cerah dan bersih.

Dapat melembabkan kulit kering
Selain untuk kesehatan, manfaat buah bit untuk kecantikan yang bisa didapat yaitu dapat mengatasi masalah kulit yang kering. Ini dikarenakan buah bit merah dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan membantu agar kulit tetap lembab dan halus.

Mencegah timbulnya jerawat
Manfaat buah bit untuk kecantikan lainnya ialah dapat mencegah datangnya jerawat yang merusak penampilan wajah Anda. Karena buah bit merah itu kaya akan zat besi, vitamin, serta mineral dan antioksidan membuat kulit wajah menjadi lebih minim berminyak dan kulit wajah pun ternutrisi dengan baik.

Jadi itulah seputar manfaat bit merah atau buah bit merah untuk kesehatan tubuh, mari konsumsi apapun bentuknya, termasuk meskipun dibuat jus buah bit!