ZEDDO.ID – Sebagai salah satu jenis kanker yang sering dialami bagi seorang pria, kanker prostat memang membuat banyak pria yang harus mawas diri terhadap kanker yang satu ini. Kanker prostat ini merupakan kanker yang berkembang pada organ prostat yang terletak dekat dengan kandung kemih.

Dengan bertambahnya usia, kandung kemih pada pria akan mengalami berbagai perubahan yang cukup signifikan. Dan perubahan ini akan mengakibatkan organ seksual pria membengkak dan mengalami inflamasi sehingga ditumbuhi kanker. Kanker prostat ini umumnya diketahui saat sudah parah, hal ini dikarenakan memang kanker prostat seringnya tidak memberikan berbagai gejala khusus yang terlihat.

Tetapi yang perlu diketahui ialah kanker prostat dapat dicegah sedini mungkin asalkan dicek kesehatannya secara rutin, apalagi kanker yang satu ini termasuk salah satu jenis silent killer. Jika terus saja diabaikan, maka akan sulit nantinya untuk disembuhkan.

Beberapa Tanda Kanker Prostat

Memang pada umumnya kanker prostat tidak memiliki gejala yang mencurigakan. Tetapi ada beberapa gejala ringan yang perlu diperhatikan karena membuat banyak pria dewasa kecolongan dengan ini. Berikut ini gejala kanker prostat diantaranya :

Seringnya Buang air kecil dengan Tidak Normal
Termasuk juga bangun di malam hari karena tidak tahan menahan nyeri pada kandung kemih. Jika sering merasakan hal ini, sebaiknya segera diperiksa ke dokter.

Sering Merasa Kesulitan Dalam Menahan Buang air kecil
Disaat kandung kemih cukup penuh maka akan merasakan rasa nyeri yang sangat besar hingga pada akhirnya segera ke kamar mandi. Jelasnya ialah jika sering merasakan sensasi “anyang-anyangan” maka ada masalah di dalam tubuh.

Keluar Darah saat Buang air kecil
Yang cukup mengkhawatirkan ialah terkadang darah menjadi samar-samar ketika bercampur dengan urine. Jika ada gumpalan darah atau urine yang berwarna merah terlihat cukup jelas, segera konsultasikan ke dokter.

Sering Merasakan Rasa Sakit saat Buang air kecil
Umumnya orang yang menderita kanker prostat akan merasakan rasa sakit atau nyeri saat buang air kecil, terlebih lagi hal ini juga bisa dirasakan pada pria yang mengalami ejakulasi. Hal ini menyebabkan pria enggan untuk berhubungan seksual karena trauma dengan rasa nyeri.

Kesulitan Dalam Mempertahankan Ereksi
Mungkin pria dapat mendapatkan ereksi, namun dalam beberapa menit akan kembali lemas. Kondisi ini akan menyebabkan kehidupan seksual pria mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Semburan Urine yang Agak Lemah
Jika mengalami semburan urine yang lemah meskipun volume pada kandung kemih sedang penuh, maka penting untuk segera periksakan diri.