kelainan pada sistem hormon

ZEDDO.ID – Hormon memiliki berbagai macam fungsi dan peran didalam tubuh manusia, dan zat kimia yang ada di tubuh manusia ini diproduksi oleh sistem endokrin yang berguna untuk membantu dalam mengendalikan hampir seluruh sistem fungsi tubuh, contohnya pertumbuhan, reproduksi, juga metabolisme tubuh. Maka dari itu jika terjadi kelainan pada sistem hormon bisa berdampak pada kesehatan tubuh seseorang.

Penyakit Akibat Gangguan Hormon/ Kelainan Pada Sistem Hormon

Memang apa yang terjadi jika sampai adanya kelainan pada sistem hormon atau sistem hormon pada tubuh seseorang terganggu? Bisa jadi terjadi sederet gangguan kesehatan, adapun beberapa penyakit yang disebabkan oleh kelainan pada sistem hormon ini. Berikut ini diantaranya :

Penyakit Autoimun
Salah satu akibat kelainan pada sistem hormon ialah penyakit autoimun, penyakit yang satu ini seringkali dialami kaum wanita daripada pria. Pada sebagian besar kasus yang ada, penyakit ini terjadi pada mereka yang berusia antara 20 hingga 40 tahun. Penyakit autoimun ini memang seringkali berkaitan dengan masalah hormonal, khususnya hormon estrogen.

Hormon estrogen ini memang pada dasarnya dimiliki lebih banyak pada wanita. Hormon estrogen ini berperan penting bagi wanita untuk tumbuh kembang karakteristik seksual dan masalah proses reproduksi.

Hipotiroidisme
Kelainan pada sistem hormon juga bisa memicu hipotiroidisme, yaitu keadaan dimana tiroid terganggu dan tidak bisa menghasilkan hormon yang cukup. Akibatnya proses metabolisme tubuh jadi kian melambat dan energi yang diproduksi pun jadi ikut menurun.

Penyakit Addison
Penyakit addison juga bisa dikarenakan kelainan pada sistem hormon didalam tubuh seseorang. Akibat kurangnya hormon yang diproduksi oleh kelenjar adrenal, penyakit addison ini terjadi dengan ditandai beberapa gejala seperti dehidrasi, kelelahan, sakit perut, hingga terjadinya perubahan warna di kulit.

Benign Prostatic Hyperplasia (BPH)
BPH atau pembengkakan prostat jinak juga merupakan salah satu kondisi yang diduga disebabkan oleh kelainan pada sistem hormon. Meskipun tidak bersifat kanker, tapi tentu kondisi ini sangat mengganggu bagi para pria. Penyakit ini diduga terjadi karena masalah hormon seksual akibat penuaan.

Pada beberapa kasus, diketahui bahwa prostat akan terus menerus berkembang menjadi besar sampai bisa mempersempit uretra yang akibatnya urine jadi susah keluar, dan pria pun kesulitan untuk berkemih atau buang air kecil.

Akromegali
Hal unik lainnya dari kelainan pada sistem hormon ialah bisa memicu terjadinya akromegali ini, yaitu suatu keadaan dimana tubuh memiliki hormon pertumbuhan yang berlebihan (growth hormone). Akibatnya pertumbuhan pada jaringan tubuh jadi berlebihan, contohnya pada otot dan tulang. Hal ini terutama terjadi pada bagian wajah, kaki, serta tangan.

Keadaan ini pada kebanyakan kasus dikarenakan tumor jinak pada kelenjar hipofisis, terjadinya peningkatan produksi growth hormone ini juga bisa karena adanya tumor pada organ tubuh lainnya, misalnya pada organ paru-paru ataupun pankreas meskipun hal ini jarang sekali terjadi.

Jerawat
Kelainan pada sistem hormon dimana hormon progesteron menghasilkan minyak berlebih di kulit bisa menimbulkan jerawat di wajah. Tidak sedikit wanita yang seringkali mengalami masalah jerawat ini, apalagi ketika sedang datang bulan. Dan hal yang menyebalkannya lagi ialah permasalahan jerawat akibat faktor hormonal ini cukup sulit diatasi atau dihilangkan.

Itu dia beberapa masalah yang bisa dialami akibat kelainan pada sistem hormon tubuh yang perlu Anda ketahui.