masa subur wanita setelah menstruasi

ZEDDO.ID – Mengetahui dan dapat menghitung masa subur wanita setelah menstruasi merupakan salah satu cara utama untuk mendapatkan keturunan. Oleh sebab itu, dalam merencanakan kehamilan itu penting untuk punya catatan periode menstruasi agar mudah menentukan waktu suburnya. Periode menstruasi pada normalnya ialah tiap 21 hingga 35 hari. Hari pertama pada siklus menstruasi merupakan hari dimana pertama menstruasi tersebut terjadi.

Masa Subur Wanita

Memahami masa subur wanita setelah menstruasi itu penting, karena disaat wanita memasuki masa haid, sel telur wanita akan berkembang didalam ovarium dan akan akan dilepaskan setelah matang, proses ini dinamakan ovulasi. Umumnya masa ovulasi ini terjadi kira-kira 12 hingga 14 hari sebelum hari pertama menstruasi selanjutnya. Itu jika siklus menstruasinya teratur, jika pendek seperti hanya 22 hari saja maka ovulasi tersebut bisa hanya terjadi beberapa hari saja usai menstruasi berakhir.

Jadi masa subur wanita sekitar kira-kira lima hari sebelum ovulasi terjadi. Dan pada umumnya masa subur wanita ialah 12 hingga 16 hari sebelum masa menstruasi berikutnya, jadi dengan kata lain masa subur wanita setelah menstruasi antara hari ke-10 sampai hari ke-17 usai hari pertama menstruasi terakhir. Namun hal ini berlaku bagi wanita yang memiliki waktu menstruasi yang teratur selama 28 hari. Jika memiliki siklus yang berbeda maka perlu tahu cara menghitung masa subur wanita sendiri.

Indikator Masa Subur Wanita Setelah Menstruasi

Selain menghitung masa subur, cara lain untuk memprediksi masa subur wanita setelah menstruasi ialah dengan mengetahui ciri-cirinya. Berikut ini beberapa ciri-ciri atau indikator masa subur wanita setelah menstruasi :

Suhu basal tubuh yang meningkat
Cara pertama menentukan masa subur wanita setelah menstruasi ialah dari suhu basalnya. Apa itu suhu basal tubuh? Yaitu suhu tubuh seseorang ketika bangun di pagi hari. Normalnya suhu tubuh berkisar antara 35,5 Celcius sampai 36,6 Celcius. Namun jika sedang memasuki masa subur akan terjadi kenaikan sedikit pada suhu basal yang artinya tengah mengalami masa ovulasi.

Merasa lebih bergairah dari biasanya
Pada sebagian wanita yang tengah dalam masa subur wanita setelah menstruasi, bisa mengalami rasa gairah yang meningkat, lebih semangat dan mudah bersosialisasi.

Mengalami nyeri ringan sampai berat pada perut atau bagian punggung
Bagi sebagian wanita lainnya ada yang merasakan hal ini, nyeri ini bisa jadi tanda tengah memasuki masa subur wanita setelah menstruasi.

Adanya lendir pada bagian mulut rahim
Masa subur wanita setelah menstruasi lainnya bisa ditandai dari adanya lendir yang keluar dari mulut rahim yang juga menjadi tanda bahwa ovulasi segera terjadi. Cairan inilah yang nantinya akan membantu sperma dalam berenang lancar di dalam vagina menuju ke sel telur.