Disfungsi Ereksi Pria Dewasa

ZEDDO.ID – Disfungsi ereksi atau kita kenal juga dengan sebutan impotensi merupakan kondisi yang merusak kehidupan seksual pria dewasa. Disfungsi ereksi adalah kondisi dimana seorang pria tidak bisa mendapatkan ereksi meskipun mendapatkan rangsangan seksual yang cukup. Akibatnya hubungan seksual pun terasa kurang memuaskan baik bagi pria itu sendiri maupun pasangannya.

Aktivitas sehari-hari yang bisa picu disfungsi ereksi pria

Disfungsi ereksi dapat terjadi karena banyak hal, salah satunya masalah hormon dan kurangnya aliran darah ke alat vital pria sehingga ereksi pun sulit terjadi. Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan di University of British Columbia mengungkapkan bahwa ada beberapa aktivitas yang dinilai mampu menyebabkan disfungsi ereksi atau impotensi pada pria ini terjadi.

Aktivitas lari yang berlebihan
Aktivitas berlari memang sehat dan dianjurkan untuk meningkatkan kebugaran tubuh, membakar lemak dan kalori tubuh, serta meningkatkan metabolisme tubuh. Namun kalau hal ini dilakukan berlebihan hingga memaksakan diri hanya akan membuat tubuh kelelahan drastis. Juga jika dilakukan berlebihan bisa menyebabkan penurunan kadar hormon testosteron pada tubuh, jika hormon testosteron sampai menurun bisa memicu terjadinya disfungsi ereksi pria.

Kebiasaan duduk terlalu lama
Banyak ahli mengatakan bahwa duduk dalam waktu yang lama tidak hanya menurunkan kesehatan tubuh, tetapi juga membuat tubuh jadi rentan kekurangan vitamin D. Kebiasaan ini dapat memicu masalah seperti terjadinya obesitas, risiko penyakit jantung hingga disfungsi ereksi pada pria.

Kebiasaan konsumsi gula berlebih
Hal lainnya juga bisa ditemukan pada kebiasaan konsumsi gula yang cenderung berlebihan. Padahal konsumsi gula berlebih memang tidak dianjurkan karena bisa memicu diabetes. Konsumsi gula berlebih akan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh yang meningkatkan risiko diabetes tadi dan disfungsi ereksi bagi pria.

Kurang waktu tidur
Sebagian ada yang memiliki waktu tidur yang kurang dari waktu sewajarnya, bagi orang dewasa tidur itu sekitar 8 jam per harinya. Apabila tidur kurang dari waktu yang seharusnya, hal ini menyebabkan kesehatan juga menurun. Produktivitas hormon testosteron juga dapat menurun jika kekurangan waktu tidur dan ini memicu terjadinya disfungsi ereksi.