bintik putih pada alat vital pria dewasa

ZEDDO.ID – Timbulnya bintik-bintik putih pada alat vital pria bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Hal ini bisa disebabkan oleh masalah yang serius dan juga yang tidak terlalu serius, maka dari itu disarankan bagi para pria untuk melakukan pengecekan ke dokter untuk mengetahui info lengkapnya mengenai bintik tersebut.

Bintik Putih Pada Alat Vital Pria

Bintik putih ini bisa terjadi di area organ alat vital pria termasuk juga pada testis, nah bintik-bintik ini ada yang termasuk golongan berbahaya dan ada juga yang tidak. Maka dari itu pergi cek ke dokter penting supaya segera dicek dan didiagnosa untuk segera disembuhkan masalah ini. Dan berikut ini beberapa penyebab timbulnya bercak putih pada alat vital pria :

Folliculitis
Rambut kemaluan yang tidak tumbuh tidak akan memicu apa-apa terkecuali rasa gatal ringan saja. Akan tetapi jika terjadi luka karena akibat digaruk, bisa saja terjadi infeksi. Terlebih lagi pria juga cukup aktif yang membuat area organ intim pria kerap berkeringat dan basah, hal ini bisa menyebabkan folliculitis terjadi.

Seorang pria yang mengalami masalah folliculitis ini tidak perlu merasa risau, sebab infeksi ini umumnya bisa diatasi dengan salep anti bakteri dan nanti akan mereda dengan sendirinya.

Rambut yang tak tumbuh
Jadi setiap helai rambut memiliki akar pada folikel, demikian pula untuk rambut pada area organ alat vital pria. Pada saat seseorang pria memotong rambut kemaluannya, rambut tersebut akan keluar kulit secara perlahan. Akan tetapi pada kondisi tertentu rambut kemaluan bisa saja tidak tumbuh secara normal, dan bahkan malah masuk ke dalam sehingga memicu rasa gatal dan adanya bintik putih di sekitar alat vital pria.

Untuk mengatasi masalah ini tidak ada pengobatan yang khusus, yang bisa dilakukan adalah dengan membuang kulit mati. Yaitu dengan cara menggosok ringan disekitar alat vital pria, jika kulit mati tersebut sudah tidak ada, maka proses penyembuhan akan berlangsung.

Whiteheads
Whiteheads ini merupakan sebuah jerawat yang kerap kali timbul pada bagian tubuh yang konsenterasi pori-porinya cukup tinggi. Jerawat putih ini sering muncul pada area wajah dan juga pada area testis pria. Whiteheads ini muncul karena disebabkan oleh kulit mati, penyumbatan pada pori-pori kulit akibat minyak, ataupun adanya kotoran lainnya. Whiteheads ini bisa menimbulkan pembengkakan meskipun tidak tergolong berbahaya.

Whiteheads ini kadang bisa hilang dengan sendirinya, atau bisa dibersihkan dan tidak memicu masalah apapun. Akan tetapi karena lokasinya pada organ vital pria seperti testis ini, penggunaan obat akan lebih disarankan.

Kutil kelamin
Kutil kelamin ini bisa terjadi pada organ testis pria dan bisa menimbulkan bintik-bintik putih pada area organ testis dalam jumlah yang banyak. Kutil kelamin ini timbul karena adanya infeksi HPV, yaitu salah satu penyakit menular seksual. Infeksi ini bisa terjadi jika berhubungan seks yang berisiko (tanpa menggunakan alat kontrasepsi).

Infeksi HPV ini bisa ditularkan kembali melalui adanya kontak fisik dengan penderita. Kondisi HPV ini diketahui tidak bisa disembuhkan dan akan terus membawa virus tersebut, namun hal ini bisa diredakan dengan melakukan tindakan operasi kutil yang muncul dan menjaga daya tahan tubuh.

Sifilis
Sifilis merupakan salah satu penyakit menular seksual yang bisa umum terjadi, sifilis ini juga dapat menyebabkan masalah pada organ testis pria. Sifilis kadang muncul disertai bisul putih berukuran kecil pada organ testis beserta tanda-tanda yang lainnya. Jika seorang pria yang mengalami sifilis ini tidak segera diatasi, bisa memicu terjadinya gangguan yang lain seperti demensia ataupun lumpuh.