penyebab air seni berbusa

ZEDDO.ID – Air seni yang keluar saat buang air kecil dapat berbusa karena kecepatan keluarnya yang cukup cepat, dan ini merupakan hal yang normal-normal saja yang tidak perlu Anda khawatirkan. Sebaliknya ada juga beberapa penyebab air seni berbusa yang perlu diperhatikan.

Jika Anda sering mengalami air seni berbusa saat buang air kecil, maka bisa saja itu indikator bahwa terjadi masalah kesehatan yang terjadi pada tubuh Anda dan perlu cek segera ke dokter.

Penyebab air seni berbusa

Masalah air seni yang berbusa juga bisa dikarenakan berbagai macam hal, berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi pemicu atau penyebab air seni berbusa saat buang air kecil.

Proteinuria
Penyebab air seni berbusa yang pertama ialah terjadinya proteinuira, yaitu kondisi dimana kandungan protein dalam air seni melebihi batas normalnya. Penyebabnya bisa dikarenakan masalah pada filter ginjal yaitu glomeruli yang rusak, akhirnya protein pun ikut keluar bersamaan dengan air seni.

Untuk mencegah terjadinya kerusakan pada ginjal, maka disarankan untuk menjalankan gaya hidup sehat. Salah satunya minum air yang cukup dan hindari konsumsi garam berlebihan, selalu kendalikan juga tekanan darah dan gula darah dalam tubuh Anda.

Tubuh yang dehidrasi
Selain warna air seni yang berubah, air seni berbusa juga bisa dialami seseorang yang mengalami dehidrasi karena kekurangan cairan tubuh. Maka dari itulah untuk mengatasinya ialah dengan penuhi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya.

Masalah diabetes
Masalah gula darah yang tinggi juga bisa menjadi salah satu penyebab air seni berbusa pada seseorang. Sama seperti protein, kadar glukosa yang tinggi di tubuh akan membuat ginjal mengalami kesulitan dalam menyaring molekul besar. Dan pada akhirnya membuat ginjal mengeluarkannya melalui air seni dan menjadi berbusa.

Ejakulasi retrograde
Bagi sebagian pria, penyebab air seni berbusa juga bisa dikarenakan sebagai tanda masalah seksual, yaitu ejakulasi retrograde. Dilansir dari Healthline, masalah ini membuat pria yang ejakulasi tidak mengeluarkan air maninya, lantaran kembali ke kandung kemih. Hal ini juga membuat sebagian pria mengalami orgasme kering. Untuk caran mengatasi masalah air seni berbusa pada penderita ejakulasi retrograde ini bisa dengan melakukan terapi obat.

Itu dia beberapa hal penyebab air seni berbusa yang bisa dialami seseorang beserta tips mengatasinya.