bahaya-kelebihan-zat-besi

ZEDDO.ID – Bagi tubuh, zat besi atau iron itu memang sangat diperlukan. Bahkan zat besi sendiri memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia, khususnya bagi peredaran darah. Namun meski sangat dibutuhkan dan bermafaat, nyatanya jika seseorang memiliki kandungan zat besi yang berlebihan juga tidak baik dan bahkan mampu memberikan dampak yang buruk. Kondisi ini cukup serius dan harus segera diatasi agar tidak membahayakan kesehatannya.

Kondisi dimana seseorang memiliki kandungan zat besi berlebih atau dikenal dengan sebutan hemochromatosis ini cukup langka terjadi dan tidak semua orang dapat mengetahui hal ini. Walaupun begitu, tetap harus waspada supaya tahu apakah saat ini tubuh anda sedang dalam kondisi sehat atau sedang mengalami kelebihan zat besi atau iron overload.

Tanda Hemochromatosis pada Pria

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami kondisi kelebihan zat besi seperti ini, salah satunya karena faktor genetis ataupun karena terlalu banyak konsumsi zat besi. Jika seseorang pria mengalami kondisi hemochromatosis ini, umumnya ia akan mengalami beberapa tanda seperti :

  • Mengalami penurunan kekuatan pada tubuhnya, pria akan sulit mengangkat benda yang cukup/ terlalu berat.
  • Mudah sekali merasa lelah walaupun sedang tidak melakukan aktifitas fisik yang terlalu intens.
  • Bagian persendian terasa sangat menyakitkan, terutama pada saat digunakan untuk bergerak.
  • Seringkali mengalami rasa nyeri di perut yang tidak tertahankan.

Level Zat Besi yang Normal pada Pria

Umumnya kebutuhan zat besi dalam tubuh yang normal itu berkisar antara 4-5 gram saja, tidak lebih. Jika melebihi dari kisaran itu bahkan hingga melebihi 20 gram, bisa mengakibatkan terjadinya komplikasi di tubuh. Maka dari itulah, para pria disarankan untuk melakukan pengecekan jumlah zat besi dalam tubuhnya secara berkala.

Dalam pengecekan kadar zat besi di dalam tubuh seseorang pria, level normalnya ialah berkisar pada angka 20-300ng/mL. Pada angka ini tubuh seseorang pria dinyatakan sehat dan tidak akan mengalami sesuatu gangguan atau efek samping sama sekali. Namun lain lagi jika kondisinya mencapai 1.000ng/mL pada tubuhnya, besar kemungkinan akan terjadi sebuah gangguan di tubuhnya, dan organ pertama yang akan terganggu tersebut ialah organ hati.

Efek Samping Kelebihan Zat Besi di Tubuh

Terkadang efek dari kelebihan zat besi di tubuh ini terlihat pada seorang pria yang sudah terlalu tua. Dengan seiring berjalannya waktu, sebagian organ yang ada di tubuh akan mengalami gangguan karena zat besi yang menyebar ke seluruh organ di tubuh. Organ yang dapat mengalami hal ini ialah organ hati, jantung, dan timbulnya masalah diabetes pada pria.

Kondisi hemochromatosis pada tubuh ini bisa diatasi apabila memang terdeteksi sejak awal, sebab jika kondisi yang dialami sudah cukup parah maka akan mengakibatkan gangguan pada organ tubuh hingga terjadinya kerusakan, sehingga akan sulit untuk disembuhkan. Jika kondisi ini dibiarkan maka besar kemungkinan terjadinya gangguan dan komplikasi yang lebih besar lagi.

Itulah hal yang harus anda ketahui tentang bahayanya kadar zat besi berlebih di tubuh, meskipun dibutuhkan bukan berarti anda harus memenuhi kebutuhan zat besi hingga berlebihan karena hanya berdampak buruk bagi tubuh anda.