hitung masa subur wanita setelah haid

ZEDDO.ID – Sebenarnya mudah atau sulit sih untuk hitung masa subur wanita setelah haid? Jawabannya ialah tergantung, karena ada juga bagi sebagian wanita yang memiliki siklus haid yang tidak teratur. Tapi tenang, karena kita akan membahas bagaimana cara mudahnya untuk hitung masa subur wanita setelah haid untuk meningkatkan peluang kehamilan, terutama bagi pasangan yang sedang program hamil ya.

Menggunakan metode penghitungan kalender

Untuk menghitung masa subur wanita setelah haid, bisa memakai hitungan kalender. Tidak sembarangan lho, karena ada hitungannya sendiri. Begini caranya, mudah kok!

  1. Mencatat tanggal haid anda secara rutin selama 6 (enam) hingga 12 (dua belas) bulan terakhir ini.
  2. Setelah mengetahui hal tersebut, kurangi 18 hari dari siklus haid tersingkat yang dialami selama 6 bulan terakhir untuk mengetahui awal dari masa subur.
  3. Langkah selanjutnya ialah mengurangi 11 hari dari siklus haid terpanjang yang dialami untuk menentukan akhir dari masa subur.

Selain itu, ada juga nih beberapa cara alternatif yang perlu diketahui untuk mengetahui atau menghitung masa subur wanita setelah haid itu, yaitu dengan mengetahui ciri ciri masa subur pada wanita. Apa sajakah itu? Simak disini.

Suhu basal yang meningkat
Hal yang pertama untuk menghitung masa subur wanita ialah dengan mengetahui suhu basal tubuh, apa itu suhu basal? Suhu basal tubuh merupakan suhu seseorang di pagi hari ketika bangun tidur. Secara umum suhu basal tubuh sekitar 35,5 – 36,6 derajat Celcius. Terjadinya kenaikan pada suhu basal menandakan bahwa tubuh sedang mengalami ovulasi yang artinya sedang memasuki masa subur.

Merasa lebih bergairah dari biasanya
Cara menghitung masa subur wanita yang mudah dipahami ialah munculnya gairah yang meningkat dibanding biasanya. Pada sebagian wanita, mereka merasa lebih bergairah, bersemangat, dan perasaan yang membludak keluar saat memasuki masa suburnya.

Adanya lendir pada mulut rahim
Cara menghitung masa subur wanita ialah ditandai dengan adanya lendir pada mulut rahim, hal ini normal dan dikarenakan adanya perubahan kadar hormon estrogen pada tubuh wanita. Lendir yang ada pada mulut rahim ini umumnya berwarna bening dan licin layaknya putih telur mentah.

Terasa nyeri pada area perut dan punggung
Terjadinya rasa nyeri ringan pada area perut maupun punggung juga tanda dalam menghitung masa subur wanita, sebab sebagian wanita yang sedang memasuki masa ovulasinya kerap mengalami rasa nyeri ini.

Itu dia tips bagaimana cara menghitung masa subur wanita setelah haid yang bisa disimak. Pantau terus agar bisa meningkatkan peluang kehamilannya ya!