ZEDDO.ID – Buah leunca atau nama lainnya yang dikenal sebagai ranti merupakan salah satu tumbuhan atau buah yang umumnya dikonsumsi sebagai lalapan. Terkadang leunca ini juga sering digunakan sebagai bahan masakan dan pelengkap dalam menu makanan sehari-hari. Tanaman ini berbentuk bulat kecil berwarna hijau sedangkan yang tua berwarna gelap dan memiliki khasiat yang sangat baik bagi pria. Kira-kira apa sajakah manfaat si buah leunca atau ranti ini ? Simak ulasannya.

Buah leuca atau ranti ini merupakan buah yang berasal dari Eurasia dan mulai diperkenalkan ke Afrika Selatan yang lalu juga ditemukan di Amerika, Indonesia, Australia, Malaysia. Di jawa buah ini memiliki sebutan ranti, sedangkan di ternate buah ini dikenal dengan sebutan bobose. Untuk khasiatnya sendiri bagi kesehatan sangatlah beragam, berikut ini beberapa manfaat buah leunca diantaranya :

Mengatasi Demam
Buah leunca diketahui memiliki kandungan fosfor, vitamin A, B, dan C, serta adanya zat besi dan kalsium dan zat gizi lainnya. Hal inilah yang membuat banyak orang meyakini bahwa buah leunca ini mampu digunakan sebagai obat, termasuk dalam mengatasi masalah demam. Dengan mengonsumsi buah leunca, terlebih lagi pada daunnya diyakini dapat menyembuhkan demam dan nyeri yang diakibatkan oleh demam.

Membuat Tidur Berkualitas
Bagi yang sering mengalami insomnia atau susah tidur, konsumsi buah leunca ini bisa menjadi salah satu solusi alternatifnya untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Karena buah leunca diketahui memiliki manfaat dalam menenangkan tubuh yang kelelahan untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Disampin itu, buah leunca ini juga diyakini baik dikonsumsi bagi yang memiliki diabetes atau tuberkulosis.

Meningkatkan Nafsu Makan
Selain untuk demam dan flu, buah leunca ini juga banyak digunakan untuk meningkatkan nafsu makan.

Membantu Mencegah Penyakit Kuning
Buah leunca diketahui dapat memperkuat otot hati, sehingga bisa membantu dalam mencegah risiko terkena penyakit kuning. Selain untuk mencegah, buah leunca ini juga baik dikonsumsi bagi yang mengalami penyakit kuning untuk mempercepat penyembuhan.

Mengatasi Masalah Sariawan dan Meredakan Sakit Tenggorokan
Buah leunca atau yang dikenal ranti ini dapat mengobati sariawan dengan cara dikonsumsi rutin. Selain itu, buah leunca ini juga bisa mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan.

Manfaat Buah Leunca Untuk Pria

Selain untuk kesehatan, buah leunca juga bermanfaat untuk seksualitas pria, yaitu sebagai kontrasepsi alami bagi pria. Selain itu buah leunca atau ranti ini juga bisa meningkatkan produksi sperma dan meningkatkan kesuburan (fertiltas) bagi pria. Untuk penggunaannya bisa dikonsumsi secara rutin baik dibuat suplemen atau di jus, dan yang pasti jangan lupa untuk konsultasikan ke dokter terlebih dahulu, apalagi jika anda memiliki riwayat kondisi medis tertentu.