penyebab sperma encer

ZEDDO.ID – Terjadinya sperma encer sering kali dikaitkan dengan masalah ketidaksuburan pada pria. Namun hal ini bukan hal yang perlu dikhawatirkan berlebih karena tidak terlalu serius seperti masalah seksual ejakulasi dini, disfungsi ereksi dan sebagainya. Air mani atau semen berfungsi dalam membawa sperma pria keluar dari kelenjar prostat guna membuahi sel telur. Dan memang pada umumnya cairan sperma dikeluarkan pria dengan tekstur yang kental dengan warna putih seperti susu, namun dalam kondisi tertentu teksturnya pun bisa berubah seperti terjadinya sperma encer ini. Tanpa berlama-lama, berikut ini ulasannya.

Penyebab Sperma Encer Pada Pria

Secara umum, penyebab sperma encer itu terjadi karena kadar sperma yang rendah, selain itu faktor gaya hidup dan defisiensi nutrisi juga menjadi faktor terjadinya sperma encer pada pria ini. Yang perlu diketahui ialah bahwa adanya perubahan pada warna sperma atau sperma encer tidak selalu menjadi sebuah alasan untuk risau, akan tetapi jika hal tersebut terjadi lebih dari satu minggu atau disertai gejala lainnya seprti rasa nyeri, bengkak, demam atau darah dalam urine, maka harus segera menghubungi dokter. Nah, berikut ini beberapa penyebab sperma encer pada pria yang perlu diketahui :

Oligospermia
Penyebab sperma encer yang paling umum salah satunya ialah karena kurangnya jumlah sperma pada seseorang (oligospermia). Apabila jumlah sperma tidak mencapai 15 juta sperma per mililiternya, maka bisa dikatakan bahwa hal tersebut di bawah kadar normalnya. Kondisi oligospermia ini bisa dikarenakan beberapa faktor yang diantaranya :

  • Varikokel
    Varikokel merupakan suatu gangguan dimana pembuluh darah vena terjadi pembesaran di dalam skrotum pria. Gangguan ini merupakan penyebab sperma encer yang utama dan penyebab terjadinya ketidaksuburan pria (infertilitas). Tetapi, masalah varikokel ini tentu dapat diobati.
  • Infeksi
    Gangguan sperma encer pada pria juga bisa dikarenakan adanya infeksi yang menyerang, contohnya seperti penyakit menular seksual yang disebabkan infeksi yaitu penyakit gonore, atau infeksi lain yang mengakibatkan terjadinya peradangan pada organ reproduksi pria yaitu penyakit epididimitis.
  • Tumor
    Masalah sperma encer pada pria juga bisa dikarenakan tumor yang menggangguk proses produksi sperma pria. Karena tumor dapat tumbuh di organ mana saja termasuk pada bagian testis pria, baik tumor jinak maupun ganas akan mengganggu proses produksi sperma tersebut.
  • Hormon yang Tidak Seimbang
    Selain gangguan seperti varikokel dan faktor penyebab sperma encer di atas, ketidakseimbangan hormon juga berperan dalam terjadinya sperma encer. Hal ini karena dalam menghasilkan sperma yang sehat, diperlukan hormon yang diproduksi oleh testis, kelenjar hipofisi, serta hipotalamus secara seimbang. Terjadinya perubahan hormon ini bisa membuat produktivitas sperma pria jadi terganggu.

Terlalu sering berejakulasi
Penyebab sperma encer juga bisa dikarenakan frekuensi ejakulasi yang terlalu sering. Jika sering berejakulasi dalam beberapa kali dalam satu harinya, maka kualitas dari air mani itu sendiri usai ejakulasi pertama akan cenderung semakin encer. Sementara tubuh akan memerlukan beberapa waktu lagi untuk menghasilkan air mani yang normal. Jadi meskipun masturbasi atau berhubungan intim dengan pasangan itu dibutuhkan dan bisa mendatangkan manfaat, tetap saja jika dilakukan berlebihan bisa menyebabkan sperma encer.

Terjadinya defisiensi zinc
Penyebab sperma encer lainnya ialah karena kurangnya asupan zinc, berdasarkan penelitian diketahui bahwa pria yang kekurangan zinc lalu konsumsi suplemen zinc sulfate mampu melawan efek antibodi antisperma lebih baik. Antibodi ini diproduksi oleh sistem imun tubuh yang salah mengira bahwa sperma sebagai zat asing di tubuh. Zinc tidak dapat diproduksi oleh tubuh, karena itu pria harus konsumsi makanan yang mengandung zinc seperti pada daging, gandum, kerang, produk olahan susu, dan kacang-kacangan.