makanan kaya antioksidan

ZEDDO.ID – Konsumsi makanan kaya antioksidan itu penting dalam menu sehari-hari, kenapa? Karena memang antioksidan itu penting bagi tubuh kita guna melindungi dan menangkal radikal bebas di sekitar tubuh kita.

Makanan kaya antioksidan

Ada banyak sebetulnya makanan yang kaya akan antioksidan yang bisa kita konsumsi, bahkan mudah kita temukan. Berikut ini beberapa makanan kaya antioksidan diantaranya yang bisa kita konsumsi.

Buah Strawberry
Buah strawberry kaya akan antioksidan dan banyak disukai orang-orang. Makanan kaya antioksidan ini membantu tubuh dalam melawan karsinogen yang menjadi penyebab kanker, buah ini juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh yang erat kaitannya dengan penyakit jantung.

Buah Blueberry
Buah blueberry merupakan salah satu makanan kaya antioksidan terbaik, walaupun dari segi penampilannya kecil tetapi manfaatnya amat besar dari penampilannya. Buah blueberry memiliki kandungan anthocyanidin serta quercetin.

Adapun beberapa vitamin dan mineral lainnya yang membantu menguatkan sistem imunitas tubuh kita yang dapat melindungi dan mencegah tubuh dari serangan radikal bebas dan risiko penyakit jantung serta kanker.

Buah Anggur
Selain buah berry seperti yang disebutkan diatas, buah anggur juga termasuk makanan kaya antioksidan yang disarankan lho. Sebab didalam buah anggur ini mengandung antioksidan seperti fitokimia salah satunya, yang terkenal dalam menurunkan risiko terjadinya kanker dan penyakit jantung.

Buah Jeruk
Makanan kaya antioksidan yang selanjutnya yaitu buah jeruk. Buah yang terkenal karena kandungan vitamin C nya ini memang banyak dikonsumsi di masyarakat. Memakan buah jeruk juga baik untuk menjaga sistem imun tubuh karena kandungan vitamin C nya tersebut.

Buah Plum
Makanan kaya antioksidan yang ketiga yaitu buah plum, adakah disini yang kenal dengan buah yang satu ini? Buah plum ini mengandung antioksidan tinggi lho, apalagi yang berwarna hitam. Buah plum mengandung vitamin C dan antioksidan fenol yang banyak, dan kedua senyawa ini membantu mencegah terjadinya kerusakan DNA dan sel-sel tubuh.

Buah Mangga
Buah mangga juga faktanya memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk imunitas tubuh lho! Buah mangga diketahui mengandung vitamin A, flavonoid, karotenoid seperti beta karoten, dan alfa karoten. Bukan hanya itu saja, buah mangga juga mengandung tinggi polifenol yang penting untuk mengatasi radikal bebas dan memperbaiki kerusakan akibat radikal bebas tersebut.

Jenis sayuran kaya antioksidan

Sayur Bayam
Konsumsi sayur bayam juga baik untuk menjaga sistem imun tubuh. Bayam termasuk makanan kaya antioksidan, termasuk adanya beta karoten yang dapat melindungi tubuh kita dari risiko kanker. Lutein pada sayur bayam juga diketahui mampu melindungi kesehatan mata kita.

Sayur Brokoli
Makanan kaya antioksidan yang ini terkadang dihindari oleh sebagian orang, padahal sayur yang satu ini mengandung vitamin C, beta karoten, karotenoid lutein, dan juga zeaxanthin.

Nah itu dia beberapa makanan kaya antioksidan yang bisa kita konsumsi untuk menjaga sistem imunitas tubuh kita dan melindungi tubuh dari serangan radikal bebas di sekitar tubuh kita.