cara meningkatkan kesuburan pria

ZEDDO.ID – Selain masa subur wanita, persoalan kesuburan pria memang penting adanya untuk menciptakan peluang terjadinya kehamilan pada pasangan. Dan sebagai seorang pria sekaligus suami, Anda perlu tahu cara meningkatkan kesuburan dengan meningkatkan kualitas sperma yang dihasilkan.

Kualitas sperma dan kesuburan pria dewasa

Seseorang pria bisa dikatakan subur jika memang memiliki kualitas sperma dan jumlah sperma yang baik dan sehat. Menurut WHO (World Health Organization) pria yang dianggap subur setidaknya memiliki sekitar 15 juta sel sperma pada setiap mililiter cairan mani yang dihasilkan pria.

Produktivitas sperma yang baik dan kesehatan sel sperma yang baik artinya pria tersebut dalam kondisi subur, dan hal ini secara keseluruhannya dipengaruhi oleh hormon yang disebut hormon testosteron.

Cara meningkatkan kesuburan pria alami

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas sperma pria dan membuat seseorang pria menjadi subur. Berikut ini beberapa langkah untuk meningkatkan kesuburan pria yang mudah untuk Anda lakukan.

Berolahraga rutin
Dengan berolahraga rutin tidak hanya melancarkan sirkulasi darah di seluruh tubuh, tetapi juga berkontribusi pada kesuburan pria. Khususnya bagi pria yang memiliki masalah obesitas, dengan olahraga rutin bisa membantu meningkatkan kualitas sperma dan jumlah sperma yang diproduksi.

Jaga asupan nutrisi harian
Menjaga kesuburan pria yang paling mudah ialah dengan selalu menjaga pola makan dengan selalu konsumsi makanan sehat dan bernutrisi. Selalu diingat untuk perbanyak juga konsumsi makanan berprotein tinggi dan kandungan omega-3.

Disamping itu, agar kualitas sperma meningkat disarankan untuk menurunkan jumlah konsumsi gula karena meningkatkan risiko obesitas serta diabetes yang sama-sama menurunkan kualitas sperma pria yang dihasilkan.

Konsumsi juga vitamin serta mineral
Untuk meningkatkan kesuburan pria, Anda juga bisa tambahkan asupan vitamin serta mineral untuk membantu Anda meningkatkan kualitas sperma seperti vitamin D serta zinc. Keduanya dapat meningkatkan jumlah sperma yang dihasilkan serta membantu memperbaiki pergerakan sperma pria.

Untuk mendapatkan kandungan vitamin D bisa dari konsumsi daging merah, kuning telur, ikan laut, serta berjemur di sinar matahari pagi. Sementara untuk zinc bisa didapat dari kerang, daging, serta produk olahan susu dan sereal.

Hindari hal ini untuk menjaga kesuburan pria

Ada juga beberapa hal yang perlu dihindari agar kualitas sperma tidak menurun dan kesuburan pria Anda jadi tidak terganggu. Ini diantaranya.

Hindari kebiasaan merokok
Selain menimbulkan masalah kesehatan, merokok juga bisa mengganggu kesuburan pria. Dan berdasarkan studi yang dilakukan pada tahun 2016 diketahui bahwa kebiasaan merokok bisa menurunkan jumlah sel sperma sehat, maka dari itu untuk cara meningkatkan kualitas sperma ialah dengan berhenti merokok. Dengan begitu kesuburan pria akan terjaga dengan baik.

Hindari kebiasaan minum alkohol
Selain rokok, salah satu kebiasaan yang juga dekat dengan kehidupan pria ialah alkohol. Perlu Anda ketahui bahwa kebiasaan ini bisa mengganggu kesuburan pria Anda, dan akan menyulitkan Anda untuk membuat pasangan hamil. Jadi sebaiknya untuk menghindari kebiasaan ini untuk menjaga kualitas sperma Anda.

Hindari makanan yang tidak sehat
Menurut studi yang dilakukan pada tahun 2014 diketahui bahwa seringnya konsumsi makanan berlemak bisa menurunkan kesuburan pria dengan cara menekan kadar sperma pria yang menurun secara signifikan.

Hindari suhu panas pada area testis
Hal-hal seperti mandi air panas, sauna, ataupun memangku laptop terlalu lama bisa membuat area organ reproduksi menjadi meningkat suhunya, termasuk testis. Jika hal ini terjadi maka akan membuat produktivitas sperma pria jadi melambat.