bahaya rokok dan manfaat berhenti merokok

ZEDDO.ID – Kebiasaan merokok merupakan salah satu kebiasaan yang dilakukan pria yang dinilai tidak menyehatkan, pasalnya banyak dampak negatif dari kebiasaan merokok ini, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Merokok dapat menyebabkan dampak buruk pada tubuh dan organ dalam yang berbahaya, untuk itulah kebiasaan merokok bagi pria ini harus segera dihentikan.

Manfaat Berhenti Merokok

Berdasarkan data BMC Medicine, riset pada 200.000 orang yang dilakukan menunjukkan bahwa sekitar 67% perokok meninggal dunia karena masalah penyakit yang berhubungan erat dengan rokok. Tingkat persentase ini jauh lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya.

Maka dari itulah untuk menghindari bahaya rokok tersebut, disarankan untuk mulai berhenti merokok secepat mungkin. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa dirasakan dari berhenti merokok untuk kesehatan tubuh :

Memperlancar sistem pernapasan tubuh
Tahukah anda bahwa kebiasaan merokok selama kurang lebih 9 bulan bisa memicu aktivitas paru-paru meningkat sebanyak 10 % lebih banyak dari kondisi normalnya. Dan pada saat seseorang berhenti merokok, maka sistem pernapasan tubuh akan jadi lebih lancar dan lebih jarang batuk dibandingkan dengan perokok.

Pada usia 20 tahun hingga 30 tahunan, efek samping rokok bisa saja belum terasa. Namun coba saja untuk berolahraga atau berlari keliling satu putaran dan rasakan bagaimana nafas yang dirasakan. Jika nafas sudah merasa terengah maka sebaiknya hindari aktivitas merokok.

Meningkatkan energi
Selain masalah pernapasan, manfaat dari berhenti merokok ialah lebih banyak energi. Selama kurang lebih 2 hingga 12 minggu usai berhenti merokok, sirkulasi darah jadi kian lancar dan oksigen tubuh jadi meningkat, tubuh pun tak cepat lelah dalam aktivitas sehari-hari dan saat berolahraga.

Kehidupan seks pria yang jadi lebih prima
Selain manfaat kesehatan tubuh, berhenti merokok memiliki manfaat tersendiri pada pria, yakni bagi kehidupan seksualnya. Riset menunjukkan bahwa pria yang tidak merokok akan memiliki ereksi yang jauh lebih baik daripada pria yang merokok.

Riset lainnya menunjukkan bahwa pria yang tidak merokok memiliki kharisma yang lebih baik daripada yang merokok, terutama juga karena pria dengan bau asap rokok itu amat membuat wanita tidak nyaman.

Meningkatkan kesuburan pria (fertilitas)
Rokok memiliki kandungan yang dapat merusak kesehatan seksual pria, termasuk kesehatan sperma dan menurunkan kadar hormon testosteron sehingga menurunkan fertilitas pria. Sementara bagi wanita, berhenti merokok dapat memperkuat lapisan rahim dan mengurangi risiko keguguran.