5 makanan kesuburan pria

ZEDDO.ID – Masalah kesuburan pria merupakan salah satu faktor penting untuk para calon ayah yang sedang dalam program kehamilan dengan pasangan, dan kabar baiknya ialah Anda bisa menjaga kesuburan pria dengan 5 makanan kesuburan pria ini. Kira-kira makanan jenis apa sajakah itu? Simak di artikel ini.

Pria dan masalah kesuburan pria (infertilitas)

Pada saat melakukan program kehamilan, faktor penentu kehamilan itu tidak hanya pada wanita saja, tetapi juga pria yang perlu tahu kesuburannya. Untuk cara menjaga dan meningkatkan kesuburan pria itu salah satu cara mudahnya ialah dengan memenuhi salah satu asupan dari 5 makanan kesuburan pria ini yang efektif.

Nah ada beberapa hal yang menjadi faktor dari ketidaksuburan yang dialami pria, salah satu tanda-tandanya ialah :

  • Mengalami infeksi.
  • Sedang masa pengobatan kanker.
  • Adanya masalah pada organ reproduksi pria.
  • Jumlah sperma yang dihasilkan rendah dan sulit mencapai sel telur.

Ragam jenis makanan kesuburan pria

Berdasarkan pada American Society for Reproductive Medicine, riset terbaru yang dilakukan menunjukkan bahwa ada sekitar 40 persen pasangan dengan masalah ketidaksuburan, dan pria menjadi satu-satunya penyebab utama dari ketidaksuburan tersebut.

Masalah ketidaksuburan yang dialami pria juga bergantung dari gaya hidup yang dilakukan setiap harinya, dan memang pada umumnya cukup banyak pria di Indonesia yang memiliki gaya hidup kurang sehat. Kebiasaan merokok dan minum alkohol salah satunya yang dapat menurunkan kualitas dan kuantitas sperma yang dihasilkan pria.

Bagi anda para pria sebaiknya mulai konsumsi 5 makanan kesuburan pria ini dan hindari hal-hal yang dapat merusak kualitas dan kuantitas sperma kalian, seperti kebiasaan yang tadi disebutkan yaitu merokok dan minum alkohol. Nah, berikut ini 5 makanan kesuburan pria yang perlu kalian catat, apa sajakah itu?

Zat Besi
1 dari 5 makanan kesuburan pria yang pertama ialah makanan yang mengandung zat besi, kenapa? Karena zat besi ini memiliki peran dalam mengatur jumlah sperma dan kualitas sperma yang diproduksi. Makan makanan yang mengandung zat besi juga bisa menurunkan risiko terjadinya infertilitas ovulasi.

Makanan kesuburan pria yang mengandung zat besi bisa ditemukan pada daging merah (sapi, kambing) dan daging ayam, sereal, gandum utuh, susu, dan juga makanan laut seperti kerang dan tiram, serta lobster.

Asam lemak omega 3
5 makanan kesuburan pria lainnya ialah makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 ini. Berdasarkan Asian Journal of Andrology, asam lemak omega-3 ini merupakan salah satu sumber makanan untuk kesuburan pria guna meningkatkan jumlah, motilitas dan morfologi sperma pria yang dihasilkan.

Anda bisa mendapatkan makanan yang kaya akan kandungan ini pada makanan laut, yaitu ikan-ikanan khususnya salmon, tuna dan ikan sarden. Ada juga kacang-kacangan dan biji-bijian yang bisa Anda konsumsi seperti biji chia, rami, dan biji kenari. Telur dan yoghurt juga bisa anda konsumsi.

Vitamin C
Salah satu dari 5 makanan kesuburan pria lainnya yang penting untuk para pria konsumsi ialah makanna yang mengandung vitamin C ini. Vitamin ini merupakan antioksidan yang memiliki manfaat bagi tubuh sekaligus berperan dalam kesuburan pria, sebagaimana dilansir dari Journal of Medicial Food dikatakan bahwa konsumsi vitamin C ini bisa membantu pria dalam meningkatkan motilitas sperma, serta jumlah dan morfologi sperma yang dihasilkan.

Anda bisa mendapatkan asupan vitamin C ini dari beberapa makanan buah-buahan, yaitu buah jeruk, kiwi, dan buah strawberry. Sementara itu Anda juga bisa dapatkan dari beberapa jenis sayuran seperti kentang, kubis, brokoli, dan tomat. Ada juga makanan lainnya yaitu sereal dan susu yang bisa Anda konsumsi sebagai selingan.

Vitamin B12
Selain vitamin C, vitamin B12 juga nutrisi penting yang pria perlukan untuk menjaga kesuburan. Vitamin B12 ini merupakan satu kebutuhan dari 5 makanan kesuburan pria karena diperlukan untuk menjaga kesehatan sperma pria. Didalam jurnal Biomolecules dikatakan bahwa vitamin B12 ini dapat meningkatkan kesuburan pria dengan meningkatkan motilitas dan jumlah sperma serta menurunkan risiko kerusakan pada DNA sperma pria yang dihasilkan.

Untuk mendapatkan nutrisi yang satu ini, Anda bisa dapatkan dari konsumsi makanan kesuburan pria ini, yaitu makanan laut seperti ikan dan kerang, daging ayam (terutama bagian hati), produk-produk susu serta juga sereal.

Zinc
5 makanan kesuburan pria yang terakhir yaitu makanan yang mengandung zinc. Manfaat dari zinc tidak hanya untuk kesuburan wanita, tetapi juga bisa membantu masalah kesuburan pria. Hal ini sudah terbukti melalui penelitian yang dilakukan dan diterbitkan dalam jurnal Fertility & Sterility.

Dari penelitian yang dilakukan selama kurang lebih 26 minggu itu didapatkan hasil bahwa setiap pria yang konsumsi 66mg zinc setiap harinya ditambah dengan konsumsi 5mg folic acid mengalami peningkatan pada jumlah sperma mereka yang signifikan. Sementara bagi pria yang kurang subur mengalami peningkatan jumlah sperma mereka sebesar 74 persen.

Makanan untuk kesuburan pria yang mengandung zinc bisa Anda temukan pada tiram, kepiting, lobster, serta biji labu, rami, buncis, dan juga pada sereal dan gandum utuh.

Itu dia 5 makanan kesuburan pria yang perlu Anda konsumsi agar kesuburan pria Anda tetap terjaga, yuk mulai terapkan pola hidup sehat dan konsumsi ragam makanan yang ada diatas itu.