manfaat olahraga teratur

ZEDDO.ID – Manfaat olahraga teratur bagi tubuh sangatlah positif, kendati demikian masih ada saja segelintir orang yang merasa malas berolahraga. Padahal olahraga secara rutin merupakan salah satu cara menjaga kesehatan yang paling mudah, tanpa perlu mengeluarkan uang untuk sehat.

Banyak orang malas berolahraga atau sekedar beraktivitas fisik yang sejatinya tidak memerlukan biaya, namun disaat dirinya jatuh sakit mau mengeluarkan uang untuk berobat. Banyak penelitian yang dilakukan terkait manfaat olahraga teratur ini dan benar adanya, bahwa manfaat olahraga teratur bisa dikatakan sebagai sebuah pendorong kesehatan alami yang sudah teruji kebenarannya.

Manfaat olahraga teratur yang bisa Anda rasakan

Jika Anda jarang sekali berolahraga dan merasa malas, sebaiknya ketahui apa saja manfaat olahraga teratur ini untuk merubah pola pikir Anda. Untuk jenis olahraganya pun bebas dan menyesuaikan kondisi fisik Anda, bisa dengan jogging atau lari pagi, senam aerobik, yoga, bersepeda, berenang, dan olahraga lainnya guna membakar kalori dan menggerakkan otot. Berikut ini beberapa manfaat olahraga teratur yang bisa Anda pahami.

Mencegah datangnya penyakit berbahaya
Salah satu manfaat olahraga teratur yang paling disukai ialah dapat mencegah penyakit berbahaya, karena manfaat olahraga teratur bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh (LDL) sementara meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Dengan berolahraga juga membuat peredaran darah lancar, serta meningkatkan produksi hormon endorphin.

Ragam penyakit berbahaya yang bisa dicegah dengan berolahraga ialah penyakit jantung, hipertensi, penyakit stroke, depresi, diabetes tipe 2, serta masalah nyeri sendi.

Meningkatkan energi
Manfaat olahraga teratur yang pasti ialah dapat meningkatkan energi tubuh, sangat efektif bagi Anda yang sering merasa lesu dan tidak bersemangat. Dengan berolahraga, maka peredaran darah akan lancar dan tubuh bisa mendistribusikan oksigen ke setiap jaringan sel tubuh, organ jantung pun menjadi lebih baik lagi.

Menjaga berat badan ideal
Dapat menjaga berat badan tetap ideal merupakan salah satu manfaat olahraga teratur yang dilakukan untuk menghindari terjadinya obesitas atau berat badan berlebih. Seperti yang diketahui bahwa masalah obesitas bisa menyebar ke permasalahan kesehatan yang lainnya. Jika Anda berolahraga, maka akan membakar lemak di tubuh sehingga berat badan yang pas atau ideal bisa didapat.

Menguatkan otot dan tulang Anda
Manfaat olahraga teratur juga bisa memperkuat otot tubuh dan tulang untuk menjaga kesehatannya hingga usia tua. Karena permasalahan tulang dan otot bisa menjadi masalah dikala sudah memasuki usia senja.

Membantu meningkatkan fungsi kognitif
Selain untuk kesehatan fisik dan mencegah penyakit berbahaya, manfaat olahraga teratur lainnya ialah dapat meningkatkan fungsi kognitif dengan membuat peredaran darah ke otak menjadi lancar. Pada beberapa riset juga diketahui bahwa manfaat olahraga teratur bisa menhambat terjadinya perubahan pada otak yang disebabkan oleh skizofrenia atau alzheimer.

Dapat meningkatkan kualitas tidur
Selain dapat menjaga kesehatan fisik seseorang, manfaat olahraga teratur juga untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik dan bisa membuat mudah terlelap. Perlu diingat juga untuk tidak berolahraga tepat sebelum waktunya tidur karena hanya akan membuat susah tidur.

Manfaat lainnya

Tingkatkan kesehatan seksualitas
Manfaat olahraga teratur yang lainnya selain untuk kesehatan fisik semata ialah juga untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan seksual seseorang. Bagi pria, dengan melakukan olahraga teratur bisa mencegah masalah disfungsi ereksi yang umum terjadi pada pria. Dan untuk wanita bisa meningkatkan gairah seksualnya saat di ranjang.

Membantu berhenti merokok
Salah satu manfaat olahraga teratur lainnya ialah dapat membantu Anda yang ingin berhenti merokok. Jadi bagi Anda yang memang sedang berusaha untuk berhenti merokok, maka berolahraga secara rutin bisa menjadi cara yang tepat. Adapun beberapa riset yang mempublikasikan bahwa olahraga juga bisa membuat keinginan merokok menurun bagi seseorang.