Manfaat Masturbasi Pria dan Bahaya Masturbasi Pria

ZEDDO.ID – Aktivitas masturbasi pria bukanlah hal yang tabu untuk dilakukan, masturbasi ini dilakukan untuk mendapatkan kepuasan seksual tanpa mengharuskan pria berhubungan intim dengan pasangan atau lawan jenis secara langsung. Dan pada artikel ini, anda akan memahami mengenai seputar masturbasi pria dan apa saja manfaat masturbasi dan bahaya masturbasi pada pria.

Benarkah Ada Dampak Masturbasi bagi Kesehatan Pria?

Aktivitas seksual masturbasi pria ini dilakukan umumnya dengan beberapa cara yang beragam seperti sentuhan, menggosok, bahkan memberikan pijatan pada organ vital mereka masing-masing. Hal ini berakhir dengan keluarnya air mani pria saat berejakulasi, dan bagi sebagian individu memercayai bahwa manfaat masturbasi ini mampu meredam stres, meningkatkan kualitas tidur, hingga memperbaiki fungsi dari kekebalan tubuh seseorang. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini beberapa manfaat masturbasi pria yang perlu anda pahami :

Bantu menguatkan otot panggul
Dengan bertambahnya usia, kekuatan otot akan kian menurun. Sama halnya seperti seks yang teratur, manfaat masturbasi yang dilakukan juga bisa membantu menguatkan otot dasar panggul pria guna mencegah terjadinya disfungsi ereksi pada pria.

Membantu lebih tahan lama
Manfaat masturbasi pria yang dilakukan juga bisa membantu untuk menunda terjadinya orgasme. Dengan melakukan aktivitas masturbasi sekitar kurang lebih satu jam sebelum melakukan penetrasi akan memberikan kemampuan pada pria untuk mengontrol ejakulasinya dengan lebih baik.

Mengontrol suasana hati
Manfaat masturbasi pria yang lainnya ialah guna mengontrol suasana hati (mood), dengan masturbasi pria akan meningkatkan zat kimia seperti dopamin dan oksitosin di tubuhnya. Hormon dopamin adalah zat kimia pembawa pesan antara sel dan saraf, sementara hormon oksitosin itu bermanfaat dalam tingkah laku manusia, seperti saat orgasme, kedekatan sosial dan sering dianggap sebagai hormon cinta.

Akibat Sering Masturbasi Pria Dewasa yang Sering Tidak Disadari

Sesuatu hal tentu ada dampak baik dan buruknya, seperti halnya dengan hal masturbasi ini, tentu ada juga beberapa dampak masturbasi yang tidak baik akibat sering masturbasi dan harus dipahami oleh para pria, berikut ini diantaranya :

Ejakulasi dini
Dampak akibat sering masturbasi bagi pria ialah bisa menyebabkan ejakulasi dini, maka jika seorang pria yang sering melakukan masturbasi ini hingga beberapa kali sebelum berhubungan intim dengan pasangannya akan cenderung susah untuk mencapai klimaksnya. Dampak buruk akibat sering masturbasi lainnya juga bisa mengakibatkan menurunnya sensitivitas dari sentuhan orang lain, karena sudah terbiasa dengan sentuhan diri sendiri.

Iritasi kulit sampai terjadinya fraktur
Akibat sering masturbasi pria juga bisa cukup berisiko, meski secara umum tergolong aman dari risiko penyakit menular seksual. Namun masih ada risiko lain yang menghampirinya seperti terjadinya iritasi kulit jika masturbasi pria terlalu kasar, atau bahkan bisa terjadi fraktur pada alat vital karena adanya paksaan saat ereksi pria terjadi. Paksaan saat ereksi ini bisa menyebabkan terjadinya pembengkakan pada alat vital pria.

Perasaan menyesal/ bersalah
Selain secara fisik, akibat sering masturbasi bisa memberikan dampak secara psikologis bagi seorang pria. Dampak masturbasi pria tersebut bisa secara psikologis yang mengacu pada nilai norma dan budaya, selain itu juga bersinggungan dengan masalah agama yang membuat seseorang akan merasakan rasa malu atau perasaan menyesal usai melakukan masturbasi ini.

Masturbasi kompulsif
Akibat sering masturbasi yang bisa saja terjadi ialah masturbasi kompulsif atau berlebihan. Pada sebagian pria dewasa yang kerap melakukan masturbasi ini sebanyak enam kali dalam seharinya mungkin saja tetap bisa produktif dalam menjalani aktivitas sehari-harinya, namun sebaliknya juga bagi sebagian pria justru bisa merasa sebaliknya. Jika tidak bisa diimbangi antara hasrat dengan kebutuhan pribadi masing-masing, hal ini akan memberikan dampak negatif bagi diri sendiri, hubungan sosial, hubungan dengan pasangan, dan bahkan keuangan anda sendiri.

Pada akhirnya, sebagai seorang pria tentu kebutuhan seksual memang sangat diperlukan. Tidak bisa dikatakan bahwa kebutuhan seksual bagi seorang pria itu tidak penting, karena merupakan bagian dari kehidupan pria. Namun anda pun harus mampu mengimbangi agar tidak berlebihan, setiap hal yang berlebihan memang tidak baik bukan?