faktor risiko gagal jantung

ZEDDO.ID – Organ jantung merupakan organ vital manusia yang menjadi pusat kehidupan, karena tugasnya yang memompa darah ke seluruh tubuhlah kita dapat beraktivitas sehari-harinya. Namun ada juga kondisi dimana jantung berhenti memompa darah, yaitu gejala gagal jantung. Penting bagi kita semua untuk tahu apa sajakah faktor risiko gagal jantung itu, karena jika tidak ditangani sejak dini bisa berbahaya nantinya.

Komplikasi Gagal Jantung

Organ jantung berfungsi memompa darah ke seluruh penjuru tubuh, dan pada seseorang yang mengalami gagal jantung ini akan mengalami pelemahan pada otot-otot jantungnya sehingga tidak mampu memompa darah beserta oksigen ke seluruh tubuh. Hal ini bergantung pada seberapa parah gejala yang dialami, sebab gejala gagal jantung ini bisa dialami terus menerus atau sekedar hilang dan timbul.

Gejala-gejala Gagal Jantung

Terkadang gejala gagal jantung itu seringkali tidak disadari oleh seseorang, hingga akhirnya periksa ke dokter dan divonis mengalami gagal jantung. Berikut ini beberapa gejala gagal jantung yang bisa anda perhatikan :

Merasa sesak nafas/ sulit bernafas
Gejala gagal jantung yang utama ialah kesulitan dalam bernafas, khususnya pada saat tengah beraktivitas. Dan pada kondisi tertentu dimana gagal jantung ini semakin parah, sesak nafas ini bahkan bisa dialami saat tidak sedang melakukan apapun. Rasa sesak nafas yang dialami akan semakin mengganggu pada saat tengah berbaring.

Merasa lelah dan pusing di kepala
Gejala gagal jantung kedua ialah merasa lelah juga pusing di kepala, seiring dengan kurangnya pasokan darah dari organ jantung ke otot-otot bisa membuat seseorang jadi lebih mudah lelah dan lesu, khususnya pada saat sedang beraktivitas. Begitu pula dengan otak yang kekurangan pasokan darah dan oksigen, akibatnya timbul rasa pusing hingga merasa kebingungan.

Nafsu makan yang menurun
Nafsu makan bisa terjadi lantaran tubuh kelebihan cairan karena tidak terbuang melalui ginjal yang diakibatkan oleh organ jantung yang tidak optimal memompa darah. Dengan ini membuat seseorang merasa perutnya terisi penuh dan tidak nafsu untuk makan.

Baca Juga : Ini Dia Segudang Manfaat Buah Bit Merah yang Perlu Anda Ketahui

Terjadinya pembengkakan di kaki
Pada saat organ jantung tidak bekerja secara optimal dalam memompa darah, tubuh dapat menimbun cairan yang harusnya dikeluarkan melalui ginjal. Hal ini mengakibatkan terjadinya pembengkakan di beberapa bagian, seperti kaki misalnya. Pembengkakan akan terjadi dimulai dari bagian kaki dan pergelangan kaki, setelahnya akan naik ke tempat yang lebih tinggi seiring dengan bertambah parahnya penyakit.

Adapun beberapa gejala gagal jantung lainnya seperti detak jantung yang tidak beraturan (aritmia), sering buang air kecil pada malam hari, susah untuk konsentrasi, dan adanya peningkatan berat badan akibat penumpukan cairan tersebut. Gagal jantung juga bisa terjadi akibat adanya penyakit jantung koroner.

Faktor Risiko Gagal Jantung

Lalu apa sajakah yang menjadi faktor risiko gagal jantung itu? Berikut ini diantaranya :

Penyakit jantung koroner
Faktor risiko gagal jantung yang pertama ialah dikarenakan penyakit jantung koroner yang dialami seseorang. Kondisi ini merupakan sebuah keadaan dimana pembuluh darah jantung yang seharusnya mengalir lancar jadi terhambat oleh tumpukan lemak pada pembuluh darah (aterosklerosis) yang memicu terjadinya serangan jantung.

Hipertensi
Hipertensi atau tekanan darah tinggi juga merupakan faktor risiko gagal jantung, kondisi hipertensi ini akan membuat jantung memompa darah lebih kuat lagi dan bisa menyebabkan gagal jantung seiring berjalannya waktu.

Aritmia
Faktor risiko gagal jantung lainnya ialah disebabkan oleh aritmia atau gangguan pada irama atau ritme detak jantung, dimana jantung berdetak secara tidak reguler.

Cara Pencegahan Gagal Jantung

Untuk mencegah terjadinya gagal jantung, kembali lagi ke gaya hidup yang perlu diperhatikan. Salah satu langkah sederhananya ialah dengan melakukan gaya hidup sehat dan menghindari hal-hal yang tidak baik untuk kesehatan. Berikut ini sebagian aktivitas yang bisa anda dilakukan guna mencegah gagal jantung :

  • Konsumsi makanan-makanan yang sehat dengan gizi seimbang yang dijaga, batasi atau hindari makanan olahan yang mengandung tinggi gula, garam ataupun lemak.
  • Berolahraga setiap hari, bisa olahraga yang ringan ataupun sedang. Contohnya dengan senam, berenang, bersepeda, ataupun berjalan santai untuk menjaga kekuatan otot-otot jantung.
  • Menjaga berat badan yang ideal, masalah obesitas bisa meningkatkan faktor risiko gagal jantung.
  • Sebisa mungkin batasi atau hindari konsumsi minuman beralkohol, serta kebiasaan merokok yang tidak baik bagi tubuh.

Itu dia beberapa hal fakta tentang gagal jantung, apa saja faktor risiko gagal jantung, dan bagaimana cara mencegahnya.