kelainan pada pembuluh darah

ZEDDO.ID – Gangguan kelainan bisa terjadi dimana saja, seperti pada pembuluh darah. Terdapat beberapa kelainan pada pembuluh darah yang bisa dialami oleh seseorang, salah satunya seperti apa yang disebut aterosklerosis ini. Masalah aterosklerosis ini dikatakan cukup serius, tergantung pada pembuluh darah manakah yang mengalami gangguan ini. Jika terjadi pada pembuluh darah jantung maka bisa terjadi penyakit jantung koroner, atau jika pada pembuluh darah otak bisa memicu terjadinya penyakit stroke.

Mengenal Kelainan Pada Pembuluh Darah Aterosklerosis

Jadi penyakit aterosklerosis adalah sebuah kelainan pada pembuluh darah dimana terjadinya penebalan dan pengerasan pada pembuluh arteri yang dipicu oleh tumpukan lemak dan plak yang menempel di dinding pembuluh darah. Sebagaimana diketahui bahwa pembuluh darah arteri ini mengalirkan darah beserta oksigen dan nutrisi untuk seluruh sel dan organ tubuh.

Plak-plak tersebut nantinya akan terus menebal akibat lemak, kolesterol jahat, yang pada akhirnya akan membuat rongga pembuluh darah jadi semakin sempit dan menyumbat aliran darah pada arteri. Jika penyumbatan ini terjadi pada pembuluh darah jantung bisa memicu serangan jantung mendadak.

Penyebab Aterosklerosis

Kelainan pada pembuluh darah yaitu aterosklerosis ini memang belum diketahui secara pasti apa penyebabnya, namun aterosklerosis ini bisa terjadi ketika adanya gangguan pada lapisan pembuluh darah arteri, yang disebabkan oleh kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi (hipertensi), masalah diabetes, obesitas, maupun akibat kebiasaan merokok.

Pada saat lapisan dalam pembuluh darah arteri mengalami kerusakan, akan mudah bagi lemak dan zat lainnya untuk menempel pada dinding pembuluh darah dan menggumpal. Seiring berjalannya waktu, gumpalan plak ini akan terus berkembang hingga menebal, mengeras, hingga menjadi kaku dan sempit.

Terjadinya kelainan pada pembuluh darah seperti inilah yang membuat darah sulit untuk lewat dan mendistribusikan oksigen beserta nutrisi yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh dan organ vital lainnya yang dapat menurunkan sistem fungsi organ tersebut tergantung pada seberapa parah sumbatan tersebut terjadi.

Proses gangguan kelainan pada pembuluh darah yang satu ini hingga menimbulkan gejala itu terjadi dengan sangat lambat, bahkan bisa terjadi sampai puluhan tahun untuk dialami. Tapi ada juga beberapa kondisi yang bisa membuat seseorang lebih cepat atau lebih berisiko untuk mengalami kelainan pada pembuluh darah aterosklerosis ini, yaitu :

  • Seseorang yang berusia diatas 40 sampai 50 tahunan.
  • Seseorang yang malas beraktivitas atau malas untuk berolahraga.
  • Seseorang yang memiliki pola makan yang tidak sehat, seperti banyak konsumsi junk food.
  • Seseorang yang sering mengalami stres atau depresi.
  • Seseorang yang memiliki anggota keluarga yang mengalami aterosklerosis.

Cara mencegah penyakit aterosklerosis

Untuk mencegah kelainan pada pembuluh darah aterosklerosis ini, kuncinya ialah pola hidup sehat sebagaimana menjaga kesehatan tubuh dari aktivitas yang tidak baik bagi tubuh, diantaranya ialah :

  • Menjaga pola makan yang bergizi seimbang dan sehat, hindari makanan yang tinggi kolesterol.
  • Hindari kebiasaan merokok dan minum minuman yang beralkohol.
  • Melakukan aktivitas olahraga selama 30 menit pada setiap harinya.
  • Menjaga berat badan yang ideal, hindari obesitas.
  • Kontrol emosi agar tidak mengalami stres berlebih apalagi sampai terjadi depresi yang tidak baik bagi tubuh, perbanyak meditasi untuk atasi hal ini.
  • Dapatkan waktu istirahat yang cukup, sekitar 7-8 jam setiap harinya bagi orang dewasa.

Itu dia pembahasan tentang kelainan pada pembuluh darah arteri yang dikenal sebagai aterosklerosis.