penyakit impotensi adalah

ZEDDO.ID – Sebagai pria, masalah gejala impotensi itu memang terasa mengganggu. Banyak pria yang setuju bahwa impotensi ini sangat menyebalkan, jadi penyakit impotensi adalah salah satu gangguan seksual pria yang membuatnya tidak mampu ereksi maksimal. Untuk lebih lengkapnya, mari kita bahas pada artikel ini.

Apa itu Impoten?

Penyakit impotensi adalah suatu kondisi dimana seseorang pria tidak mampu mendapat ereksi atau mempertahankan ereksi tersebut meskipun mendapatkan rangsangan seksual dari pasangannya. Gejala impotensi ini umumnya terjadi pada pria yang sudah mencapai 40 tahun keatas atau lanjut usia, namun di masa modern seperti sekarang ini, impotensi atau disfungsi ereksi ini bahkan bisa dialami oleh pria yang masih dalam usia produktif sekalipun.

Penyakit impotensi adalah masalah seksual yang tergolong tidak berbahaya, namun bisa merusak kepuasan seksual dalam hubungan intim, baik bagi pria tersebut maupun pasangannya. Seseorang yang mengidap gejala impotensi ini juga kerap akan mengalami penurunan gairah seksualnya, hal ini bisa terjadi secara tiba-tiba maupun bertahap.

Apa Penyebab Impotensi?

Penyakit impotensi adalah gangguan seksual pria yang memiliki ragam faktor yang menjadi penyebabnya. Beberapa pemicunya mulai dari gaya hidup yang tidak sehat (kebiasaan merokok, jarang berolahraga, sering minum alkohol, dan sebagainya), adanya gangguan psikologis (trauma, stres, rasa takut, tekanan secara psikologis, kurang percaya diri, gelisah, bahkan depresi), ataupun juga karena efek samping dari penggunaan obat-obatan tertentu seperti obat antidepresan, obat untuk kanker prostat pria, obat penenang, dan sebagainya.

Gejala impotensi ini juga bisa dikarenakan penyakit, seperti diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi (hipertensi), penyakit jantung, alzheimer, epilepsi, serta adanya gangguan hormon yang dialami seorang pria. Jadi, penyakit impotensi adalah gangguan seksual yang terjadi karena adanya masalah pada organ vital sehingga alat vital pria tidak ereksi, hal ini melibatkan banyak hal seperti pembuluh darah, hormon, otot serta saraf, bahkan emosi. Apabila beberapa hal ini terganggu, maka gejala impotensi ini bisa saja terjadi.

Ciri ciri Impotensi Pria

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa penyakit impotensi adalah kondisi dimana alat vital pria tidak dapat ereksi dengan maksimal, jadi ciri ciri impotensi pria yang bisa dilihat secara jelas ialah kemampuannya dalam ereksi. Seseorang yang mengalami masalah impotensi atau disfungsi ereksi ini akan sulit untuk merasakan ereksi, meskipun sudah dirangsang oleh pasangannya. Ciri ciri impotensi lainnya ialah akan menurunnya gairah seksual pria secara langsung maupun bertahap.

Cara Pencegahan Impotensi Pada Pria

Untuk cara pencegahan impotensi pada pria bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana, kuncinya dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Dimulai dari olahraga yang rutin, konsumsi makanan sehat dan hindari lemak berlebih, hindari kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol, serta dapatkan waktu istirahat yang cukup minimal delapan jam setiap harinya.

Baca Juga : Ini Dia Deretan Makanan Untuk Meningkatkan Kesuburan Pria