daya tahan tubuh lemah

ZEDDO.ID – Menjaga sistem daya tahan tubuh itu penting, daya tahan tubuh lemah itu harus kita hindari karena sistem daya tahan tubuh ini berguna dalam melindungi tubuh dari serangan virus dan radikal bebas di udara, apalagi di masa pandemi COVID-19 seperti pada saat ini.

Apabila seseorang memiliki daya tahan tubuh lemah, maka dirinya akan mudah terserang virus dan mudah jatuh sakit. Bagi anak-anak juga yang memiliki daya tahan tubuh lemah juga bisa membuatnya mengalami tumbuh kembangnya yang terlambat.

Ciri-ciri daya tahan tubuh lemah

Sistem daya tahan tubuh lemah dapat membuat seseorang merasa lelah dan mudah jatuh sakit. Disamping itu, daya tahan tubuh lemah juga seringkali tidak menimbulkan gejala yang jelas sehingga tak banyak yang menyadari daya tahan tubuhnya itu melemah. Dihimpun data dari Penn Medicine, berikut ini merupakan tanda-tanda daya tahan tubuh lemah :

Mengalami stres berat
Menurut laporan American Psychological Association, memiliki stres atau depresi berat dalam jangka waktu yang cukup panjang bisa memicu daya tahan tubuh lemah dan mudah jatuh sakit. Pakar pengobatan internal, Nadia Hasan juga menyebutkan bahwa stres berat bisa membuat kadar sel darah putih menurun yang membantu melawan infeksi di tubuh.

Seringkali flu atau meriang
Masalah flu atau meriang bisa saja sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu beberapa hari saja. Akan tetapi jika seringkali mengalami masalah ini, bisa saja menjadi sinyal atau tanda bahwa daya tahan tubuh lemah dan perlu ditingkatkan lagi.

Seringkali mengalami gangguan pencernaan
Sistem daya tahan tubuh lemah juga bisa ditandai dari sistem saluran pencernaan seseorang. Seseorang yang sering mengalami masalah pada pencernaannya seperti mengalami sembelit, diare, dan sebagainya itu menandakan bahwa daya tahan tubuhnya sedang menurun atau mengalami gangguan.

Sebuah penelitian juga telah menunjukkan bahwa hampir sekitar 70 persen sistem daya tahan tubuh itu terletak pada saluran pencernaan seseorang. Sementara itu, pada pencernaan juga ada bakteri dan mikroorganisme yang baik dan bermanfaat dalam menunjang sistem daya tahan tubuh.

Proses penyembuhan luka yang lama
Proses penyembuhan luka di kulit dapat berjalan cepat atau lambatnya itu bergantung pada sistem daya tahan tubuh seseorang. Jika sistem daya tahan tubuh lemah, maka proses regenerasi kulit akan berjalan lambat dan luka jadi lebih lama sembuhnya.

Seringkali merasa lelah atau letih
Jika Anda sering merasakan pegal atau lelah meskipun tidur cukup, maka bisa jadi ini merupakan tanda bahwa sistem daya tahan tubuh lemah dan perlu diatasi. Jadi sistem daya tahan tubuh memang memengaruhi tingkat energi seseorang, ini dikarenakan tubuh berusaha menghemat energi supaya sistem daya tahan tubuh mampu melawan bakteri atau virus di dalam tubuh.

Itu dia beberapa hal yang perlu kita ketahui mengenai tanda-tanda sistem daya tahan tubuh lemah, jika sudah mengetahuinya maka akan mudah untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh kita kembali.