macam macam penyakit psikologis

ZEDDO.ID – Berbagai macam gangguan psikologis terjadi lantaran adanya trauma berat karena suatu hal yang membuat fungsi otaknya terganggu. Akibatnya seseorang mengalami gangguan kejiwaan/ psikologis. Ada macam macam penyakit psikologis yang bisa dialami seseorang.

Gangguan psikologis

Gangguan atau penyakit psikologis ini sederhananya ialah gangguan pada mental yang memengaruhi pola pikir dan perilaku seseorang, termasuk bagaimana cara berinteraksi yang berubah secara signifikan. Gangguan ini jika tidak ditangani bisa membuat penderitanya kesulitan beraktivitas, bahkan berinteraksi dengan orang lainnya.

Menurut data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, ada lebih dari 19 juta penduduk usia 15 tahun keatas yang mengalami gangguan mental di Indonesia, dan lebih dari 12 juta orang yang diperkirakan mengalami stres berat atau depresi. Angka ini pun cenderung meningkat dibandingkan data pada tahun 2013 lalu.

Penyebab gangguan psikologis

Hingga saat ini penyebab timbulnya penyakit psikologis itu belum diketahui secara pastinya, akan tetapi ada beberapa hal yang diketahui mampu meningkatkan risiko terjadinya gangguan psikologis pada seseorang, yaitu :

  • Faktor genetik.
  • Mengalami stres yang berat.
  • Riwayat keluarga yang mengidap penyakit psikologis.
  • Penggunaan obat terlarang dan minum minuman beralkohol.
  • Faktor kondisi medis tertentu (misalnya gangguan tiroid, stroke, cedera pada otak yang berat).
  • Pernah mengalami trauma yang cukup dalam (misalnya korban penculikan, pelecehan seksual, atau kekerasan).

Macam macam penyakit psikologis yang biasa ditemukan

Gangguan kecemasan
Penyakit psikologis yang umum diketahui ialah gangguan kecemasan atau anxiety disorder. Gangguan ini membuat penderitanya merasakan rasa cemas dan gelisah yang berlebihan, dan sulit untuk mengendalikan perasaan yang dialami tersebut.

Gangguan psikotik
Ini merupakan penyakit psikologis yang cukup parah yang menimbulkan pemikiran dan persepsi yang tidak jelas dan tidak normal. Seseorang yang mengalami penyakit psikologis ini akan mengalami halusinasi, penderitanya akan melihat, mendengar, bahkan mempercayai suatu hal yang sebenarnya tidak nyata. Contohnya yaitu penyakit skizofrenia.

Gangguan kepribadian
Macam penyakit psikologis ini membuat penderitanya cenderung memiliki perilaku, pola pikir, dan perasaan yang berbeda-beda dari kebanyakan orang. Gangguan ini dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu :

  • Tipe emosional, seperti histrionik, narsistik, serta ambang.
  • Tipe eksentrik, seperti antisosial, paranoid, skizoid, dan skizotipal.
  • Tipe cemas dan takut, seperti ketergantungan, mengindar, dan gangguan obsesif kompulsif.

Gangguan obsesif kompulsif
Gangguan obsesif kompulsif ini merupakan salah satu dari macam macam penyakit psikologis, dan ditandai dengan kebiasaan obsesi yang tidak terkendali terhadap suatu hal, akibatnya penderita gangguan psikologis ini akan melakukan suatu hal secara berulang-ulang.

Gangguan suasana hati
Macam macam penyakit psikologis lainnya yaitu gangguan suasana hati yang melibatkan perubahan mood yang terjadi dalam waktu cepat. Seseorang yang mengalami penyakit psikologis ini akan menderita gangguan suasana hatinya yang mudah berubah secara ekstrim dan dalam waktu yang singkat.

Mulai dari mood yang stabil ke perasaan sedih secara tiba-tiba, lalu merasa senang kemudian. Penyakit psikologis yang membuat suasana hati mudah berubah dengan singkat ialah gangguan siklotimik, dan bipolar.

Gangguan makan
Penyakit psikologis ini akan memengaruhi perilaku makan seseorang. Gangguan ini seringkali membuat penderitanya akan mengalami masalah gizi, baik itu kekurangan gizi maupun kegemukan (obesitas). Contoh penyakit psikologis ini ialah bulimia nervosa, anoreksia nervosa, juga binge eating disorder (gangguan makan berlebihan).