manfaat buah bit merah

ZEDDO.ID – Bit merah atau yang biasa dikenal sebagai red beetroot ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Bit merah ini merupakan sejenis tanaman masih satu keluarga dengan lobak dan sayuran berakar yang lainnya. Pada artikel ini kita akan membahas tentang manfaat buah bit merah bagi kesehatan tubuh, apa sajakah itu? Simak selengkapnya disini.

Manfaat Buah Bit Merah

Buah bit merah ini merupakan tanaman umbi-umbian yang memiliki warna merah gelap dan ungu, atau ungu kemerahan. Buah bit ini memiliki bentuk yang mirip seperti lobak dan terdapat akar beserta tangkainya. Untuk cara konsumsinya sendiri itu bisa dibuat jus, atau diolah menjadi jenis makanan yang lainnya.

Buah bit merah memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, namun rendah lemak, serta kalori dan proteinnya rendah. Untuk itu manfaat buah bit merah ini cocok untuk digunakan dalam program diet bagi mereka yang sedang menjalani diet. Adanya kandungan betasianin dan betasantin pada bit merah inilah alasan mengapa buah bit memiliki warna merah gelap dan agak keunguan.

Karena warnanya yang cukup pekat, buah bit merah juga terkadang dijadikan pewarna makanan alami lho. Didalam buah bit merah, setidaknya terdapat beberapa macam nutrisi seperti vitamin C, kaliumen, magnesium, asam folat, fosfor, zat besi, triptofan, betasianin, caumarin.

Manfaat Buah Bit Merah Untuk Kesehatan

Setelah pengenalan sedikit tentang buah bit merah, mari kita bahas tentang apa saja sih manfaat buah bit merah untuk kesehatan tubuh itu. Berikut ini diantaranya :

Kaya akan antioksidan
Manfaat buah bit merah yang pertama ialah memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan sendiri sangat dibutuhkan untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh manusia dan membantu tubuh dalam menetralkan radikal bebas berbahaya yang masuk ke tubuh. Adanya antioksidan ini juga dapat membantu mencegah terjadinya stres oksidatif yang dapat merusak sel-sel baik pada tubuh.

Baca Juga : Ubi Bit Merah dan Manfaatnya Bagi Pria Dewasa

Beberapa penelitian menyatakan bahwa antioksidan bisa membantu dalam melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit kronis seperti penyakit jantung, penyakit kanker, juga penyakit diabetes. Manfaat buah bit merah secara alaminya terdapat pada kandungan fitonutrien, yang mampu melawan penyakit di tubuh, sebagai antioksidan dan adanya vitamin serta mineral.

Detoksifikasi alami bagi tubuh
Manfaat buah bit merah yang kedua ialah untuk detoksifikasi tubuh, meskipun tubuh sebetulnya dapat melakukan proses detoksifikasi ini sendiri dan mengeluarkan racun di tubuh agar mencegah terjadinya keracunan. Namun dengan konsumsi buah bit merah ini mampu membantu organ-organ tubuh yang bertugas mendetoksifikasi tubuh, khususnya organ ginjal dan juga organ hati agar tetap bekerja secara optimal.

Mencegah tekanan darah tinggi (hipertensi)
Manfaat buah bit merah yang telah banyak dimanfaatkan banyak orang ialah untuk masalah tekanan darah tinggi di tubuh atau hipertensi. Hal ini karena buah bit merah memiliki kandungan nitrat yang dapat menurunkan tekanan darah. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diketahui inilah cara mudah untuk menurunkan tekanan darah tanpa obat. Kandungan nitrat tersebut juga baik untuk menjaga kesehatan organ jantung.

Mencegah masalah anemia
Buah bit merah memiliki warna merah gelap layaknya darah, dan salah satu manfaat buah bit merah bagi darah ialah untuk mengatasi masalah anemia. Bit merah dapat mengatasi masalah anemia pada seseorang karena buah bit merah ini memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Tingginya kadar zat besi ini mampu meregenerasi sel darah merah di tubuh serta menyuplai kadar oksigen yang bermanfaat bagi kesehatan sel darah merah.

Meningkatkan stamina tubuh
Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Universitas Exter di Inggris, diketahui bahwa manfaat buah bit merah ini bisa meningkatkan stamina tubuh, yaitu dengan cara konsumis minum jus bit merah. Pada para atlet olahraga yang konsumsi jus buah bit merah ini, terjadi peningkatan stamina sekitar 16 persen. Peningkatan ini dikarenakan kandungan nitratnya yang mengurangi pembakaran oksigen di tubuh saat berolahraga, dengan begitu rasa lelah bisa menurun.

Selain itu juga, manfaat buah bit merah ini juga diriset pada sebuah studi di tahun 2011 dan diketahui bahwa konsumsi jus buah bit merah secara rutin dapat meningkatkan stamina serta tenaga hingga 2,8 persen lebih banyak.

Cocok untuk diet dan menurunkan berat badan tubuh
Selain deretan manfaat sehat diatas, manfaat buah bit merah yang lainnya ialah bagus untuk diet dengan membantu menurunkan berat badan lho. Buah bit merah memiliki kandungan serat tetapi rendah kalori, setiap secangkir bit merah mengandung sekitar 59 kalori saja dan 3,8 gram serat, hal ini setara dengan 15 persen serat harian yang diperlukan. Konsumsi serat akan membantu seseorang dalam menahan rasa lapar dan merasa tetap kenyang.

Mengatasi permasalahan ketombe di kulit kepala
Manfaat buah bit merah yang perlu diketahui bagi kepala, yaitu dapat mengatasi masalah ketombe. Untuk cara mengatasinya ialah dnegan merebus buah bit merah, lalu setelah melunak diambil dan oleskan dan pijat secara lembut kulit kepala. Biarkan kulit kepala selama semalaman dibungkus dengan handuk. Lalu pada esok harinya bisa dibilas dan dikeramas.

Itu dia beberapa manfaat buah bit merah untuk kesehatan yang perlu diketahui, jangan lupa untuk konsumsi buah bit merah ini untuk menjaga kesehatan tubuh ya.