kapan masa tidak subur wanita

ZEDDO.ID – Bagi seorang pria, ada hal yang harus anda ketahui selain cara memuaskan pasangan diatas ranjang, yaitu kapan masa tidak subur wanita dan kapan pula masa subur wanita setelah haid. Mengapa pria harus mengetahui hal ini?? Tentu saja untuk mencegah atau menunda kehamilan yang belum diinginkan, seperti misalnya sedang melakukan program untuk menunda hadirnya buah hati karena harus mengurus dan mempersiapkan hal lainnya sebelum siap dengan kehadiran sang buah hati. Maka dari itulah, penting bagi pria untuk tahu masa tidak subur wanita agar tidak hamil saat berhubungan intim.

Dan sebaliknya juga jika anda sedang berusaha untuk mendapatkan buah hati dan membuat pasangan hamil, maka anda perlu mengetahui juga cara menghitung masa subur wanita agar cepat hamil. Jadi bukan hanya yang perlu tahu hal ini, anda sebagai pria dan juga pasangannya juga sebaiknya mengetahui hal ini.

Kapan Masa Tidak Subur Wanita ?

Meskipun sedang memasuki masa tidak subur wanita, bukan berarti tidak berpeluang untuk hamil. Peluang untuk hamil tentu masih ada, namun peluang ini sangat minim sekali jika dibandingkan pada masa subur. Masa tidak subur wanita terjadi pada saat hari pertama haid hingga hari ketujuh selama haid. Pada kondisi ini, sel telur wanita tidak lagi diproduksi dan sel sperma yang masuk tidak akan melakukan pembuahan.

Lalu pada saat sehari hingga dua hari usai haid ini selesai, umumnya wanita masih dalam masa tidak subur sehingga peluang terjadinya pembuahan sangat minim. Jika anda melakukan hubungan intim tanpa menggunakan alat kontrasepsi pun saat sehari usai haid selesai, kemungkinan besar sperma akan tetap hidup didalam tubuh pasangan anda namun akan segera mati ketika mencapai lima hari kemudian. Dengan begini, peluang kehamilan pun sangat kecil. Tetapi, ini hanyalah salah satu faktornya saja, masih ada beberapa faktor lainnya yang mendukung seperti kesehatan anda maupun pasangan anda.

Memanfaatkan Masa Tidak Subur Wanita Untuk Mencegah Kehamilan

Bagi sebagian pasangan, masa tidak subur wanita dapat dimanfaatkan untuk mencegah kehamilan. Hal ini biasanya dilakukan pada pasangan rumah tangga yang sedang ingin fokus pada karir masing-masing dan belum memikirkan untuk memiliki anak. Ataupun bagi mereka yang memang sedang melakukan program menunda kehamilan, yaitu dengan cara mengetahui masa tidak subur wanita untuk mencegah kehamilan ini. Karena memang peluang terjadinya proses pembuahan yang sedikit, maka hal ini menjadi salah satu ide alternatif untuk menikmati hubungan intim tanpa takut hamil.

Bagaimana Cara Menghitung Masa Tidak Subur Wanita

Cara menghitung masa tidak subur wanita bisa dilakukan jika anda mengetahui kapan masa subur wanita tersebut. Umumnya cara menghitung masa subur dengan kalender ataupun kini juga bisa dilakukan secara online yang membuatnya menjadi lebih praktis. Dimulai dari hari pertama menstruasi dimana dinding rahim terjadinya peluruhan dan menjadi darah. Pada saat masa menstruasi, sel telur akan berkembang didalam ovarium dan ketika sudah matang maka sel telur akan dilepaskan dan hal ini disebut dengan peristiwa ovulasi.

Contoh cara menghitung masa tidak subur wanita :

Jika hari pertama wanita mengalami menstruasi pada tanggal 7 Mei, maka puncak dari masa subur wanita terjadi pada tanggal 7 hingga 19 Mei (7 + 12), sedangkan masa subur wanita bisa terjadi pada tanggal (19 – 3) 16 Mei, hingga (19 + 3) 22 Mei. Maka masa tidak subur wanita terjadi pada tanggal 23 Mei hingga menjelang menstruasi bulan berikutnya.

Selain itu, untuk mencegah terjadinya kehamilan yang belum diinginkan, ada juga beberapa hal lain yang harus diperhatikan seperti menghindari aktivitas hubungan intim pada masa subur wanita dan juga penggunaan alat kontrasepsi untuk meminimalisir peluang terjadinya kehamilan. Gunakan alat kontrasepsi yang bagus dan berkualitas yang tidak mudah rusak ataupun bocor. Atau jika memang anda dan pasangan ingin bermesraan bisa melakukan foreplay lainnya yang dapat membuat hubungan lebih intim dan terpuaskan tanpa harus melakukan hubungan seks dan menghindari terjadinya kehamilan yang memang belum diinginkan.