ZEDDO.ID – Selain kasus seksual seperti disfungsi ereksi dan ejakulasi dini, ada juga kasus seksual pria lainnya yang menggangu hubungan intim dengan pasangan, yakni ejakulasi retrograde atau sebutan lainnya ialah ejakulasi kering. Jika yang kita ketahui pada umumnya cairan sperma keluar saat seorang pria berejakulasi, maka pada pria yang mengalami ejakulasi retrograde tidak demikian. Akan tetapi cairan sperma tersebut akan kembali masuk ke bagian kandung kemih.

Dalam keadaan normal, pria yang berejakulasi akan mengeluarkan cairan sperma yang umumnya diketahui dengan sebutan ‘ejakulasi’ yang keluar melalui saluran uretra. Seperti dikutip dari Medical News Today, ini terjadi karena bantuan dari otot kecil yang bernama sfingter atau serabut otot kandung kemih yang akan menutup lubang menuju kandung kemih dan mencegah cairan sperma masuk ke kandung kemih pria. Jika sfingter kandung kemih ini tidak berjalan dengan sebagaimana harusnya, hal ini akan menyebabkan lubang menuju kandung kemih tidak akan tertutup sepenuhnya yang pada akhirnya akan membuat cairan sperma tersebut tidak keluar menuju saluran uretra melainkan kembali ke kandung kemih.

Apa itu Ejakulasi Retrograde

Ejakulasi retrograde merupakan salah satu gangguan seksual pria, yaitu kondisi dimana cairan sperma tidak keluar melainkan kembali ke kandung kemih yang kadang disebut juga sebagai orgasme kering. Pada beberapa kasus lainnya masalah ejakulasi retrograde ini juga mengakibatkan infertilitas pria yang artinya kesuburan pria akan mengalami penurunan. Karena saat mengalami ejakulasi retrograde maka akan sedikit cairan sperma yang keluar atau bahkan tidak sama sekali, ini artinya kecenderungan sperma akan memupuk sel telur pada wanita akan menurun. Walau begitu, masalah ejakulasi retrograde ini bertanggung jawab hanya sekitar 2 persen dari kasus ketidaksuburan.

Meskipun gangguan seksual ini bukanlah hal yang berbahaya dan tidak menyebabkan rasa sakit, akan tetapi pria dengan gangguan seksual ini akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan keturunan dan membuat pasangannya hamil.

Penyebab Ejakulasi Retrograde

Masalah ejakulasi retrograde atau orgasme kering ini ada beberapa faktor yang diantaranya ialah :

Diabetes, masalah gula darah pada pasien diabetes yang tidak dijaga dengan baik dapat mengakibatkan rusaknya sistem saraf dan organ, tidak terkecuali juga dengan otot kandung kemih pada pria.

Rusaknya sistem saraf, berbagai macam penyakit maupun cedera yang dapat mengakibatkan rusaknya sistem saraf, contohnya seperti cedera tulang belakang.

Obat-obatan, terdapat beberapa jenis obat yang dapat mengganggu proses ejakulasi pria. Obat obatan ini termasuk juga seperti obat pembesaran prostat, juga obat anti depresan.