penyakit sistem endokrin

ZEDDO.ID – Penyakit sistem endokrin merupakan sejenis penyakit yang berhubungan dengan kelenjar endokrin di tubuh. Dan sistem endokrin itu merupakan jaringan kelenjar yang dapat menghasilkan hormon, dan sebagai tanda atau sinyal kimia yang dikeluarkan melalui peredaran darah tubuh.

Hormon sendiri berfungsi dalam berbagai macam hal proses di tubuh, mulai dari mengatur pernafasan, nafsu makan, pertumbuhan, keseimbangan cairan, mengendalikan berat badan tubuh, serta feminisasi juga virilisasi.

Gejala sistem endokrin

Mengenai gejala gangguan sistem endokrin ini bervariasi, mulai dari yang ringan atau tanpa gejala hingga yang serius yang bisa mempengaruhi tubuh. Penyakit sistem endokrin juga bergantung pada bagian mana yang terpengaruh. Beberapa gangguan sistem endokrin digolongkan menjadi :

Akromegali
Akromegali merupakan salah satu jenis gangguan sistem endokrin dimana kelenjar pituitari yang menghasilkan hormon pertumbuhan memproduksi secara berlebihan. Akibatnya terjadinya pertumbuhan yang berlebih, khususnya pada bagian tangan dan juga kaki.

Diabetes
Penyakit gangguan sistem endokrin yang umum ialah terjadinya diabetes mellitus. Gangguan endokrin ini terjadi lantaran pankreas tidak mampu memproduksi insulin yang cukup bagi tubuh, atau tubuh yang tidak mampu menggunakan insulin secara optimal.

Hashimoto’s thyroiditis
Ini merupakan kondisi dimana tiroid malah diserang oleh sistem imun tubuh, yang membuat hipotiroidisme serta produktivitas hormon tiroid jadi menurun.

Hipertiroidisme
Penyakit gangguan sistem endokrin yang satu ini merupakan kondisi dimana kelenjar tiroid menjadi overaktif dan menghasilkan banyak hormon tiroid.

Hipotiroidisme
Kebalikan dari hipertiroidisme, hipotiroidisme ini merupakan kondisi dimana kelenjar tiroid menjadi underaktif dan menghasilkan lebih sedikit hormon tiroid.

Penyakit Addison
Gangguan endokrin ini ialah kondisi yang ditandai dengan terjadinya penurunan produksi hormon kortisol serta aldosteron, ini dikarenakan terjadinya kerusakan pada kelenjar adrenal.

Penyakit Graves
Penyakit graves ini merupakan salah satu penyakit sistem endokrin yang termasuk ke dalam jenis hipertiroidisme, yang dapat mengganggu produktivitas hormon tiroid.

Prolaktinoma
Gangguan sistem endokrin ini timbul lantaran kelenjar pituitari yang disfungsional memproduksi hormon prolactin dalam jumlah berlebihan yang digunakan dalam memproduksi asi.

Sindrom Cushing
Sindrom cushing merupakan gangguan sistem endokrin yang dipicu oleh hormon kortisol yang berlebihan. Kelebihan hormon kortisol ini dikarenakan oleh kelenjar adrenal.

Nah itu dia beberapa penyakit sistem endokrin yang timbul lantaran adanya gangguan pada sistem endokrin di bagian tubuh tersebut.