nyeri pada selangkangan

ZEDDO.ID – Tanpa sadar mungkin sebagian dari kita atau mungkin Anda mengalami nyeri pada selangkangan, dan tentu ini cukup mengganggu aktivitas sehari-harinya bukan? Timbulnya rasa nyeri pada selangkangan kiri maupun kanan dapat menghambat aktivitas sehari-hari karena mau berjalan pun terasa sulit akibat rasa nyeri tersebut.

Rasa nyeri pada selangkangan yang mengganggu

Rasa sakit ataupun nyeri pada selangkangan kiri ataupun bagian kanan ialah kondisi dimana terjadinya bagian dalam paha serta selangkangan ini mengalami tekanan yang cukup kuat, sehingga otot-otot disekitar selangkangan ini menjadi tegang bahkan bisa robek akibat tekanan yang berlebihan ini.

Akibat dari nyeri pada selangkangan yang dialami ini akan membuat seseorang jadi kesulitan dalam berjalan dan akhirnya menghambat aktivitas sehari-hari yang dijalani. Rasa nyeri pada selangkangan ini bisa dirasakan dengan intensitas yang beragam, dan lama berlangsungnya pun berbeda-beda tergantung seberapa parahnya keadaan yang terjadi. Rasa nyeri bisa dialami selama beberapa hari hingga berminggu-minggu lamanya.

Beberapa hal yang bisa memicu terjadinya rasa sakit atau nyeri pada selangkangan kiri dan kanan ini ialah akibat gerakan yang dilakukan. Contohnya melakukan gerakan menendang, gerakan lompatan, atau dengan melakukan gerakan memutar kaki yang tiba-tiba sehingga otot pada selangkangan, pangkal paha dan sekitarnya jadi menegang.

Timbulnya nyeri pada selangkangan kiri maupun kanan seperti ini lebih sering dialami oleh para atlet, seperti pemain sepak bola, bola basket, atau atletik. Intensitas nyeri pada selangkangan ini dimulai dari rasa nyeri tumpul yang masih bisa ditahan hingga nyeri tajam yang amat mengganggu.

Tahapan rasa nyeri pada selangkangan

Otot memiliki peran untuk menggerakkan bagian tubuh, dan jika terjadi masalah maka akan mengganggu sistem kerjanya. Rasa sakit atau nyeri pada selangkangan ini biasanya juga karena adanya robekan di otot akibat pergerakan yang tidak umum dilakukan sehari-hari. Dikutip dari Medical News Today, rasa nyeri pada selangkangan kiri dan kanan yang dialami seseorang itu bisa ada beberapa tahapannya. Berikut ini diantaranya :

  • Tahapan pertama, memicu rasa sakit atau nyeri, namun hanya berupa peregangan atau adanya robekan kecil di otot.
  • Tahapan kedua, memicu rasa sakit atau nyeri, rasa lemas, dan bahkan terkadang bisa menimbulkan memar.
  • Tahapan ketiga, memicu rasa sakit atau nyeri yang amat parah karena terjadinya robekan di otot yang cukup parah.

Adapun kemungkinan gejala lain yang merupakan tanda sakit atau nyeri pada selangkangan selain yang disebutkan. Menghubungi dokter merupakan langkah tepat jika merasa khawatir untuk dapat penanganan segera.

Penyebab nyeri pada selangkangan kiri dan kanan

Penyebab terjadinya nyeri pada selangkangan kiri ataupun kanan ialah bagian selangkangan atau pangkal paha yang mengalami ketegangan otot hingga terjadinya otot yang robek. Umumnya penyebab nyeri pada selangkangan ini dikarenakan usai berolahraga yang banyak bergantung pada kaki seperti gerakan menendang, melompat, berlari, dan sebagainya.

Meski begitu ada juga beberapa faktor penyebab nyeri pada selangkangan yang lainnya seperti terjatuh, membentur benda keras pada sekitaran paha atau selangkangan, mengangkat beban berat.

Itu dia beberapa hal tentang rasa sakit atau nyeri pada selangkangan kiri ataupun kanan yang mungkin sedang Anda alami.