nyeri di selangkangan

ZEDDO.ID – Munculnya rasa sakit atau nyeri di selangkangan memang terasa menyakitkan, akibat dari rasa nyeri ini pun membuat aktivitas jadi terhambat lantaran rasa nyerinya yang menyiksa dan memengaruhi kemampuan seseorang dalam berjalan.

Perlu diketahui bahwa nyeri di selangkangan ini dikarenakan adanya tekanan yang cukup kuat, sehingga otot-otot yang ada pada selangkangan dan sekitarnya jadi tegang, bahkan bisa robek.

Rasa nyeri di selangkangan ini bisa dirasakan pada saat otot-otot menegang, bahkan bisa saja Anda merasakan sensasi meletus ditambah rasa sakit yang bisa berlangsung hingga berhari-hari, atau bahkan hingga berminggu-minggu lamanya.

Otot yang menegang bisa terjadi karena gerakan-gerakan tertentu, seperti melompat, menendang, atau memutar kaki secara mendadak yang membuat otot di area selangkangan dan sekitarnya.Nyeri di selangkangan ini lebih umum dialami oleh para atlit olahraga, seperti pesepak bola, pemain basket, ataupun atletik.

Tanda dan gejala nyeri di selangkangan

Gejala umum nyeri di selangkangan ini diantaranya ialah sebagai berikut ini:

  • Adanya rasa nyeri dan sakit di daerah sekitar selangkangan atau pada paha.
  • Terasa sakit pada saat membuka ataupun menutup kaki.
  • Selangkangan yang terasa sakit atau nyeri pada saat mau berjalan ataupun berlari.
  • Adanya memar di paha atau selangkangan Anda, bisa juga terasa kaku.

Intensitas rasa nyeri di selangkangan dan area paha ini bisa beragam, mulai dari nyeri tumpul hingga nyeri tajam yang menyiksa. Rasa nyeri atau sakit ini juga bisa semakin parah pada saat Anda mencoba berjalan atau sekedar menggerakan kaki saja.

Apa penyebab nyeri di selangkangan itu?

Salah satu penyebab sakit pada selangkangan ialah karena otot pada pangkal paha yang terlalu tegang, bahkan karena terjadi otot yang robek. Rasa sakit ini umumnya disebabkan karena aktivitas fisik yang melibatkan pergerakan kaki yang cepat, misalkan berlari, menendang, melompat, dan lain sebagainya.

Disamping itu, ada juga penyebab nyeri di selangkangan lainnya seperti:

  • Menumpu beban yang cukup berat menggunakan otot bagian dalam paha dalam waktu yang cukup lama.
  • Terjatuh atau terbentur benda keras pada area paha atau selangkangan, serta
  • Mengangkat beban berat.

Lalu perlukah saya menghubungi dokter?

Anda juga bisa mendatangi dokter apabila terjadinya pembengkakan, rasa sakit atau nyeri di selangkangan maupun paha. Konsultasikanlah dengan dokter untuk mendapatkan penanganan dan solusi yang lebih lanjutnya. Jadi kira-kira itulah beberapa hal yang bisa kita ketahui mengenai masalah nyeri di selangkangan yang mengganggu aktivitas.