penderita diabetes mellitus

ZEDDO.ID – Penyakit diabetes mellitus merupakan salah satu penyakit yang cukup merisaukan, ada banyak gangguan kesehatan yang bisa disebabkan penyakit diabetes ini. Dan tidak sampai disitu, diabetes mellitus juga bisa menyebabkan masalah seksual pada pria dewasa.

Diabetes mellitus dan masalah seksual pria

Disamping memicu ragam masalah kesehatan, diabetes juga bisa memicu beberapa masalah seksual bagi pria dewasa khususnya. Sebab masalah diabetes mellitus ini dapat mengganggu kinerja atau kemampuan seksual pria yang menurun. Penderita diabetes mellitus bisa berisiko mengalami masalah seksual berikut ini :

Impotensi atau disfungsi ereksi
Pria penderita diabetes mellitus dapat mengalami lonjakan kadar gula darah di dalam tubuhnya, dan lonjakan gula darah ini bisa membuat gangguan hingga kerusakan pada pembuluh darah pada alat vital pria hingga kerusakan pada saraf.

Kerusakan yang terjadi inilah yang membuat pria sulit untuk mendapatkan ereksi dengan maksimal bahkan berakhir pada impotensi. Selain mengganggu kehidupan seksual pria, hal ini juga menyulitkan pria yang ingin mendapatkan keturunan.

Mengalami infeksi pada alat vital pria
Penderita diabetes mellitus juga bisa mengalami infeksi pada alat vitalnya akibat lonjakan gula darah yang berlebihan tersebut. Infeksi yang terjadi yaitu berupa bercak-bercak merah dan rasa perih pada bagian kepala alat vital pria (glans), dan ini membuat pria merasa tidak nyaman saat berhubungan intim dengan pasangan.

Ejakulasi retrograde
Ejakulasi retrograde atau ejakulasi terbalik juga bisa dialami para penderita diabetes mellitus akibat gangguan gula darah yang dialami. Akibatnya, pria jadi sulit untuk membuahi pasangan meskipun masih dapat menikmati sensasi seksualnya.

Sebab dalam kasus ini, pria yang berejakulasi tidak akan mengeluarkan cairan mani sedikitpun karena saat orgasme dan ingin berejakulasi, cairan tersebut bukannya keluar akan tetapi masuk kembali ke kandung kemih dan bercampur dengan air seni (urine). Meskipun bisa mengeluarkan cairan mani, itu hanya dalam skala yang kecil.

Libido yang menurun
Gangguan gula darah pada pria penderita diabetes mellitus juga membuat libido pria kian menurun hingga dalam jumlah yang cukup besar. Dan penurunan libido ini juga akan semakin membesar jika pria tersebut mengalami masalah obesitas yang membuat produktivitas hormon seksual menurun di tubuhnya.

Masalah libido pria sangat penting dan berpengaruh pada kinerja seksualnya, bahkan tidak sedikit pria yang merasa enggan dan memilih tidak berhubungan intim dengan pasangan akibat hal ini. Libido yang menurun membuat pria lesu dan tertekan, ereksi jadi kian sulit dan khawatir tidak dapat membuat pasangan puas.

Itu dia beberapa ulasan mengenai permasalahan seksual pria penderita diabetes mellitus, untuk mencegah dan mengurangi masalah seksual tersebut yang dialami, cobalah untuk menjaga pola hidup sehat dan mengontrol gula darahnya.