ZEDDO.ID – Apa sih pengertian pola hidup sehat yang benar itu? Makan makanan yang sehat kah? Atau sering berolahraga supaya sehat? Jadi sebelum mengetahui tentang pola hidup sehat, kita perlu tahu terlebih dahulu pengertian pola hidup sehat itu sendiri. Baru setelah kita dapat memahaminya maka kita bisa menerapkannya agar kesehatan dapat terjaga dengan baik.

Pengertian Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat merupakan sebuah tindakan atau upaya yang dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh tetap terjaga dengan melakukan berbagai hal-hal yang sehat dan menghindari aktivitas yang kurang sehat guna menghindari penyakit yang menyerang. Pengertian pola hidup sehat ini juga bisa diartikan sebagai cara menghindari penyakit dengan gaya hidup yang lebih baik, menjadi tampak lebih segar dan bertenaga serta tidak mudah jatuh sakit. Contoh sederhana dari pola hidup sehat itu seperti konsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, lalu berolahraga juga penting dan istirahat yang cukup.

Tips Sederhana Memulai Pola Hidup Sehat

Untuk menerapkan pola hidup sehat tidak sulit sebetulnya, hanya saja kesadaran diri saja apakah mau melakukannya dengan konsisten atau tidaknya saja. Karena memang untuk menerapkan pola hidup sehat dibutuhkan yang namanya konsisten, atau jika melakukannya dengan tidak serius atau malas-malasan, kesehatan yang diperoleh pun tidak akan maksimal nantinya. Berikut ini beberapa tips sederhana yang bisa anda terapkan untuk melakukan pola hidup sehat.

Menghindari Stres Berat
Salah satu tips sederhana menjaga tubuh yang sehat ialah dengan menghindari tingkat stres yang berat atau berlebihan. Apapun penyebab stres tersebut, mulai dari masalah hubungan asmara, kemacetan di jalan pulang dan pergi, masalah pekerjaan, hingga masalah yang paling umum yaitu keuangan. Anda perlu mengendalikan rasa stres tersebut karena tidak baik untuk kesehatan, salah satu akibat stres yang berlebih bisa menyebabkan tekanan darah meningkat hingga memicu terjadinya hipertensi. Karena hal inilah, sebaiknya anda mengendalikan stres tersebut dengan cara apapun yang anda rasa bisa membuat diri anda sedikit lebih tenang, baik itu bermeditasi, bermain game konsol, bercanda dengan kawan, bermain dengan hewan peliharaan, ataupun melakukan sesuatu yang merupakan hobi anda yang disukai.

Konsumsi Makanan yang Sehat
Masalah makanan tentu berpengaruh pada kesehatan tubuh, dan tentu anda tidak asing dengan pepatah yang menyebutkan bahwa “you are what you eat” yang artinya kamu adalah apa yang kamu makan. Bila anda mengkonsumsi makan makanan yang sehat tentu anda akan sehat dan mendapatkan manfaat sehatnya, begitu pula sebaliknya jika anda mengkonsumsi sesuatu hanya dari rasa dan tidak memandang sehat atau tidaknya, maka anda bisa jatuh sakit. Lakukan pola hidup sehat dengan menerapkan 4 sehat 5 sempurna. Pastikan makanan anda sehari-harinya mengandung gizi yang seimbang, dan tidak hanya bergantung pada satu jenis makanan saja. Disamping itu, porsi makan juga penting agar tidak berlebihan, konsumsi berlebihan bisa menyebabkan terjadinya kegemukan atau obesitas yang dapat memicu berbagai penyakit kronis.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh Alami Dengan Mudah

Jangan Lupa Berolahraga
Tips sederhana lainnya rajin berolahraga dan buat tubuh anda aktif bergerak. Masyarakat masa kini terkadang ada yang malas berolahraga dengan alasan di masa kini semua sudah serba instan dan apa-apa tinggal pesan saja melalui smartphone mereka. Namun perlu anda ketahui bahwa olahraga penting agar tubuh tetap bugar dan tidak kaku. Selain itu, olahraga juga menjaga sirkulasi darah berjalan lancar dan membakar kalori tubuh. Olahraga pun tidak selalunya harus pergi ke gym, anda bisa melakukan apapun yang dapat membuat tubuh anda aktif, bisa bersepeda, jalan santai, berenang, dan lain sebagainya, intinya tubuh anda aktif bergerak setiap harinya. Hal ini akan membuat tubuh membakar sisa sisa kalori yang mengendap di tubuh, melancarkan sirkulasi darah, membantu mengalirkan lebih banyak oksigen ke seluruh sel di tubuh.

Kurangi Konsumsi Gula Berlebih
Bagi anda yang sering makan makanan manis seperti dessert, es krim, ataupun kue brownis, memang sulit untuk membiasakan diri tidak makan makanan seperti ini. Akan tetapi anda perlu mengurangi konsumsi makanan manis seperti ini, sebab seringnya konsumsi makanan manis tentu tidak baik untuk kesehatan anda, dapat memicu timbulnya penyakit diabetes. Sebisa mungkin anda harus menghindari penyakit diabetes jika memang belum mengalami penyakit ini, pasalnya seseorang yang memiliki riwayat diabetes tentu lebih rentang mengalami kondisi kronis lainnya seperti halnya penyakit jantung maupun penyakit stroke.

Perbanyak Minum Air Putih
Tubuh manusia terdiri dari 70 persen air dari komposisi tubuh, namun setiap harinya cairan tubuh dapat terkuras karena aktivitas yang menguras cairan tubuh. Cairan tubuh dapat terbuang melalui keringat tubuh dan juga saat buang air. Karena itulah kita diwajibkan untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Selalu pastikan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh anda ya.

Cukup Istirahat
Selain konsumsi makanan sehat dan olahraga, kebutuhan istirahat juga penting. Berdasarkan salah seorang pakar masalah gangguan tidur di Stanford University juga University of California, waktu istirahat yang cukup merupakan sebuah hal yang mendasar dalam menerapkan pola hidup sehat.

Itulah pengertian pola hidup sehat dan beberapa tips sederhana menerapkan pola hidup sehat yang bisa anda lakukan dengan mudah.