ZEDDO.ID – Masalah psikologis merupakan salah satu gangguan kesehatan yang dapat berdampak buruk pada kesehatan. Terdapat banyak ciri ciri gangguan psikologis dan banyak orang yang berujung pada bunuh diri akibat masalah psikologis ini. Umumnya mereka yang memiliki gangguan psikologis juga bisa terlihat baik-baik saja dan dapat beraktivitas seperti biasa, namun dari dalam baru terlihat bahwa kondisi psikologisnya amat terganggu.

Sangat penting bagi kita semua untuk mengenali ciri ciri gangguan psikologis, gangguan psikologis atau gangguan mental dapat muncul dalam berbagai macam bentuk. Dan ciri ciri gangguan psikologis yang satu bisa mirip dengan gangguan psikologis yang lainnya, hal inilah yang menyulitkan kita untuk mendiagnosis hal tersebut. Berikut ini jenis gangguan psikologis :

ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder)
Gangguan psikologis ini merupakan gangguan pada kinerja otak yang mengakibatkan orang yang mengalaminya jadi sangat hiperaktif, impulsif, dan sulit untuk memusatkan perhatian. Gangguan psikologis ini umumnya lebih sering terjadi pada anak-anak, namun bukan tidak mungkin juga untuk terjadi pada orang dewasa.

Gangguan Kecemasan
Seseorang yang memiliki ciri ciri gangguan psikologis ini seringkali menunjukkan sikap atau perilaku cemas yang amat berlebih, dan sulit untuk dikendalikan. Sehingga pada akhirnya dapat mengganggu kehidupan sehari-hari pengidapnya.

Bipolar
Ciri ciri gangguan psikologis yang satu ini ialah dengan berubahnya suasana hati yang secara drastis, dan pengidapnya pun menjadi menunjukkan fase mania ataupun depresi secara berkala. Fase mania ini merupakan fase dimana pengidapnya mengeluarkan perilaku yang sangat ekstrim dan emosinya sangat membludak keluar dan meledak-ledak, sementara fase depresi ini dimana pengidapnya merasa amat sedih dan amat lesu.

Skizofrenia
Gangguan psikologis yang satu ini seringkali dikaitkan dengan kepribadian ganda atau seseorang yang mampu mendengar suara-suara tertentu. Padahal ini tidak tepat, karena gangguan psikologis ini tepatnya ialah menyebabkan pengidapnya menjadi sering mengalami halusinasi, delusi, juga paranoid. Maka dari itulah gangguan psikologis ini bukanlah kepribadian ganda, itu sangat berbeda.

Ciri Ciri Gangguan Psikologis

Pada dasarnya setiap para pengidap gangguan psikologis dapat menunjukkan ciri ciri gangguan psikologis yang berbeda-beda, tergantung pada jenis gangguan yang dialaminya pada saat itu. Namun secara umum, berikut ini ciri ciri gangguan psikologis :

  • Merasa depresi, stres, maupun sedih secara terus menerus dalam jangka waktu yang cukup lama.
  • Munculnya sebuah keinginan untuk bunuh diri dan mengakhiri hidupnya sendiri.
  • Bersikap menarik diri dan mengasingkan diri sendiri, misalnya sering menolak untuk bergaul dan menyendiri ataupun melamun.
  • Sering mendengar suara seperti bisikan, padahal tidak ada yang berbisik ataupun bisikan apapun.
  • Memiliki rasa cemas yang berlebihan terhadap sesuatu hal yang tak perlu dicemaskan.
  • Pola makan dan tidurnya yang berantakan.
  • Isi pembicaraannya yang kacau atau ngelantur karena gangguan pada pola pikirnya.