penyebab timbulnya bisul dan lepuhan pada alat vital pria dewasa

ZEDDO.ID – Pernah mendengar masalah timbulnya bisul pada alat vital pria? Atau saat ini tengah mengalami hal tersebut? Perlu diperhatikan bahwa masalah ini harus ditanggapi dengan serius. Sebab ini merupakan gangguan yang cukup berbahaya jika tidak ditangani segera, timbulnya bisul atau lepuhan perlu diwaspadai untuk semua pria. Memangnya mengapa? Simak penjelasannya di artikel ini.

Penyebab Bisul atau Lepuhan Pada Penis Pria

Timbulnya bisul maupun lepuhan yang ada pada permukaan alat vital pria bisa disebabkan oleh masalah yang lebih serius, untuk itu jika terjadi gejala semacam ini harus segera ditangani dan pergi ke dokter untuk mendapat pengobatan lebih lanjut. Berikut ini beberapa penyebab bisul ataupun lepuhan pada permukaan alat vital pria :

Kanker penis
Yang pertama, yaitu kanker penis. Memang kanker ini menyebabkan masalah serius pada alat vital pria, tanda-tanda dari penyakit kanker ini yaitu terjadinya perubahan warna pada kulit alat vital pria. Tanda-tanda lainnya juga kulit pada alat vital juga akan bersisik dan muncul benjolan besar yang berisikan nanah ataupun cairan yang lainnya.

Sifilis
Sifilis merupakan salah satu dari ragam penyakit menular seksual yang mudah sekali menyebar melalui hubungan seksual yang tidak aman (tanpa pengaman). Penyakit yang satu ini akan menyebabkan munculnya bisul ataupun lepuhan dan terasa nyeri. Akan tetapi, masalah ini masih dapat diobati dan disembuhkan jika segera ditangani. Bakteri yang menyebar akan segera diatasi dan efek sampingnya pun bisa diminimalisir.

Herpes genitalis
Penyakit herpes ini ialah jenis penyakit pada alat vital pria yang memicu timbulnya bisul kecil serta lepuhan berisikan cairan. Keadaan ini bisa menyerang ke kulit pada alat vital, area skrotum, hingga selangkangan pria dan area bokong. Umumnya kulit akan menjadi kemerahan dan timbul rasa panas serta bisul-bisul kecil yang cukup banyak.

Kudis atau scabies
Kudis ini merupakan penyakit kulit yang seringkali menyerang area kulit pada selangkangan dan sekitarnya. Kudis ini disebabkan oleh infeksi parasit yang masuk ke dalam kulit hingga membentuk bisul atau lepuhan yang disertai rasa panas dan gatal. Perlu diketahui bahwa kudis ini mudah menyebar, tapi jika segera diatasi bisa segera sembuh meski meninggalkan bekas bercak hitam di kulit.

Nah, maka dari itu mulai menjaga kesehatan dan tidak mengabaikan masalah ini ya. Jika terjadi bisul atau lepuhan pada alat vital pria, maka segera pergi ke dokter untuk meminta penanganan lebih lanjut.