manfaat olahraga secara teratur

ZEDDO.ID – Manfaat olahraga secara teratur sudah tidak perlu ditanyakan lagi, sebagai cara untuk hidup sehat kita disarankan untuk aktif bergerak dan berolahraga agar tubuh tetap sehat dan sebagai satu cara untuk menjaga metabolisme tubuh dan membakar lemak di tubuh.

Olahraga sebagai salah satu pola hidup sehat

Terlebih lagi, olahraga juga salah satu pola hidup sehat yang mudah dilakukan. Meski begitu, masih ada saja yang malas untuk berolahraga, bahkan untuk berjalan kaki saja. Yang namanya olahraga bisa bermacam-macam aktivitasnya, dimulai dari yang paling mudah yaitu berjalan kaki, berlari, bersepeda, senam, yoga, berenang, dan sebagainya yang membuat tubuh aktif bergerak.

Olahraga merupakan salah satu cara menjaga kesehatan tubuh tanpa harus mengeluarkan biaya mahal layaknya berobat saat Anda jatuh sakit. Tapi kebanyakan orang juga memiliki pandangan bahwa menyepelekan olahraga dan berobat saat jatuh sakit daripada menjaga tubuh tak jatuh sakit.

Manfaat olahraga secara teratur bagi tubuh

Jika mau sehat, maka berolahragalah. Tidak ada batasan usia untuk olahraga, riset juga menunjukkan bahwa jarang atau tidak aktif bergerak itu cenderung bahaya dibandingkan masalah obesitas. Berikut ini manfaat olahraga secara teratur bagi tubuh Anda.

Cegah penyakit jantung serta stroke
Manfaat olahraga secara teratur ialah mampu mencegah terjadinya penyakit jantung, dan penyakit stroke. Karena berolahraga secara teratur akan meningkatkan kekuatan otot jantung, menurunkan kolesterol jahat, melancarkan sirkulasi darah di tubuh.

Menormalkan tekanan darah pada hipertensi
Manfaat olahraga secara teratur juga baik untuk penderita hipertensi, karena akan menurunkan kadar lemak di tubuh sehingga tekanan darah bisa kembali normal.

Atasi obesitas
Berolahraga akan membuat tubuh aktif bergerak yang artinya bisa mengatasi masalah kegemukan atau obesitas. Manfaat olahraga secara teratur yang bisa diperoleh ialah membakar lemak di tubuh dan meningkatkan massa otot, selain itu metabolisme tubuh juga kian lancar.

Mencegah risiko terkena osteoporosis
Salah satu manfaat olahraga secara teratur ialah dapat mencegah risiko terjadinya osteoporosis. Khususnya olahraga angkat beban yang bisa membantu proses terjadinya pembentukan tulang.

Mengontrol masalah diabetes
Dan manfaat olahraga secara teratur lainnya juga baik untuk seseorang yang memiliki masalah diabetes. Karena olahraga bisa menurunkan kadar lemak di tubuh, jadi bisa membantu dalam mengontrol diabetes tipe 2.

Manfaat dari segi psikologis

Selain untuk manfaat fisik tubuh, manfaat olahraga secara teratur juga memberi manfaat untuk psikologis seseorang. Berikut ini diantaranya.

Mengurangi tingkat stres dan depresi
Sebuah penelitian mengenai manfaat olahraga secara teratur terhadap psikologis seseorang ialah bisa menurunkan tingkat depresi yang dialaminya serta meningkatkan kemampuan dalam mengontrol stres yang dimiliki. Dengan begitu, tubuh juga terlindungi dari gangguan kesehatan lainnya yang berbahaya akibat stres dan depresi tersebut.

Membantu tidur lebih berkualitas
Salah satu manfaat olahraga secara teratur ialah membantu mendapatkan tidur yang lebih berkualitas. Namun jangan berolahraga dalam waktu dekat untuk tidur ya agar tidak terlalu kelelahan yang kadang bisa membuat susah tidur.

Meningkatkan gairah seksual
Bagi pria yang merasa libidonya menurun, olahraga bisa jadi solusi tingkatkan libido pria kembali. Manfaat olahraga secara teratur ialah membuat menjadi lebih semangat, selain itu olahraga juga membuat peredaran darah lancar termasuk pada area alat vital. Dengan begitu risiko terjadinya disfungsi ereksi atau impotensi menurun.

Memperbaiki mood yang sedang tidak bagus
Saat sedang stres atau mood yang kurang bagus, berolahraga bisa menjadi salah satu solusinya. Memperbaiki mood juga merupakan salah satu manfaat olahraga secara teratur, contohnya dengan berjalan cepat atau jogging selama 30 menit agar suasana hati kembali baik.

Karena dengan berolahraga, tubuh akan melepaskan hormon endorphin yang merupakan hormon kebahagiaan. Sehingga pikiran menjadi santai dan lebih rileks, Anda juga bisa melakukan jalan cepat atau jogging ini sambil mendengarkan lagu agar lebih semangat.

Nah, itu dia manfaat olahraga secara teratur bagi tubuh. Ada banyak sekali bukan? Dan tidak ada ruginya untuk melakukan olahraga setiap harinya. Tidak harus lama dan berat, asal konsisten dilakukan akan membuat tubuh terjaga kesehatannya.