Apa Itu Ejakulasi Lemah yang Dialami Para Pria

ZEDDO.ID – Masalah seksual pria jika dikupas memang cukup banyak, disamping masalah disfungsi ereksi dan ejakulasi dini, ada juga masalah lainnya seperti ejakulasi lemah. Nah, mungkin ada sebagian dari Anda yang mungkin belum paham apa itu ejakulasi lemah? Untuk itu silahkan disimak artikel ini agar paham tentang apa itu ejakulasi lemah yang dialami oleh para pria.

Apa Itu Ejakulasi Lemah Pada Pria Dewasa?

Pada saat pria melakukan hubungan intim dengan pasangannya, tentu akan ada momen dimana si pria tersebut mengalami orgasme dan akan diikuti oleh ejakulasi yang terjadi selang beberapa detik setelah orgasme tersebut tercapai. Dan pada umumnya pria yang berejakulasi akan mengeluarkan air mani dengan tekanan yang cukup kuat.

Hal ini memang didesain karena tekanan atau dorongan yang kuat ini berfungsi untuk membantu sel sperma nanti untuk mencapai rahim dan menghasilkan proses pembuahan pada rahim wanita. Namun lain halnya jika pria mengalami ejakulasi lemah ini. Jadi apa itu ejakulasi lemah? Yaitu suatu kondisi dimana pria tidak bisa atau tidak mampu untuk memberikan tekanan yang cukup kuat saat mengeluarkan cairan mani yang dihasilkan.

Jika hal ini terjadi, maka proses pembuahan akan sulit karena tanpanya bantuan dorongan yang kuat tersebut, sel sperma pria akan kesulitan untuk mencapai tuba falopi. Akibatnya mendapatkan keturunan akan sulit, meskipun ejakulasi lemah ini tidak mengganggu aktivitas hubungan intim sama sekali.

Baca Juga : Sederet Manfaat Sehat Jamu Sido Muncul Untuk Pria

Untuk proses ejakulasi sendiri itu umumnya terbagi dalam dua proses, yang pertama yaitu tubuh akan mempersiapkan cairan mani yang didalamnya terdapat sel sperma pada bagian pangkal alat vital pria (penis). Dan yang kedua yaitu pada saat pria merasakan orgasme, maka cairan tersebut akan ditekan atau didorong keluar dengan kekuatan dorong yang cukup kuat agar bisa keluar dengan kecepatan yang cukup. Nah, hal ini tidak dialami bagi pria yang mengalami kondisi yang disebut apa itu ejakulasi lemah. Kekuatan dorongnya cukup lemah sehingga cairan mani yang keluar pun tidak terlempar cukup jauh.

Penyebab Ejakulasi Lemah Pada Pria Dewasa

Seperti yang dijelaskan sebelumnya mengenai apa itu ejakulasi lemah, bahwa ini merupakan kondisi lemahnya tekanan pada saat pria berejakulasi atau ketidakmampuan pria dalam mendorong cairan mani keluar dengan kuat. Diketahui masalah ejakulasi lemah ini banyak dialami bagi pria yang sudah memasuki usia lanjut. Berikut ini beberapa faktor penyebab gangguan ejakulasi lemah tersebut :

Bagian otot pelvis yang melemah
Otot pelvis ini merupakan otot yang letaknya di sekitar organ reproduksi pria dan kemampuannya akan menurun seiring berjalannya waktu. Otot pelvis yang menurun kerap kali dialami pada pria yang sudah berusia lanjut sehingga masalah seperti apa itu ejakulasi lemah dan gangguan ereksi juga bisa seringkali terjadi.

Hormon testosteron yang menurun
Menurunnya kadar hormon testosteron juga bisa menggangu masalah ejakulasi, salah satunya seperti yang disebut apa itu ejakulasi lemah ini. Karena didalam hormont testosteron teradapat kadar androgen yang diperlukan pria guna menjaga kemampuan seksualnya. Kadar androgen ini memang dapat menurun seiring berjalannya waktu dan ini terjadi secara alami atau karena adanya gangguan fisik lainnya.

Gangguan ejakulasi retrograde
Penyebab ejakulasi lemah lainnya ialah gangguan ejakulasi retrograde atau yang bisa dikatakan juga sebagai ejakulasi terbalik, dimana air mani bukannya keluar dari tubuh melalui alat vital pria malah cenderung kembali ke kandung kemih pria usai mengalami orgasme.

Akibat dari ejakulasi retrograde ini pria jadi tidak mengeluarkan apa-apa usai mengalami orgasme, meskipun keluar mungkin hanya dalam skala kecil saja. Seseorang yang mengalami gangguan ini umumnya juga mengalami gangguan lainnya seperti masalah pada prostat, kanker pada alat vital atau adanya gangguan saraf yang memicu terjadinya penyakit autoimun.

Itu dia sedikit penjelasan mengenai apa itu ejakulasi lemah yang dialami pria dan apa penyebab ejakulasi lemah itu sendiri, semoga semakin menambah wawasan anda tentang kesehatan pria ya.