Ragam Cara Memperkuat Daya Tahan Tubuh Agar Gak Gampang Sakit

ZEDDO.ID – Daya tahan tubuh manusia memiliki peran yang penting di dalam tubuh, merekalah yang bertugas selama 24 jam menjaga tubuh anda dari berbagai serangan penyakit. Maka dari itulah, anda harus mengetahui cara memperkuat daya tahan tubuh anda agar tidak mudah jatuh sakit.

Cara memperkuat daya tahan tubuh anda bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satu diantaranya ialah melakukan pola hidup sehat, hindari tingkat stres berlebih, bahkan turut konsumsi suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tetap dalam kondisi yang prima.

Cara Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Agar sistem daya tahan tubuh tetap terjaga dan terus dalam kondisi prima, penting untuk menjaga pola hidup yang sehat. Melakukan pola hidup sehat tidak hanya bermanfaat untuk kebugaran tubuh dan bentuk tubuh saja, tetapi juga dengan daya tahan tubuh yang tetap terjaga dan mampu melindungi tubuh anda dari berbagai serangan penyakit. Berikut ini cara memperkuat daya tahan tubuh yang mudah :

Banyak Mengkonsumsi Sayuran dan Buah
Cara memperkuat daya tahan tubuh itu mudah, namun susah untuk dilakukan tanpa niat. Tidak jarang orang malas untuk konsumsi sayur dan buah, padahal makanan inilah yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kebanyakan orang saat ini ialah kurang konsumsi buah maupun sayur dan lebih banyak konsumsi makanan yang tidak sehat, seperti makanan tinggi lemak jenuh maupun berminyak yang bisa berakibat juga pada masalah kolesterol, hingga tekanan darah tinggi.

Sebuah riset pun menunjukkan bahwa seseorang yang sering konsumsi sayuran dan buah cenderung sehat dan jarang terserang penyakit. Sebab kandungan vitamin dan mineral yang ada pada sayuran dan buah mampu memperkuat sistem daya tahan tubuh dalam melawan serangan virus dan bakteri yang bisa menyebabkan penyakit.

Berolahraga
Cara memperkuat daya tahan tubuh yang mudah lainnya, ya berolahraga. Olahraga fisik diperlukan selain untuk melancarkan sirkulasi darah dan meningkatkan hormon endorphin, juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tidak perlu olahraga berat, asal tubuh bergerak dengan maksimal seperti berjalan kaki, bersepeda, skipping. Lakukan olahraga dengan rutin selama 30 menit setiap harinya agar daya tahan tubuh tetap prima.

Istirahat yang Cukup
Umumnya kebiasaan seseorang masa kini membuatnya memiliki waktu istirahat yang kurang dari cukup, terlebih lagi kebiasaan begadang yang membuat tubuh lebih lelah dari biasanya. kurangnya waktu tidur ini menyebabkan daya tahan tubuh cenderung turun, maka dari itu memenuhi kebutuhan istirahat dengan tidur yang cukup sekitar 7-8 jam setiap harinya merupakan cara memperkuat daya tahan tubuh, sedangkan untuk remaja memerlukan waktu tidur selama 9-10 jam setiap harinya.

Menghindari Stres Berat
Cara memperkuat daya tahan tubuh lainnya ialah dengan mengelola tingkat stres anda, seseorang yang memiliki tingkat stres tinggi bisa menyebabkan sistem daya tahan tubuhnya menurun karena stres yang tinggi bisa menyebabkan meningkatnya produksi hormon kortisol dalam tubuh. Jika hal ini terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama maka fungsi sistem daya tahan tubuh akan terganggu dan menurun.

Stop Konsumsi Rokok dan Alkohol
Inilah salah satu diantara kebiasaan buruk dari pola hidup masyarakat yang menyebabkan daya tahan tubuh mereka menurun, yaitu dengan sering merokok maupun minum minuman yang beralkohol. Selain merugikan diri sendiri, kedua hal ini juga merugikan orang lain karena paparan asap rokok dan minuman alkohol bisa merusak sistem daya tahan tubuh. Cara memperkuat daya tahan tubuh anda ialah dengan menghindari kedua benda ini atau berhenti konsumsi keduanya.

Selalu jaga kesehatan daya tahan tubuh dengan ragam cara memperkuat daya tahan tubuh ini agar terhindar dari berbagai penyakit.