buah beet merah

ZEDDO.ID – Bukan hanya penampilannya yang bagus dan rasanya yang enak, faktanya buah beet merah juga memiliki manfaat sehat yang tidak bisa diabaikan lho, bahkan amat mengagumkan untuk diketahui.

Buah beet merah ini mengandung sederet nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh, apalagi buah beet merah ini juga rendah kalori namun kaya akan vitamin dan mineral.

Manfaat sehat buah beet merah

Beet merah itu kaya akan serat, potasium, vitamin B9, vitamin C. Beet merah juga mengandung nitrat dan pigmen anorganik, yaitu senyawa tumbuhan yang memiliki manfaat sehat. Dilansir dari Healthline, berikut ini beberapa manfaat buah bit merah bagi kesehatan, yaitu :

Mampu melawan inflamasi
Buah beet merah memiliki kandungan pigmen betalain yang memberi warna pada buah, sementara itu pigmen ini juga diketahui memiliki sifat anti-inflamasi. Pada sebuah riset yang dilakukan pada seekor tikus, ekstrak buah beet merah ini mampu menurunkan inflamasi pada ginjal.

Sementara pada riset yang lainnya yang dilakukan pada manusia, diketahui bahwa kapsul betalain yang diproduksi dengan ekstrak buah beet merah ini bisa meredakan rasa sakit akibat masalah osteoarthritis. Meski demikian, masih diperlukan riset lebih lanjut mengenai kemampuan buah beet merah ini dalam melawan inflamasi.

Mampu melawan sel kanker
Penyakit kanker merupakan kondisi fatal akibat tumbuh dan berkembangnya sel kanker didalam tubuh seseorang. Dan salah satu cara untuk mencegah berkembangnya sel kanker tersebut ialah dengan konsumsi buah beet merah ini.

Ini dikarenakan pada buah beet merah terdapat kandungan antioksidan serta manfaat anti-inflamasinya. Ekstrak dari buah beet merah ini juga diketahui mampu menekan laju perkembangan dari sel kanker otak pada hewan.

Pada studi kecil oleh manusia didapatkan bahwa ekstrak dari buah beet merah ini bisa menekan tumbuh kembang sel kanker prostat dan payudara. Meski begitu, tentu masih diperlukan penelitian lebih lanjut lainnya untuk mengetahui keterkaitan keduanya.

Mampu mengendalikan tekanan darah
Berbagai macam masalah kardiovaskular dapat terjadi lantaran masalah pada tekanan darah, seperti tekanan darah tinggi (hipertension). Dan buah beet merah ini diyakini mampu membantu mengendalikan dan menurunkan masalah tekanan darah tersebut.

Buah beet merah juga mengandung nitrat yang nantinya diubah menjadi nitrat oksida, yaitu molekul yang mampu membantu menurunkan tekanan darah di tubuh. Manfaat dari buah beet merah ini bisa dirasakan dengan cara konsumsi secara teratur.

Bagus bagi pengidap diabetes
Yang mengagumkan lagi ialah buah beet merah ini boleh dikonsumsi dan bagus bagi pengidap diabetes lho. karena beet merah ini memiliki kandungan antioksidan asam alpha-lipoic, yang diperkirakan mampu mencegah kerusakan sel, serta membantu memulihkan saraf yang rusak pada pengidap diabetes.

Beberapa riset juga telah membuktikan bahwa manfaat buah beet merah dalam memperbaiki kadar gula darah cukup signifikan pada mereka yang memiliki masalah obesitas, daripada mereka yang berbadan ideal.