manfaat tauge untuk kesehatan pria

ZEDDO.ID – Tauge atau umumnya disebut sebagai sayur tauge/ toge ini merupakan bahan makanan yang sering dijumpai di berbagai macam menu makanan. Tauge atau toge ini sejenis sayuran yang berasal dari kacang hijau. Pada tauge ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh, tauge juga diyakini sangat berkhasiat untuk kaum pria, khususnya untuk kesuburan (fertilitas).

Manfaat tauge untuk kesehatan pria

Alasan mengapa manfaat tauge itu memang bagus untuk kesehatan tubuh karena memang secara nutrisi saja tauge ini memiliki segudang nutrisi yang terkandung didalamnya. Beberapa diantaranya seperti kalsium, serat, zat besi, magnesium, fosfor, vitamin C, K, dan B6, serta adanya Zinc. Meskipun sayur tauge ini umumnya dijadikan menu pelengkap makanan, tetapi tauge juga dikenal rendah kalori dan tanpa mengandung lemak sama sekali lho. Nah, berikut ini beberapa manfaat tauge untuk kesehatan pria :

Mengandung Zinc
Manfaat tauge yang pertama ialah kandungan zinc yang ada didalamnya, tauge memiliki kandungan zinc sebesar 2 mg pada 1 cangkir penyajian makan. Seperti yang diketahui pada umumnya bahwa zinc ini merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesuburan pria. Beberapa riset menunjukkan bahwa pria perlu mendapatkan asupan zinc yang cukup supaya dapat membantu meningkatkan produksi sperma pria.

Manfaat tauge yang terletak pada zinc juga dapat membantu pria dalam meningkatkan konsetrasi dan motilitas (pergerakan) sperma. Selain itu, zinc juga bisa didapat dari roti, susu, daging-dagingan, sereal, dan lain sebagainya.

Antioksidan
Menurut riset yang dilakukan dari The Center for Genetics in Washington DC, manfaat tauge lainnya bisa ditemukan pada kandungan antioksidan dan omega-3 tinggi yang ada didalamnya. Antioksidan juga sangat dibutuhkan pria untuk meningkatkan kesuburan pria (fertilitas). Antioksidan juga mampu berperan dalam melindungi serta menjaga kualitas dan kuantitas sperma pria yang telah dihasilkan.

Baca Juga : Berikut Cara Meningkatkan Kualitas Sperma dan Motilitas Sperma

Asam folat
Manfaat tauge yang selanjutnya ialah kandungan asam folatnya yang tinggi. Menurut penelitian, asam folat memiliki fungsi guna meningkatkan produktivitas sperma pria yang sehat dan berkualitas. Sampai saat ini manfaat tauge diketahui dapat menambah kualitas serta kesuburan pria, namun masih diperlukan uji klinis lebih lanjut untuk mengetahui manfaat tauge untuk kesehatan pria.

Manfaat tauge untuk kesehatan pada umumnya

Selain untuk kesehatan pria dan kesuburan pria, terdapat juga berbagai manfaat tauge untuk kesehatan umum yang sangat baik lho. Berikut ini diantaranya :

Dapat membantu turunkan berat badan
Sebagai salah satu jenis makanan yang rendah kalori, tauge juga mengandung serat yang cukup sehingga dapat merasakan rasa kenyang yang lebih lama. Dengan begitu manfaat tauge bisa membantu untuk menurunkan berat badan, cocok sebagai menu makanan bagi anda yang sedang diet ataupun untuk sekedar pola makan yang sehat.

Membantu melancarkan sistem pencernaan
Manfaat tauge yang selanjutnya ialah membantu sistem pencernaan tubuh, sebab tauge memiliki kandungan berbagai macam enzim yang mampu memecah makanan, menyerap nutrisi, juga membantu proses metabolisme tubuh. Selain itu dengan kandungan serat didalam tauge bisa membantu dalam melancarkan pencernaan tubuh dan mencegah terjadinya masalah diare atau sembelit.

Membantu meningkatkan sistem imun tubuh
Manfaat tauge juga mampu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh, karena tauge memiliki kandungan vitamin A serta vitamin C yang mampu meningkatkan sistem imun. Vitamin C memiliki manfaat dalam melawan infeksi dan penyakit yang menyerang tubuh, dan vitamin A sendiri merupakan anti-inflamasi yang bekerja 10 kali lebih kuat dalam meningkatkan sistem imun tubuh.

Mencegah terjadinya anemia
Masalah terjadinya anemia pada seseorang umumnya ialah dikarenakan kekurangan zat besi. Dan manfaat tauge mampu mencegah terjadinya anemia tersebut, dengan konsumsi secangkir penyajian tauge (mengandung 5 gram zat besi) dapat mencegah terjadinya anemia.

Menjaga kesehatan tulang
Selain mencegah terjadinya anemia, manfaat tauge juga mampu menjaga kesehatan tulang karena mengandung vitamin K seperti yang dijelaskan sebelumnya. Keutamaan dari vitamin K sendiri ialah untuk memperkuat dan menjaga kepadatan tulang, dengan konsumsi tauge secara teratur mampu membantu anda dalam mencegah terjadinya gangguan pada tulang seperti masalah osteoporosis.

Menjaga kesehatan mata
Dijelaskan bahwa tauge memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C juga yang turut didalamnya. Itu berarti bahwa manfaat tauge bisa menjaga kesehatan organ mata dari berbagai gangguan mata. Beberapa manfaat tauge untuk kesehatan mata ialah untuk mencegah terjadinya glaukoma, katarak, dan terjadinya degenerasi makula, meskipun masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Itu dia beberapa manfaat tauge bagi pria yang perlu diketahui, dengan begini pastikan untuk menambahkan tauge ini ke dalam menu konsumsi anda sehari-hari, tapi secukupnya saja ya dan jangan berlebihan. Karena ada banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti protein, serat, karbohidrat, dan sebagainya.