Cara meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah

ZEDDO.ID – Daya tahan tubuh manusia atau sistem imunitas tubuh merupakan sistem pertahanan pada tubuh manusia yang berperan penting dalam melindungi tubuh manusia dari serangan virus dan penyakit, sehingga tubuh menjadi kuat dan tidak mudah terserang berbagai penyakit. Dan perlu anda ketahui bahwa daya tahan tubuh manusia juga dapat turun dan melemah, akibatnya seseorang dapat terserang penyakit dengan mudah. Lalu bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah? Berikut ini beberapa ragam cara mudahnya.

Sebenarnya cara meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah tidak terlalu sulit, beberapa ragam cara diantaranya sangat mudah seperti menerapkan pola hidup sehat, menjauhi stres yang terjadi, maupun konsumsi berbagai minuman atau suplemen herbal untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Karena seseorang dengan daya tahan tubuh yang lemah umumnya memiliki pola hidup yang tidak sehat dan sering memiliki tingkat stres yang tinggi, baik itu karena masalah pribadi dengan pasangan, anggota keluarga, maupun masalah di kantor yang tak kunjung usai.

Lakukan Pola Hidup Sehat

Pengertian pola hidup sehat adalah suatu hal yang dilakukan yang memberikan manfaat sehat, pada pola hidup sehat ini diantaranya seperti konsumsi makan makanan sehat, mendapatkan istirahat yang cukup, melakukan olahraga, dan menghindari tingkat stres yang tinggi. Berikut ini langkah langkah mengenai bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah.

Pola Makan Sehat
Cara meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah ialah dengan konsumsi makanan sehat, perbanyak konsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah buahan. Banyak riset yang menunjukkan bahwa seseorang yang banyak konsumsi sayur dan buah cenderung jarang dan tidak mudah jatuh sakit. Sebab, kandungan vitamin juga mineral yang ada pada sayuran dan buah dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang dan melindungi tubuh dari serangan virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit.

Istirahat yang Cukup
Mengapa seseorang harus mendapatkan waktu istirahat yang cukup? Sebab kurangnya tidur dapat menyebabkan sistem imunitas tubuh kian menurun. Penuhi kebutuhan istirahat tidur harian anda, orang dewasa umumnya membutuhkan waktu sekitar 7-8 jam per harinya, sedangkan bagi usia remaja itu sekitar 9-10 jam per harinya.

Melakukan Olahraga
Bukan hal aneh bahwa olahraga menjadi salah satu hal yang disarankan untuk menjaga tubuh tetap sehat, dengan berolahraga setidaknya sekitar 30 menit per harinya merupakan cara meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah dan olahraga merupakan cara yang mudah. Berolahraga tidak harus yang rumit, berjalan kaki pun bisa menjadi salah satu ide olahraga dengan berjalan kaki selama 30 menit per hari.

Menghindari Tingkat Stres yang Tinggi
Cara meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah lainnya ialah dengan menghindari stres berlebihan. Tingkat stres yang tinggi dapat menyebabkan meningkatnya produksi hormon kortisol, dan dalam jangka panjang hal ini bisa menyebabkan terjadinya penurunan pada fungsi sistem imunitas tubuh dan akibatnya daya tahan tubuh melemah dan mudah terserang penyakit.

Menghindari Rokok Juga Alkohol
Baik rokok maupun alkohol sama sama tidak baik bagi daya tahan tubuh manusia. Terutama seorang perokok memiliki risiko mengalami masalah paru-paru seperti bronkhitis, juga pneumonia. Konsumsi alkohol juga menyebabkan tekanan darah meningkat, dan mempersempit pembuluh darah.

Konsumsi Suplemen Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Disamping menerapkan cara meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah diatas, konsumsi suplemen vitamin juga bisa membantu anda meningkatkan daya tahan tubuh. Sebagian orang banyak yang mengkonsumsi suplemen vitamin guna melengkapi pola makan yang kadang kurang bernutrisi. Suplemen yang dikonsumsi bisa suplemen yang mengandung vitamin C, B6, dan vitamin E.

Itulah beberapa cara meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah, agar tubuh tetap sehat selalu jaga dengan menerapkan pola hidup sehat diatas ya, dan jangan lupa untuk berolahraga.