resiko jantung bengkak

ZEDDO.ID – Salah satu kondisi yang menggangu organ jantung ialah masalah jantung bengkak atau yang bisa disebut kardiomegali. Resiko jantung bengkak tidak termasuk dalam sebuah penyakit seperti penyakit jantung yang ada pada umumnya, namun merupakan sebuah tanda awal dari kondisi atau penyakit tertentu.

Resiko jantung bengkak ini pada umumnya timbul tergantung pada apa penyebabnya dan untuk sebagian orang resiko jantung bengkak ini tidak menampakkan gejala apapun. Sementara pada sebagian orang yang lainnya, gejalanya dapat timbul dan membuat rasa tak nyaman.

Gejala resiko jantung bengkak yang umum dirasakan

Cukup penting untuk kita semua mengetahui gejala dari resiko jantung bengkak ini. Sebab resiko jantung bengkak yang dialami akan jauh lebih mudah untuk ditangani jika sudah diantisipasi sejak dini. Berikut ini beberapa tanda dan gejala dari resiko jantung bengkak ini yang dialami oleh sebagian penderita jantung bengkak.

  • Mengalami gangguan irama jantung atau aritmia.
  • Mengalami nyeri dada, dan kelelahan.
  • Mengalami sesak nafas saat beraktivitas dan berbaring datar.
  • Mengalami jantung yang berdebar atau palpitasi.

Untuk tingkat keparahan dari resiko jantung bengkak ini sendiri pada setiap orang dapat berbeda-beda intensitasnya, bahkan ada juga yang bahkan tidak merasakan apa-apa sama sekali. Namun jika pembengkakan sudah cukup parah maka bisa mengakibatkan sesak napas dan kian memburuk.

Resiko jantung bengkak ini juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu :

  • Tekanan darah tinggi atau hipertensi.
  • Adanya kelainan pada otot jantung.
  • Penyakit jantung koroner.
  • Masalah obesitas dan jarang berolahraga.
  • Penyakit jantung bawaan.
  • Masalah detak jantung yang tidak normal.

Jika Anda merasa mengalami salah satu gejala resiko jantung bengkak yang ada, maka ada baiknya untuk segera ke dokter untuk melakukan cek dan mendapatkan penanganan yang tepat sebelum terlambat, karena bisa saja hal ini tanda awal dari serangan jantung mendadak nantinya.

Makanan untuk penderita resiko jantung bengkak

Bagi mereka yang mengalami jantung bengkak maka pola makannya harus diperhatikan betul-betul dan tidak boleh sembarangan. Resiko jantung bengkak pada umumnya memang dikarenakan oleh penyakit jantung koroner atau masalah hipertensi. Akibatnya organ jantung jadi tidak mampu untuk memompa darah ke seluruh tubuh dengan optimal, sirkulasi darah pun jadi tidak lancar sebagaimana mestinya dan banyak cairan yang berada di dalam tubuh. Baca Juga : Kenali Faktor Risiko Gagal Jantung dan Pencegahannya.

Untuk penderita resiko jantung bengkak, maka baiknya untuk menghindari makanan tinggi garam dan disarankan untuk melakukan diet garam rendah. Dan berikut ini beberapa makanan untuk mereka yang beresiko jantung bengkak dan memiliki kandungan garam yang rendah.

Ragam sayur dan buah
Berbagai macam sayuran dan buah lainnya seperti seledri, selada, mentimun, apel, jeruk, alpukat, dan pisang merupakan makanan yang baik untuk mereka yang beresiko jantung bengkak. Bahkan ada juga beberapa jenis buah yang mampu menurunkan tekanan darah.

Sereal
Penderita resiko jantung bengkak juga baik untuk konsumsi sereal, karena sereal itu mengandung tinggi serat dan tidak mengandung garam. Konsumsi jenis oatmeal yang tawar dan sajikan bersama dengan buah dan kacang-kacangan agar lebih baik lagi.

Produk olahan susu
Selain sereal, untuk resiko jantung bengkak juga bisa konsumsi berbagai produk olahan susu yang alami seperti susu maupun yoghurt, produk ini umumnya rendah kandungan garam sehingga aman dikonsumsi.

Itulah informasi seputar resiko jantung bengkak yang perlu diketahui, selalu jaga kesehatan dan kunjungi dokter jika ada masalah tertentu yang dirasakan.