makanan antioksidan tinggi

ZEDDO.ID – Mengkonsumsi ragam makanan antioksidan tinggi itu cukup penting lho, terutama untuk menjaga sistem imunitas tubuh tetap fit agar dapat menangkal radikal bebas yang ada di sekeliling tubuh kita, salah satunya ialah peterseli. Peterseli merupakan salah satu makanan antioksidan tinggi yang dapat membantu kita dalam mengatasi masalah radikal bebas di sekeliling tubuh yang bisa menimbulkan berbagai macam penyakit. Kandungan antioksidan pada peterseli tidak hanya dari vitamin C saja, kandungan antioksidan utamanya ialah flavonoid dan karotenoid.

Mengenal Peterseli

Peterseli atau juga yang bisa dikenal parsley ini merupakan tanaman yang cukup sering dijadikan bahan makanan dalam makanan sehari-hari. Dilansir dari Healthline, dua sendok makan peterseli bisa memenuhi 12% kebutuhan vitamin A serta 16% kebutuhan vitamin C harian tubuh.

Disamping itu makanan antioksidan tinggi yang satu ini juga mengandung zat besi, kalsium, magnesium, dan kalium yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Manfaat lain Peterseli.

Dengan kandungan tersebut, peterseli sebagai makanan antioksidan tinggi sangat cocok untuk dikonsumsi, setidaknya dimasukkan ke dalam menu makan kita sehari-harinya. Namun selain tinggi antioksidan, peterseli juga memiliki manfaat sehat lainnya lho. Berikut ini diantaranya :

Membantu menjaga kesehatan organ jantung
Selain untuk melindungi tubuh dari radikal bebas, kandungan antioksidan tinggi serta karotenoid yang ada pada peterseli juga bisa membantu kita dalam menjaga kesehatan organ jantung. Hal ini dikarenakan karotenoid mampu menurunkan risiko penyakit jantung dengan mengurangi faktor-faktornya, seperti tekanan darah, kadar kolesterol tinggi, dan peradangan kronis.

Terlebih lagi dengan konsumsi peterseli juga membantu kita untuk memenuhi kebutuhan vitamin B9 sebanyak 11 persen dari total kebutuhan harian tubuh lho. Memiliki kebutuhan vitamin B9 yang cukup ini juga memiliki kaitannya dengan risiko penyakit jantung yang menurun.

Vitamin B9 ini diyakini mampu melindungi organ jantung karena kemungkinan mampu menurunkan kadar asam amino homosistein yang bisa memengaruhi fungsi arteri.

Membantu menurunkan risiko diabetes
Makanan antioksidan tinggi peterseli juga bisa membantu dalam menurunkan risiko penyakit diabetes pada seseorang. Sebab peterseli ini bisa mengurangi kadar gula darah karena mengandung myricetin.

Seperti yang kita ketahui bahwa masalah gula darah yang tinggi bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan yaitu diabetes. Memang efek dari peterseli ini harus diuji lagi efeknya pada manusia tetapi konsumsi peterseli dalam jumlah cukup bisa membantu menjaga kadar gula darah.

Membantu mencegah kanker
Peterseli diketahui berpotensi dalam mencegah terjadinya kanker, sebab makanan antioksidan tinggi yang satu ini mampu menghambat efek serupa pemicu kanker berasal dari amina heterosiklik yang informasinya didapat berdasarkan sebuah studi.

Menu antioksidan tinggi peterseli ini bisa membantu kita dalam menurunkan tingkat stres oksidatif yang bisa memunculkan beberapa jenis kanker seperti kanker usus besar.

Menjaga kesehatan tulang
Tahukah Anda bahwa makanan antioksidan tinggi ini juga bisa membantu kita dalam menjaga kesehatan tulang yang tak kalah dengan susu dan juga ikan. Peterseli memiliki kandungan vitamin K yang tinggi sehingga membantu sekali dalam pembentukan tulang.

Vitamin K juga bisa mengaktifkan protein tertentu yang dapat meningkatkan kepadatan tulang. Tentu kita telah mengetahui bahwa kekurangan konsumsi vitamin K bisa memicu terjadinya risiko osteoporosis, bahkan patah tulang.