Penyebab dan Ciri Ciri Mandul Pada Pria

ZEDDO.ID – Masalah ketidaksuburan pada pria (infertilitas) atau bisa disebut ciri ciri mandul pada pria merupakan kondisi dimana pria memiliki kesempatan yang sedikit untuk membuahi pasangan. Dalam lebih dari sepertiga kasus kemandulan, diketahui permasalahannya ialah terletak pada pria yang terkait dengan masalah produksi sperma. Berikut ini akan kita bahas mengenai apa saja ciri ciri mandul pada pria yang bisa dikenali.

Ciri Ciri Mandul Pada Pria

Secara umumnya, ciri ciri mandul pada pria secara fisik yang diamati tidak sepenuhnya jelas hingga memutuskan untuk mencoba mendapatkan keturunan. Karena ciri ciri mandul pada pria bisa berbeda-beda, hal ini dikarenakan apa penyebab mandul yang menyebabkannya. Berikut ini beberapa ciri ciri mandul pada pria :

Terjadinya perubahan hasrat seksual
ciri ciri mandul pada pria yang pertama ialah dengan ditandai adanya perubahan pada hasrat seksualnya. Kesuburan pria sangat berkaitan dengan kesehatan hormonnya, dan perubahan hasrat seksual ini diatur oleh hormonal tubuhnya. Jika terjadi pada perubahan hasrat seksual, maka bisa terjadi masalah pada kesuburan.

Muncul rasa nyeri testis atau bahkan pembengkakan
Ciri ciri mandul yang kedua ialah munculnya rasa nyeri atau bahkan pembengkakan pada testis. Ada beberapa hal yang berbeda-beda yang bisa memicu terjadinya rasa sakit atau nyeri pada testis, dan banyak diantaranya yang mampu memicu terjadinya kemandulan pada pria.

Sulit mempertahankan ereksinya
Hal ini juga banyak dikaitkan dengan ciri ciri mandul pada pria, lantaran sulitnya mempertahankan ereksi juga banyak dikaitkan dengan masalah hormon pria. Hormon pria yang menurun memicu sulitnya untuk membuahi pasangan.

Baca Juga : Stres Mempengaruhi Kesuburan Pria, Benarkah Itu ?

Sulit berejakulasi
Ciri ciri mandul lainnya yang bisa diperhatikan ialah gangguan berejakulasi, dan pada saat seseorang pria sudah kesulitan atau tidak mampu untuk berejakulasi maka sudah saatnya untuk berkonsultasi ke dokter, yaitu dokter spesialis androlog atau urologi.

Organ testis yang kecil serta keras
Organ testis pada reproduksi pria berfungsi dalam mengumpulkan dan menampung cairan sperma pria, dan maka dari itulah kesehatan organ testis itu penting untuk kesehatan seksual dan kesuburan pria. Nah, salah satu ciri ciri mandul yang perlu pria ketahui ialah organ testis yang kecil serta terasa keras. Jika terjadi maka masalah ini harus segera diatasi dengan menghubungi dokter spesialis.

Penyebab Mandul Pada Pria Dewasa

Jika sudah mengetahui dan memahami ciri ciri mandul pada pria yang dijelaskan sebelumnya, maka kini ada beberapa penyebab mandul yang perlu diketahui. Berikut ini diantaranya penyebab mandul yang mengganggu fungsi seksual pria.

Varikokel
Varikokel merupakan sebuah gangguan dimana terjadinya pembengkakan pada pembuluh darah vena pada organ testis (skrotum) pria. Diketahui juga bahwa gangguan varikokel ini merupakan penyebab mandul pada pria secara berulang. Walaupun belum diketahui secara pasti bahwa gangguan ini mengakibatkan infertilitas, tetapi hal ini kemungkinan karena regulasi suhu organ testis yang tidak normal. Gangguan varikokel ini menyebabkan kualitas sperma pria yang menurun.

Infeksi
Penyebab mandul juga bisa dikarenakan serangan infeksi yang mengganggu proses produksi sperma pria. Contohnya seperti gangguan epididimitis atau orchitis ataupun infeksi menular seksual lainnya termasuk penyakit HIV atau gonore sekalipun.

Masalah ejakulasi
Penyebab mandul lainnya ialah permasalahan ejakulasi, salah satunya yaitu ejakulasi retrograd. Gangguan ejakulasi retrograd ini adalah gangguan yang membuat pria tidak dapat berejakulasi saat mendapat orgasme, cairan sperma yang harusnya keluar dari alat vital malah kembali masuk ke kandung kemih. Ada banyak hal yang memicu terjadinya gangguan ejakulasi ini seperti cedera tulang belakang, diabetes, atau pasca operasi kandung kemih, prostat dan uretra.

Kesalahan antibodi tubuh
Terkadang bisa terjadi kekeliruan dalam antibodi tubuh dimana sel-sel sistem kekebalan tubuh keliru dan menganggap sel sperma itu sebagai benda asing dalam tubuh, dengan begini antibodi akan berusaha untuk mengeliminasi sperma dan bisa menjadi slaah satu penyebab mandul pada pria.

Masalah tumor
Permasalahan tumor juga dapat menjadi penyebab mandul pada pria, karena adanya tumor ini mampu memengaruhi organ vital pria secara langsung dengan melalui bagian kelenjar yang menghantarkan hormon yang memiliki kaitannya dengan reproduksi pria seperti kelenjar hipofisis.

Hormon yang tidak seimbang
Penyebab mandul bisa dikarenakan adanya kelainan pada organ testis ataupun kelainan lainnya yang mampu memengaruhi sistem hormon, termasuk hormon hipotalamus, hipofisis, kelenjar tiroid, dan kelenjar adrenal.