penyebab seringnya buang air kecil

ZEDDO.ID – Buang air kecil atau berkemih adalah hal yang biasa dilakukan guna membuang cairan yang sudah tak terpakai didalam tubuh sekaligus zat racun yang ada didalam tubuh untuk dikeluarkan. Namun ada kondisi dimana pria sering buang air kecil, lalu apa penyebab seringnya buang air kecil pada pria itu? Disaat cuaca tengah dingin, kebiasaan buang air kecil memang wajar dan bisa diatasi dengan menghangatkan suhu tubuh.

Namun misalnya seseorang itu sering buang air kecil, termasuk pada saat cuaca yang sedang panas (tidak dalam cuaca dingin), maka bisa saja ada gangguan pada kandung kemihnya tersebut. Jika memang Anda saat ini tengah mengalami hal tersebut, maka Anda perlu menyimak dan cari tahu apa penyebab seringnya buang air kecil yang Anda alami tersebut. Kondisi ini juga bisa disebut sebagai overactive bladder.

Penyebab Seringnya Buang Air Kecil

Penyebab seringnya buang air kecil yang dialami pria atau overactive bladder ini dialami oleh sekitar 11-16 persen pria saja dan biasanya yang mengalami hal ini ialah pria yang sudah memasuki usia lanjut. Kanker prostat juga bisa menjadi salah satu penyebab seringnya buang air kecil pada pria.

Sementara itu, ada juga hal lain yang bisa menjadi penyebab seringnya buang air kecil pada pria, yaitu adanya batu ginjal, masalah konstipasi, diabetes yang tak terkendali, masalah diet yang tidak benar, obesitas, ataupun adanya infeksi pada saluran kencing serta melemahnya otot di sekitar kandung kemih pria.

Penyebab seringnya buang air kecil ini tidak hanya dirasakan pria tetapi juga bisa dirasakan wanita,namun memang sepertinya lebih umum dialami oleh pria daripada wanita. Pria lebih sering mengalami masalah buang air kecil ini umumnya memiliki masalah dengan prostatnya.

Kendati demikian, memang penyebab seringnya buang air kecil ini merupakan hal atau masalah umum yang dialami pria maupun wanita, terutama stres dan kecemasan yang disebabkan seringnya buang air kecil.

Bagaimana Cara Mengatasi Seringnya Buang Air Kecil?

Untuk cara mengatasi penyebab seringnya buang air kecil pada pria dewasa, tentu perlu pergi ke dokter terdekat agar dicari tahu dulu sumber masalahnya apa. Lalu dokter akan melakukan pemeriksaan menyeluruh pada prostat, anus, saraf, dan sebagainya guna mencari tahu titik permasalahannya.

Usai pemeriksaan dilakukan, perubahan pada gaya hidup pun diperlukan mulai dari olahraga secara rutin. Cobalah untuk berolahraga yang dapat menguatkan otot pelvic, contohnya Anda bisa melakukan senam kegel. Lalu Anda juga bisa melakukan diet sehat dengan sembari mengurangi konsumsi kafein atau alkohol.

Cara yang lainnya ialah dengan belajar menahan hasrat ingin buang air kecil dengan toilet training. Coba untuk tahan diri Anda untuk ke toilet sampai terasa kandung kemih penuh dan tidak mampu menahan rasa ingin buang air kecil.

Itu dia penyebab seringnya buang air kecil yang mungkin tengah Anda rasakan pada saat ini, cobalah untuk berkonsultasikan ke dokter terdekat di rumah Anda untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan lebih lanjut.