penyebab pria tak subur

ZEDDO.ID – Ada banyak pemicu pria tak subur seperti rutinitas merokok atau pemakaian zat adiktif yang lain yang mengakibatkan produksi sperma rendah atau peranan sperma abnormal. Kenali apa pemicu ketidaksuburan di pria serta langkah menanganinya.

Kurang lebih dua pertiga masalah infertilitas (ketidaksuburan reproduksi) pria pada umumnya disebabkan oleh produksi serta kualitas yang kurang baik karena beberapa unsur, baik pola hidup atau situasi klinis yang lain memicunya. Kenali pemicu tidak subur di pria, seperti berikut:

1. Rutinitas merokok
Rutinitas merokok atau memakai zat adiktif yang lain seperti alkohol rupanya bisa mempengaruhi kesehatan sperma dengan berarti. Untuk contoh, reseptor nikotin serta cannabinoid mengganggu jaringan testis hingga mempunyai dampak negatif untuk peranan serta kualitas sperma.

Disamping itu, nikotin menyebabkan kenaikan depresi oksidatif dalam tubuh (kandungan toleransi badan pada radikal bebas yang melewati batasan). Situasi ini mengubah kualitas, motilitas, perubahan sperma, serta kekuatan pembuahan. Jika Anda mempunyai permasalahan kesuburan, Anda dianjurkan stop merokok atau konsumsi zat adiktif yang lain.

2. Kekurangan nutrisi
Anda dianjurkan untuk konsumsi makanan yang kaya vitamin untuk kesuburan, misalnya:
Vitamin A, seperti wortel, apel, anggur, kiwi, brokoli, ubi jalar, dan lain-lain. Vitamin C, seperti jeruk, bayam, brokoli, kol, nanas, mangga, kiwi, pepaya, dan lain-lain. Vitamin E, seperti almond, bayam, lobak hijau, alpukat, tomat, kacang-kacangan, dan lain-lain. Omega 3. Asam folat, seperti salmon, sarden, kedelai, ikan makarel, tiram, dan lain-lain. Anti-oksidan, seperti apel anggur, almond, brokoli, tomat, kubis merah, pisang, nanas, pepaya, strobery, dan lain-lain.

Anda perlu konsumsi makanan sehat imbang tiap hari. Diskusi di dokter untuk suplemen yang kemungkinan Anda perlukan untuk tingkatkan kualitas sperma.

3. Infeksi
Beberapa infeksi seperti radang epididimis, radang testis, serta infeksi genital karena mikroorganisme bisa berperan di pengurangan jumlah serta kualitas sperma.

Disamping itu, infeksi menyebar seksual (IMS) spesifik seperti gonore, klamidia, ureaplasma, serta HIV/AIDS bisa mengakibatkan masalah di produksi sperma. Infeksi itu mengakibatkan kerusakan di skema reproduksi.

4. Unsur umur
Unsur umur kemungkinan jadi pemicu tidak subur di pria. Masuk umur di atas 35 tahun, sperma pria alami pengurangan produksi di DNA serta fragment itu. Walau begitu, unsur umur tidak jadi salah satu pemicu.

5. Obesitas
Berat tubuh pria berefek di kualitas sperma. Berat tubuh berlebihan atau obesitas di pria bisa mengubah kesuburan karena perombakan hormon yang berlangsung.

Disamping itu, penimbunan lemak akan memengaruhi metabolisme androgen serta testosteron (hormon yang berperanan dalam kegiatan reproduksi lelaki). Situasi ini akan mengubah DNA sperma serta perubahan sperma dengan berarti.

6. Paparan radiasi
Paparan radiasi disangka jadi pemicu tidak subur di pria. Pria sering kali simpan hp di kantong celana yang terletak dengan testis hingga paparan radiasi hp rawan berlangsung. Situasi ini disangka jadi salah satunya unsur infertilitas pria, tetapi riset selanjutnya masih diperlukan.

7. Dampak suplemen spesifik
Beberapa suplemen, steroid, atau suntikan testosteron dapat mengubah kualitas sperma jadi loyo. Efek dari beberapa obat itu bisa menghancurkan produksi sperma serta pengurangan kesuburan.

8. Luka genital
Luka yang tentang testis karena kegiatan olahraga, seni bela diri, naik sepeda, mengemudi, atau pekerjaan yang lain bisa menyebabkan masalah di jaringan sperma. Jika ini berlangsung di Anda, seharusnya selekasnya check serta obati supaya tidak berpengaruh panjang.

9. Varikokel
Varicocele ialah situasi di mana pembuluh darah membesar di kantong skrotum serta membuat testis jadi kering. Varicocele disangka jadi salah satunya unsur infertilitas di pria, tetapi tidak bisa dinyatakan. Kenaikan temperatur testis pada keadaan varicocele disangka jadi salah satunya unsur yang turunkan kualitas sperma.