Penyakit Varikokel dan Penyebab Varikokel

ZEDDO.ID – Terdapat banyak gangguan kesehatan pada pria, termasuk pada area organ intim pria yang cukup serius. Tidak hanya wanita yang memiliki keluhan pada area keintimannya, namun begitu juga pria, salah satunya seperti penyakit varikokel ini. Mungkin belum semua orang mengenal secara gamblang atau jelas mengenai penyakit varikokel ini, dan hanya sekedar tahu nama penyakitnya saja tanpa tahu bagaimana ciri-ciri dan kondisi yang dialami. Nah, pada artikel ini kita akan membahas mengenai penyakit varikokel ini dan apa sih penyebab varikokel tersebut.

Apa Itu Penyakit Varikokel?

Varikokel adalah gangguan pada organ vital pria dimana terjadinya pelebaran pembuluh darah vena pada testis atau skrotum (buah zakar). Umumnya penyakit varikokel adalah terjadinya gangguan pada pembuluh darah yang menyebabkan timbulnya rasa nyeri yang menyakitkan di area testis atau skrotum pria. Dan penyakit varikokel ini juga memiliki beberapa tingkatan, yaitu ada tingkatan sedang dan parah.

Sebagian pria yang mengalami varikokel bisa memiliki anak, namun ada juga yang kesulitan mendapatkan anak. Terlebih lagi jika pria tersebut sudah lelah sedikit, maka akan memicu kambuhnya penyakit varikokel yang dialami dan testis akan terasa sakit, bahkan bisa sampai membuat pria pingsan juga akibat rasa sakit yang tidak bisa ditahan hingga pingsan.

Gejala Penyakit Varikokel Pada Pria

Gejala penyakit varikokel yang dialami oleh pria bisa muncul dengan beberapa macam gejala, namun berikut ini beberapa gejala umum penyakit varikokel yang biasa terjadi pada para penderita penyakit varikokel adalah sebagai berikut :

Adanya kumpulan urat pada testis atau buah zakar
Ciri-ciri gejala penyakit varikokel yang bisa diketahui dengan mudah ialah terasa seperti adanya kumpulan urat pada testis atau buah zakar, baik pada bagian atas maupun bawah testis pria. Pada saat disentuh, akan terasa seperti memegang kantung dengan sekumpulan cacing (urat-urat tersebut).

Untuk mengecek apakah anda mengalami penyakit varikokel ini, coba peragakan seperti membuang udara melalui mulut anda tetapi jangan keluarkan udara sedikitpun, juga hidung anda seperti gerakan saat meniup sebuah balon (manuver valsava) dan coba raba organ testis atau buah zakar anda tersebut dengan tangan. Jika terasa seperti ada kumpulan urat seperti cacing maka bisa jadi anda memang mengalami penyakit varikokel.

Baca Juga : Kenali Penyebab dan Ciri Ciri Mandul Pada Pria Dewasa

Terasa ngilu pada testis atau buah zakar
Selain terasa seperti adanya urat yang berkumpul pada organ testis, gejala penyakit varikokel lainnya juga yang bisa dirasakan ialah rasa ngilu pada organ testis itu sendiri, dan dengan rentang waktu yang tidak bisa ditentukan lama tidaknya. Perlu diketahui juga bahwa penyakit varikokel adalah penyakit atau gangguan seksual pria yang bisa menyebabkan ketidaksuburan (infertilitas) pada pria, sehingga jika seseorang mengalami penyakit varikokel ini bisa dikatakan bahwa kesuburannya akan terganggu atau menurun.

Penyebab Varikokel yang Dialami Pria

Hingga kini penyebab varikokel yang dialami oleh para pria masih belum bisa dijelaskan secara pasti, akan tetapi banyak para ahli memercayai bahwa penyebab varikokel itu terbentuk pada saat katup di dalam pembuluh darah pada tali pusat mencegah darah mengalir dengan semestinya. Cadangan yang dihasilkan akan memicu pembuluh darah vena pada organ testis (skrotum) jadi melebar, dan kondisi ini bisa memicu kerusakan pada organ testis itu sendiri. Parahnya ialah hal ini bisa mengakibatkan kesuburan pria yang memburuk (terjadinya infertilitas).

Penyakit varikokel adalah penyakit yang biasa terjadi pada bagian sisi kiri organ testis pria, hal ini kemungkinan besar dikarenakan posisi pembuluh darah vena yang berada di sebelah kiri, dan penyakit varikokel ini seringkali terbentuk pada saat selama masa pubertas pria. Ini dia beberapa penyebab varikokel yang perlu diwaspadai oleh para pria :

  • Gelombang elektromagnet (bagi pekerja di tower GSM, atau yang berhubungan dengan tegangan tinggi, dan reaksi nuklir).
  • Sering menggunakan motor jenis sport (sebab posisi organ testis yang dekat dengan tangki bensin motor).
  • Sering menggunakan celana dalam yang ketat.
  • Suhu pada organ vital yang terlalu panas.
  • Organ testis yang sering berkeringat.
  • Faktor genetik atau keturunan.
  • Stres yang berlebihan.

Ciri ciri Varikokel Pada Pria

Penyakit varikokel memicu rasa sakit yang tak tertahankan dan bahkan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Pada beberapa kondisi, penyakit varikokel ini bahkan mampu mengakibatkan fungsi seksual dan fungsi reproduksi yang terganggu. Maka dari itulah penyakit varikokel ini harus segera diatasi. Berikut ini beberapa ciri ciri varikokel yang bisa dikenali :

Adanya benjolan pada skrotum
Ciri ciri varikokel yang mudah dikenali ialah terasa adanya benjolan pada skrotum, benjolan ini terbilang cukup besar yang muncul dari pembuluh darah yang membengkak. Beberapa benjolan ini terkadang tidaklah sakit secara berlanjut walau bisa merasa nyeri sesekali. Jika merasa khawatir, cobalah untuk melakukan cek secara mandiri apakah ada benjolan aneh di sekitar organ testis, bila ada maka segera ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Salah satu organ testis membesar
Terjadinya pembesaran pada salah satu organ testis juga merupakan satu diantara ciri ciri varikokel. Memang pada dasarnya ukuran testis satu sama lainnya berbeda antara yang kanan dan yang kiri, tetapi perbedaan ukurannya tidaklah signifikan. Sementara pada pria yang mengalami penyakit varikokel akan merasakan organ testisnya besar sebelah dan perbandingannya cukup besar, bahkan terasa sakit.

Terasa nyeri pada skrotum
Pada umumnya bagian skrotum akan terasa sakit atau nyeri jika tak ada penyangga bagian bawahnya. Contohnya saat seseorang pria menggunakan celana dalam berjenis jock strap maka kemungkinan terjadinya rasa nyeri ini akan semakin tinggi. Rasa sakit yang terjadi ini dikarenakan organ intim pria (penis) terasa tidak nyaman akibat pembuluh darahnya yang membesar terkena beban dari organ testis.

Terasa nyeri bila berdiri atau berjalan
Rasa nyeri pada skrotum ini juga akan meningkat apabila pria tengah berdiri atau berjalan kaki. Rasa nyerinya mungkin akan terasa seperti muncul dan hilang seketika selama berjalan, akan tetapi rasa nyeri yang timbul ini akan terus muncul dan berlanjut, menyebabkan rasa tidak nyaman yang mengganggu.

Itu dia beberapa hal tentang penyakit varikokel pada pria yang harus diketahui, selalu jaga kesehatan organ vital pria anda karena sangat penting dan akan berbahaya jika sampai fungsinya terganggu.