minuman antioksidan tinggi

ZEDDO.ID – Di waktu seperti ini, penting untuk menjaga imunitas tubuh kita agar tidak mudah terserang penyakit. Salah satu cara meningkatkannya ialah dengan minum minuman antioksidan tinggi ataupun konsumsi makanan berantioksidan tinggi.

Minuman antioksidan tinggi

Ada banyak sebetulnya minuman antioksidan tinggi yang ada disekitar kita, namun sayangnya tidak semua orang menyadari hal tersebut. Nah biar Anda pun tahu, berikut ini beberapa diantaranya:

Kopi
Minuman yang sering dikonsumsi ini nyatanya memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi lho, bahkan kandungan antioksidannya tidak kalah dengan teh hijau. Secara khusus, kopi sarat dengan antioksidan lho, yakni seperti katekin, quercetin, asam caffeic, serta asam klorogenat. Kopi tanpa gula merupakan minuman antioksidan tinggi yang baik bagi tubuh.

Teh hijau
Teh hijau merupakan minuman antioksidan tinggi yang cukup populer, karena teh hijau memang memiliki kandungan epigallocatechin gallate yang mempunyai efek antioksidan yang kuat. Teh hijau juga bahkan memiliki antioksidan serta polifenol lainnya, termasuk katekin, epikatekin, dan juga asam galat.

Teh madu
Madu yang berkualitas tinggi mengandung kaya akan antioksidan, madu bisa diolah menjadi minuman antioksidan tinggi yang sehat. Kandungan antioksidan pada madu juga tidak kalah dari antioksidan pada buah-buahan dan sayuran lho.

Jus kaya antioksidan

Adapun beberapa buah yang bisa dijadikan jus, tentunya dengan kaya kandungan antioksidan. Berikut ini beberapa jus buah yang kaya akan antioksidan.

Jus buah delima
Buah delima termasuk buah yang memiliki antioksidan tinggi, bahkan beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa antioksidan pada buah delima ini mungkin lebih tinggi daripada teh hijau dan anggur merah. Minuman antioksidan tinggi ini dapat membantu menurunkan peradangan, serta membantu dalam melindungi sel tubuh dari kerusakan.

Jus buah delima juga dapat membantu mengurangi beberapa radang sendi, serta mengontrol tekanan darah, serta melindungi pembuluh darah di tubuh dari penumpukan plak.

Jus buah bit
Buah bit kaya akan antioksidan dan juga senyawa fenolik, buah bit ini kaya akan antioksidan yang disebut betalains. Senyawa ini pun kerap kali dihubungkan dengan penurunan risiko kanker usus besar (colon cancer) dan juga saluran pencernaan.

Karena inilah buah bit seringkali diolah menjadi jus buah bit berantioksidan tinggi. Minuman antioksidan tinggi ini dapat membantu mengatasi masalah peradangan, menjaga kesehatan jantung, serta mengurangi pertumbuhan sel kanker di tubuh.

Jus buah cranberry
Jus cranberry juga termasuk minuman antioksidan tinggi lho, karena mengandung antioksidan tinggi dan dapat membantu mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular. Buah cranberry sendiri mengandung banyak jenis antioksidan, seperti flavonoid dan asam fenolik. Jus buah yang satu ini juga kaya akan kandungan magnesium, kalium, fosfor, serta vitamin.

Minuman antioksidan tinggi lainnya

Disamping itu, ada juga beberapa minuman antioksidan tinggi lainnya yang bisa Anda minum untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, yaitu:

Air lemon
Buah lemon merupakan sumber antioksidan vitamin C serta flavonoid yang amat tinggi. Dengan minum air lemon ini juga seringkali dihubungkan dengan pencegahan kerusakan akibat dari radikal bebas.

Minuman antioksidan tinggi ini dapat membantu Anda dalam menguatkan sistem imunitas tubuh dan melindungi dari serangan radikal bebas di udara.

Air kelapa
Air kelapa juga memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi lho. Minuman antioksidan tinggi ini juga bisa menjadi minuman yang tepat untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh karena dehidrasi dan mengisi ulang kembali elektrolit yang telah hilang.