penyakit orchitis adalah penyakit radang atau infeksi pada testis pria

ZEDDO.ID – Masalah kesehatan bisa terjadi diberbagai organ atau bagian tubuh, termasuk pada bagian organ reproduksi pria, yaitu organ testis. Salah satu gangguan kesehatan yang bisa terjadi pada organ testis ini ialah salah satunya orchitis ini. Apa itu penyakit orchitis, dan apa penyebab orchitis? Mari kita bahas di artikel ini.

Apa itu Penyakit Orchitis?

Bagi sebagian orang awam, mungkin akan bingung kira-kira apa sih penyakit orchitis itu? Jadi orchitis adalah penyakit dimana organ testis mengalami peradangan atau inflamasi. Hal ini bisa terjadi karena disebabkan oleh infeksi virus maupun bakteri yang menyebabkan terjadinya inflamasi tersebut. Selain itu penyakit orchitis juga bisa dikarenakan adanya peradangan pada saluran sperma (epididimitis) yang bisa memicu terjadinya penyakit orchitis pada pria.

Penyakit orchitis ini tentu perlu segera ditangani karena jika dibiarkan begitu saja malah akan menimbulkan sejumlah komplikasi lainnya, seperti terjadinya kerusakan pada organ testis hingga menyebabkan infertilitas atau kemandulan bagi seorang pria. Tentu hal ini akan menyulitkan pria yang ingin memiliki keturunan. Sebagai catatan, bahwa penyakit orchitis adalah penyakit yang bisa terjadi di salah satu maupun kedua organ testis pria.

Gejala Penyakit Orchitis

Ciri khas dari gejala penyakit orchitis ialah munculnya rasa nyeri pada organ testis. Namun selain daripada itu ada juga gejala penyakit orchitis yang lainnya yang perlu diketahui. Berikut ini diantara ciri-ciri penyakit orchitis yang sebaiknya anda pahami :

  • Timbulnya rasa nyeri pada organ testis.
  • Terjadinya pembengkakan pada organ testis.
  • Terasa nyeri pada saat tengah buang air kecil.
  • Terasa nyeri pada saat tengah berejakulasi.
  • Mengalami demam, ataupun mual, dan juga muntah
  • Adanya darah yang keluar bersamaan dengan cairan mani saat berejakulasi.
  • Terjadinya pembengkakan pada kelenjar getah bening di selangkangan.

Ragam Penyebab Orchitis

Diketahui bahwa penyakit orchitis itu merupakan masalah peradangan pada organ testis yang terjadi di salah satu ataupun kedua organ testis pria. Lalu apa yang menjadi penyebab orchitis tersebut? Jadi memang penyebab orchitis adalah utamanya dikarenakan infeksi yang menyerang, baik oleh bakteri maupun virus. Berikut ini beberapa penyebab orchitis yang bisa anda pahami :

Penyebab orchitis oleh infeksi bakteri
Untuk penyebab orchitis yang disebabkan infeksi bakteri ini terdapat 3 jenis bakteri yang menjadi penyebab masalahnya. Bakteri-bakteri ini juga merupakan penyebab penyakit kelamin lainnya, yaitu penyakit menular seksual (PMS), infeksi saluran kemih (ISK), serta epididimitis. Bakteri tersebut ialah Neisseria gonorrhoeae, Staphylococcus sp., Streptococcus sp., dan bakteri E. Coli.

Penyebab orchitis oleh infeksi virus
Penyebab orchitis yang disebabkan oleh infeksi virus atau lebih tepatnya paramyxoviruses ini tidak lain ialah virus yang menyebabkan penyakit gondongan. Virus yang menyebabkan gondongan ini bisa menyebar ke area testis sampai mengakibatkan terjadinya peradangan pada testis yang dikenal dengan orchitis ini.

Baca Juga : Ini Nih Penyebab Timbulnya Bisul Pada Permukaan Penis Pria

Penyakit orchitis yang dikarenakan virus gondongan ini pada umumnya terjadi dan menyerang ke anak-anak dengan rentang usia dibawah 10 tahun, dan untuk gejala orchitis bisa muncul sekitar 4-6 hari pasca gondongan terjadi.